Beberapa kasus motor mati ditengah jalan, aki cepat soak, atau lampu utama yang tiba-tiba temaram, bisa jadi disebabkan kondisi kiprok yang tak lagi optimal. Disini matickers harus memahami betul, walaupun kondisi kiprok susah dideteksi.
Apabila melihat buku petunjuk, acara cara mudah untuk mengetahui kiprok masih berfungsi secara baik atau sudah rusak. Caranya adalah dengan menggunakan sebuah alat kelistrikan yang bernama multitester.
Kalau matickers tidak memahami apa itu multitester atau bahkan tak memilikinya, ada cara lain untuk membaca gejala kiprok yang rusak. Salah satunya adalah lampu depan yang tiba-tiba redup atau bahkan mati sama sekali. Jika suplai arus dari sepul lampu sedang dalam keadaan normal, maka kemungkinan besar kiprok motor sudah mati atau tahanan antar terminal kiprok dari sepul dan massa terhubung langsung.
Nah, ciri lainnya adalah aki yang cepat soak. Kalau kondisi sepul dan suplai arus berjalan normal kemungkinan kiprok sudah tidak berfungsi. Karena cukup vital, ada baiknya kiprok segera diganti untuk menjaga fungsional kelistrikan motor secara optimal. Kiprok bisa didapat di bengekl resmi motor atau pada agen perlengkapan sepeda motor yang menjual kiprok aftermarket.
Soo� selalu safety riding ya matickers�
0 komentar:
Posting Komentar