Home » » Ciri-ciri Nematoda

Ciri-ciri Nematoda

    Nematoda, juga dikenal sebagai cacing gelang, adalah salah satu dari 37 filum hewan hidup, dan salah satu yang paling banyak dan beragam. Lebih dari 80.000 spesies telah diberi nama oleh ilmu pengetahuan, dan dengan angka, nematoda adalah salah satu yang paling banyak hewan yang ada. Nematoda ditemukan dalam jumlah besar di semua darat, laut, dan lingkungan air tawar, di mana mereka melebihi semua hewan lain, termasuk serangga. Diperkirakan ada sekitar 1.018 (satu triliun) dan 1021 (satu sextillion) nematoda di seluruh dunia.
Nematoda telah beradaptasi untuk hidup di setiap lingkungan yang mungkin, memakan bakteri, jamur, protozoa, dan isi dari hewan atau tanaman lainnya. Dari 80.000 spesies nematoda ilmiah diberi nama, lebih dari 18.000 bersifat parasit. Para ilmuwan percaya bahwa jumlah spesies nematoda dapat melebihi 500.000. Nematoda parasit yang berbeda disesuaikan dengan host yang berbeda, dan bervariasi sesuai panjangnya. Nematoda disebut “cacing gelang” terutama ketika ditemukan dalam usus manusia, di mana mereka mungkin beberapa inci panjang dan menyebabkan penyakit. Para cacing gelang terbesar yang pernah ditemukan adalah 8,5 m (28 kaki) panjang, dengan 32 ovarium, ditemukan dalam usus ikan paus.
Nematoda diperkirakan membentuk 90% dari semua kehidupan di dasar laut, dan ditemukan di parit laut terdalam, di mana tekanan adalah 100 kali lebih besar daripada di permukaan. Tiga spesies nematoda ditemukan di McMurdo Dry Valleys Antartika, salah satu lingkungan paling keras di bumi, di mana suhu mencapai -60 ° C (-76 ° F) di musim dingin dan kecepatan angin melebihi 320 km / h (200 mph) , melucuti hampir semua kelembaban. Nematoda dapat bertahan dalam tetes kecil air dalam batuan, memakan bakteri.
Nematoda dapat menjadi wabah bagi petani, menyebabkan miliaran dolar kerusakan tanaman setiap tahun. Di sisi positifnya, salah satu nematoda, Caenorhabditis elegans panjang-1mm adalah organisme model dalam biologi, dan studi ekstensif dari strukturnya, siklus hidup, dan genetika telah menjadi anugerah ke lapangan. Setiap sel dalam C. elegans (959 dalam hermaprodit dewasa; 1031 di laki-laki dewasa) telah dipetakan, seluruh nasib perkembangan mereka dikenal. Menggunakan teknik manipulasi genetik, para ilmuwan telah mampu memperpanjang umur C. elegans sepuluh kali lipat, dari sekitar paling 19 hari sampai 190 hari. Beberapa teknik ini dapat menemukan aplikasi masa depan dalam pengobatan.


Ringakasan Ciri-ciri Nematoda :



1. dapat dijumpai di darat, air tawar, air laut, dari daerah kutub hingga tropis. 
2. hidupnya bersifat bebas namun ada yang parasit pada hewan dan tumbuhan. 
3. tidak memiliki sistem peredaran darah dan jantung 
4. penampang tumbuhnya selindris dan tidak beruas - ruas 
5. bentuk tubuhnya gilik panjang dan simetris bilateral 
6. tubuhnya tidak memiliki silia dan tidak bersegmen, dilapisi oleh kutikula transparan.
7. Sistem Reproduksi Jantan dan betina, diecious(dapat dibedakan) 
8. Sistem pencernaan sempurna

0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya