Home » » 10 Hal ''you must know'' tentang Islam dan Jazirah Arab

10 Hal ''you must know'' tentang Islam dan Jazirah Arab

     Udah lama banget nih gak posting artikel, maklum dulu waktu SMA masih banyak waktu luang, sekarang kuliah baru semester 1 aja udah babak belur gini haha. Langsung simak aja ya artikelnya daripada admin ga jelas gini..


1. Ketika mencabut nyawa orang yang beriman, malaikat israil berlaku lemah embut. Ia mengucapkan salam lalu mengatakan, ''janganlah kamu bersedih! Masuklah ke dalam surga! Kamu akan mendapatkan segala sesuatu yang kamu inginkan''.

2. Zakat fitrah mulai diwajibkan pada tahun kedua Hijriah, tahun diwajibkanya puasa Ramadhan. Zakat fitrah bertujuan menyucikan orang yang berpuasa dari ucapan kotor dan perbuatan yang tidak berguna dan memberi makan pada orang miskin.

www.konsultasisyariah.com
3. Burdah adalah pakaian semacam jilbab yang dikenakan oleh laki-laki bangsa Arab. Burdah ini disebut juga dengan jubah. Burdah digunakan sebagai pakaian kebesaran atau untuk melindungi badan dari suhu udara dan debu padang pasir.

4. Al Farisi adalah seorang ilmuwan di bidang astronomi. Beliau adalah orang pertama yang membuat astrolabe, sebuah alat untuk pengukur ketinggian benda-benda langit.

Sebuah Astrolabe (en.wikipedia.org)
5. Jabir bin Hayyan merupakan seorang ilmuwan dalam bidang kimia. Ia mengemukakan teori bahwa emas dapat dibuat dari besi, timah, dan tembaga yang diberi tambahan zat-zat tertentu.

en.wikipedia.org
6. Salah satu keistimewaan Al-Quran adalah apabila dipelajari oleh orang yang biasa-biasa saja, isinya pun juga biasa-biasa saja. Akan tetapi, apabila dipelajari oleh kaum cendekiawan, akan ditemukan mutiara-mutiara ilmu pengetahuan yang sangat mengagumkan.

7. Giblatar adalah nama sebuah bukit karang di selatan Spanyol yang berasal dari kata Arab Jabal Tariq. Bukit itu merupakan tempat pendaratan pasukan islam yang dipimpin Tariq bin Ziyad untuk pertama kali-nya di spanyol. Giblatar juga digunakan sebagai nama selat dimana Tariq bin Ziyad menyebrang.

Giblatar modern ini (en.wikipedia.org)
8. Allah memang menjamin bahwa islam tidak akan lenyap dari muka bumi. Akan tetapi, tidak ada jaminan bahwa islam akan abadi di sebuah tempat. Sejarah membuktikan bahwa islam pernah mengakar kuat dan berjaya di Eropa, yaitu di Andalusia, Spanyol selama delapan abad. Namun, pada akhirnya islam menjadi golongan minoritas di Eropa.

Peta Wilayah Andalusia (en.wikipedia.org)
9. Malaikat penjaga neraka adalah malaikat yang kasar, yaitu yang tabiatnya kasar. Allah SWT mencabut dari hati mereka rasa kasih saying terhadap orang yang kafir. Yang keras adalah penampilan tubuh mereka yang keras dan mengerikan. Wajah mereka hitam dan taring-taring yang menakutkan. Mereka itulah para malaikat zabaniah.

10. Khusyuk merupakan kondisi mental dalambentuk pemusatan pikiran dan perhatian kepadaAallah SWT ketika melakukan ibadah. Kondisi demikian akan mempengaruhi kondisi jasmani. Diceritakan suatu ketika ali bin abi thalib terkena panah. Ia kemudian meminta panah tersebut dicabut ketika sedang shalat. Karena khusuknya, Ali bin Abi Thalib tidak merasakan sakit ketika panah itu dicabut.

0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya