Home » » Jenis - Jenis Sel Darah Putih (Leukosit)

Jenis - Jenis Sel Darah Putih (Leukosit)

      Sel darah putih (leukosit) dikategorikan menjadi lima jenis yang berbeda: neutrofil, monosit, limfosit, eosinofil dan basofil. Setiap jenis berperan sendiri dalam memerangi virus, jamur, bakteri dan infeksi parasit. Sebuah jumlah yang rendah dari sel darah putih dalam tubuh, yang disebut leukopenia, mengurangi kekebalan tubuh dan meninggalkan tubuh rentan terhadap penyakit.


Jenis - jenisnya antaralain :

Neutrofil

Menurut ‘Oxford Handbook of Clinical Medicine, “neutrofil adalah sel darah putih yang paling melimpah, berkisar antara 2.000 dan 7.500 per mm kubik darah. Sekitar 55 sampai 75 persen dari total jumlah sel darah putih dalam darah terdiri dari neutrofil. mereka memainkan peran penting dalam memerangi infeksi. mereka memiliki membentuk “C”, inti tersegmentasi. Neutrofil memiliki kecenderungan untuk menempel pada dinding pembuluh darah dan memblokir setiap kuman yang mencoba masuk ke aliran darah melalui infeksi atau luka.

Limfosit

Limfosit menghasilkan antibodi sebagai bagian dari respon sistem kekebalan tubuh. Antibodi yang disekresi ke dalam plasma darah untuk bertindak melawan bakteri berbahaya dan racun. Antibodi menyebabkan kuman untuk bergabung bersama-sama dalam kelompok, memungkinkan fagosit untuk mengkonsumsinya. Keterbatasan limfosit adalah bahwa mereka mampu mengidentifikasi hanya antigen spesifik tertentu dalam aliran darah. Jumlah limfosit berkisar antara 1.300 dan 4.000 per mm kubik darah, yang membuat mereka kedua yang paling sebagian besar hadir sel setelah neutrofil.

Monosit

Monosit yang terbesar dalam ukuran di antara kelima jenis sel darah putih. Jumlah mereka pada musim gugur darah antara 200 dan 800 mm per kubik darah, terhitung sekitar 5 sampai 8 persen dari total jumlah sel darah putih. Monosit melakukan peran makrofag jaringan yang menghilangkan partikel asing dan bertindak terhadap multiplikasi kuman yang tidak dapat berhasil memerangi oleh neutrofil.

Eosinofil

Eosinofil berkisar antara 40 dan 400 mm per kubik darah, membentuk sekitar 2 sampai 5 persen dari jumlah total darah. Fungsi utama eosinofil adalah untuk bertindak melawan parasit dan setiap hadir kompleks antigen dalam aliran darah. Sel-sel ini juga diketahui menjadi penyebab berbagai jenis reaksi alergi dalam darah.

Basofil

Sesuai Departemen Imunologi, Lerner Institute di Cleveland, fungsi basofil yang kurang dipahami. Mereka adalah sel darah putih paling tidak bernomor, berkisar antara 0 dan 100 mm per kubik darah, dan merupakan kurang dari 1 persen dari total jumlah darah putih. Basofil mensekresi antibodi dan antikoagulan. Ini membatasi reaksi hipersensitif dalam darah. Basofil yang umumnya terkait dengan reaksi kekebalan langsung terhadap partikel asing dalam aliran darah.

0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya