Home » » Berburu Pasar Tradisional di Kota Metropolitan, Jakarta

Berburu Pasar Tradisional di Kota Metropolitan, Jakarta

     Jakarta yang merupakan kota metropolitan terbesar di Indonesia, bahkan salah satu terbesar di dunia ini memang identik dengan kehidupan modern, dan salah satu yang jadi korban adalah pasar tradisional ini, sungguh malang memang, mereka tergusur oleh gedung-gedung mall dan minimarket yang muncul bak jamur di musim hujan. Tapi ternyata masih banyak juga pasar tradisional yang mampu bertahan, ayo kita berburu sambil berkeliling kota jakarta!

1. Jakarta Pusat

Pasar Mobil Kemayoran (infousahaanda.wordpress.com)
Pasar Cikini (ceritaelkaje.wordpress.com)
     Di wilayah Jakarta Pusat ini banyak tempat yang menawarkan barang-barang secara khusus. Sebut saja seperti Pasar Mobil Kemayoran yang menjual mobil-mobil bekas. Juga Pasar Palmerah, atrium senen serta pusat suku cadang senen yang semuanya merupakan pusat penjualan suku cadang kendaraan roda empat. Juga ada Pasar Cikini yang banyak menjual barang-barang kerajinan rotan. Dan tidak ketinggalan pula pasar baru yang menyediakan bahan-bahan tekstil.

2. Jakarta Selatan

Pasar Minggu (akumassa.org)
Pasar Cipete (newjayamotorbmw.blogspot.com)
     Seperti di kawasan Jakarta Pusat, Jakarta Selatan juga mempunyai Pasar Cipete yang merupakan pusat suku cadang kendaraan roda empat. Ada juga Pasar Rumput yang khusus menjual wastafel dan kakus bekas. Bagi penggemar buah-buahan, Pasar Minggu adalah pilihan yang tepat untuk mendapatkan aneka buah dan sayur segar.

3. Jakarta Utara

Pasar Pelelangan Ikan Muara Angke (www.journoliberta.com)
     Daerah utara dikenal dengan pantainya, maka tak heran bila di kawasan ini terdapat tiga pasar ikan, Pasar Ikan Muara Baru, Pasar Ikan Muara Angke, serta Pasar Ikan Penjaringan yang merupakan pasar ikan tertua di Jakarta. Juga ada Pasar Pagi yang menjadi pusat fashion, tekstil, sepatu, stationary, dan mainan.

4. Jakarta Barat

Pasar Bunga Rawa Belong (jakarta.panduanwisata.id)
Pasar Asem Reges (jakarta.bisnis.com)
     Di kawasan Jakarta barat, terdapat pasar-pasar tradisional yang juga memiliki ciri khas sebagaimana pasar tradisional lainya, seperti Pasar Asem Reges yang dikenal dengan spare part harga murahnya dan Pasar Rawa Belong yang menjadi pusat berbagai jenis bunga.

5. Jakarta Timur

Pasar Jatinegara (www.tribunnews.com)
Pasar Kramat Jati (lazuardi-birru.blogspot.com)
     Salah satu pasar tradisional yang ada di jakarta timur Pasar Jatinegara. Pasar ini dahulu bernama Mester Passer (Pasar Mester) dan pasar ini di lalui oleh Trem Batavia. Pasar ini juga disebut Pasar Kamis karena dahulu pasar ini dibuka setiap hari kamis. Selain itu terdapat pula Pasar Kramatjati yang terkenal dengan bergunng-gunung sayur-mayurnya.

     Wah ternyata banyak juga ya pasar tradisional di jakarta, dan tidak semuanya berbau ''tradisional'' karena banyak juga yang ternyata sudah berupa pasar yang modern. Buat warga Jakarta dan sekitarnya, ayo sekali-kali ke pasar tradisional, gak ada salahnya kan membeli langsung dari warga yang memang butuh banget uang buat menafkahi keluarganya. Sekian ya :)

1 komentar:

  1. jalan jalan di pasar memang menyenangkan, apalagi di pasar ikan

    BalasHapus

Mengenai Saya