Home » » Ciri-ciri Mamalia

Ciri-ciri Mamalia

     Apa itu mamalia? Hewan ini berkisar antara kelelawar, kucing, dan tikus ke anjing, monyet, dan paus. Mereka para mamalia ada yang berjalan, berlari, berenang, dan terbang. Mamalia bisa hidup di laut, terbang di langit, berjalan di padang rumput, dan berjalan di sabana. Ada sejumlah besar keragaman dalam kelompok mamalia dalam hal reproduksi, habitat, dan adaptasi untuk hidup di habitat yang berbeda tersebut.

Apa yang memungkinkan mamalia untuk hidup di lingkungan yang beragam seperti itu? Mamalia telah berevolusi ciri-ciri khusus, tidak seperti mereka yang kelompok lain dari hewan. Mamalia (kelas Mammalia) yang endotermik (berdarah panas) hewan vertebrata dengan sejumlah karakteristik yang unik. Dalam kebanyakan mamalia, ini meliputi:
·         Kehadiran rambut atau bulu.
·         kelenjar Keringat.
·         Kelenjar khusus untuk menghasilkan susu, dikenal sebagai kelenjar susu.
·         Tiga tulang telinga tengah.
·         Sebuah wilayah neokorteks di otak, yang mengkhususkan diri dalam penglihatan dan pendengaran.
·         Gigi khusus.
·         Sebuah jantung dengan empat bilik
Ada sekitar 5.400 spesies mamalia, mulai dari ukuran yang kecil 1-2 inci tawon kelelawar ke paus biru 108-kaki. Mamalia ini didistribusikan dalam 29 ordo, 153 famili, dan sekitar 1.200 genera.
Ada tiga jenis mamalia, ditandai dengan metode mereka dalam reproduksi. Semua mamalia, kecuali untuk yang beberapa, adalah vivipar, yang berarti mereka menghasilkan anak hidup bukan bertelur. Bagaimanapun monotremata, memiliki karakteristik seperti burung dan reptil, seperti bertelur dan kloaka. Contoh dari monotremata adalah platipus dengan paruhnya seperti burung dan karakteristik bertelur. Echidnas adalah satu-satunya mamalia monotremata lainnya. Tipe kedua dari mamalia, mamalia berkantung, termasuk kanguru, walabi, koala dan posum. Mamalia ini melahirkan embrio belum berkembang, yang kemudian naik dari jalan lahir ke dalam kantong di bagian depan tubuh ibu, di mana ia makan dan terus berkembang. Bagian selanjutnya dari mamalia, yang merupakan mayoritas mamalia, adalah mamalia plasenta. Mamalia ini berkembang di dalam rahim ibu, yang menerima nutrisi melalui plasenta. Mamalia plasenta termasuk manusia, kelinci, tupai, paus, gajah, Tikus, dan armadillo. Anjing dan kucing, dan domba, sapi dan kuda juga mamalia plasenta.
Mamalia juga satu-satunya kelompok hewan yang berevolusi untuk hidup di darat dan kemudian kembali untuk hidup di laut. Paus, lumba-lumba, dan porpoise semua diadaptasi dari hewan-hewan darat ke kehidupan berenang dan bereproduksi di dalam air (Gambar di atas). Paus telah berevolusi menjadi mamalia terbesar.
Kosa kata
·         endotermik: Memiliki suhu internal yang tidak tergantung pada suhu lingkungan mereka, berdarah panas.
·         kelenjar susu: Susu memproduksi kelenjar mamalia betina.
·         monotremata: Mamalia dengan beberapa karakteristik seperti burung dan reptil, seperti bertelur.
·         neokorteks: Bagian dari otak pada mamalia yang terlibat dengan penglihatan dan pendengaran.
·         vivipar: Melahirkan anak hidup.
Ringkasan
·         Mamalia memiliki beberapa sifat yang sama, termasuk kehadiran rambut atau bulu, kelenjar keringat, dan kelenjar susu.
·         Sejumlah mamalia, seperti lumba-lumba dan ikan paus, berevolusi untuk hidup kembali di laut dengan mengadaptasi dari hewan-hewan darat.

0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya