Home » » Ciri-ciri Filum Porifera

Ciri-ciri Filum Porifera

    Porifera, filum dalam Kerajaan Animalia, terdiri dari semua spesies spons (bunga karang), Total sekitar 5.000. Porifera adalah salah satu hewan yang paling sederhana di planet ini, dan diyakini bahwa mereka berevolusi dari organisme multisel pertama yang akhirnya berevolusi menjadi hewan. Filum Porifera merupakan satu-satunya filum dari cabang Parazoa Kerajaan Animalia – mereka yang tidak memiliki jaringan yang sebenarnya, yang menyimpang dari garis keturunan lama setelah evolusi multiseluleritas dari protista kolonial.


Ciri-ciri Filum Porifera : 
1) Tidak ada simetri yang pasti.
2) tubuh multiseluler, beberapa jaringan, tidak ada organ.
3) Sel dan jaringan mengelilingi ruang diisi air tetapi tidak ada rongga tubuh sejati.
4) Semua sesil, (hidup melekat pada sesuatu).
5) Reproduksi seksual atau aseksual, reproduksi seksual dapat berupa
 gonokoristik atau hermafrodit.
6) Tidak memiliki sistem saraf.
7) Memiliki tahap larva yang berbeda dengan planktonik.
8) Tinggal di lingkungan perairan, terutama laut.
9) Semua adalah penyaring makanan.
10) Sering memiliki kerangka spikula.


     Porifera adalah hewan yang dikenal paling sederhana. Tidak seperti semua filum hewan lainnya, yang memiliki dua atau tiga lapis tubuh (diploblastik atau triploblastik), porifera hanya memiliki lapisan tubuh tunggal (monoblastik), dan tidak ada jaringan yang sejati. Mereka tidak memiliki pelengkap dan tidak memiliki kemampuan untuk membuat gerakan apapun, kekurangan jaringan otot. Porifera yang secara eksklusif adalah mahluk air.
Sebagian besar porifera dianggap simetri radial. Ini berarti bahwa mereka dibagi menjadi dua bagian yang kongruen oleh potongan memanjang melalui pusat organisme. Sebenarnya, tidak ada porifera yang benar-benar simetri radial, karena mereka tidak memiliki jaringan yang sebenarnya.
Kebanyakan porifera juga memiliki tiga “lapisan” dari sel. Lapisan luar terdiri dari sel-sel pipih dengan banyak pori-pori di seluruhnya. Lapisan sel mengandung sel-sel mobile serta sel-sel tulang yang memberikan bentuk porifera. Sel-sel tulang yang baik spongin (jenis modifikasi dari protein kolagen, membentuk kerangka fibrosa sebagian besar organisme di antara filum Porifera), protein fleksibel, atau partikel hanya mengandung mineral. Yang ketiga, lapisan terdalam terbuat sepenuhnya dari sel yang disebut koanosit. Sel-sel ini memiliki cincin yang mengelilingi dasar sebuah flagela, yang digunakan untuk mendorong air melalui pori-pori porifera ke dalam rongga badan pusat, dan kemudian keluar dari porifera melalui pembukaan pusat. Fungsi kedua koanosit adalah untuk menjebak makanan, terutama bakteri, dan menyerap dengan fagositosis.
Sel-sel mobile di lapisan tengah disebut amoebosit. Sel-sel ini mampu bergerak dengan menggunakan pseudopodia. Mereka terus-menerus bergerak, dan fungsi utama mereka adalah untuk mengambil vakuola makanan dari koanosit, mencerna makanan di dalamnya, dan membawa nutrisi ke sel-sel yang membutuhkannya. Namun, mereka juga berfungsi untuk membawa oksigen ke sel lain, membuang produk limbah, mempertahankan struktur porifera, dan bahkan berubah menjadi sel jenis lain jika mereka harus.

Porifera mendapatkan nutrisi mereka dengan tinggal di satu tempat, memompa air melalui diri mereka sendiri, dan menyaring organisme kecil dan potongan-potongan makanan sehingga mereka mencernanya. Porifera dilindungi dari predator dengan kandungan gizi yang rendah serta duri yang mengiritasi pemangsa yang terdistribusi ke seluruh tubuh mereka, yang disebutspikula, yang juga berfungsi ganda sebagai “kerangka.” Lebih dari 5.000 spesies dikenali oleh ilmu pengetahuan, dan spesies baru ditemukan secara teratur. Hal ini sebagian karena berbagai porifera sangat luas: mereka ditemukan di setiap kedalaman laut. Struktur tubuh sederhana porifera yang cocok untuk kelangsungan hidup dalam tekanan laut setara dengan puluhan atmosfer.

Porifera memiliki sejumlah kesamaan dengan protista, meskipun mereka pasti binatang. Porifera tidak memiliki saluran pencernaan apapun, mereka tidak memiliki tahap gastrula, tiga lapisan sel yang tidak homolog dengan lapisan tubuh kebanyakan hewan, dan mereka tidak memiliki sel-sel saraf atau sel otot . Ini kemungkinan alasan kesamaan ini ke Kingdom Protista adalah karena nenek moyang mereka. Hal ini diyakini bahwa nenek moyang dari bunga karang adalah koanoflagelata, sebuah protista kolonial. Koanoflagelata hidup di dasar air dangkal, dan terdiri dari sekelompok kecil sel berflagel sangat mirip dengan sebuah koanosit. Kemiripan ini berarti bahwa porifera mungkin berevolusi dari jenis protista kolonial, yang akan menjelaskan kesamaan dengan protista.

0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya