Home » » Pengertian dan Penanganan Patah Tulang (fraktur)

Pengertian dan Penanganan Patah Tulang (fraktur)


      Suatu patah tulang atau fraktur tulang terjadi ketika kekuatan yang diberikan terhadap tulang lebih kuat dari tulang dapat menanggung. Ini mengganggu struktur dan kekuatan tulang, dan menyebabkan rasa sakit, hilangnya fungsi dan kadang-kadang pendarahan dan cedera di sekitar lokasi.
Kerangka kita terdiri dari tulang. Tulang adalah jenis jaringan ikat, diperkuat dengan kalsium dan tulang sel. Tulang memiliki pusat yang lebih lembut, yang disebut sumsum, di mana sel-sel darah dibuat. Fungsi utama dari kerangka kita untuk mendukung tubuh kita, memungkinkan gerakan dan melindungi organ-organ internal kita.
Ada berbagai jenis patah tulang. Beberapa lebih parah daripada yang lain, tergantung pada kekuatan dan arah gaya, tulang tertentu yang terlibat, dan usia seseorang dan kesehatan umum. Patah tulang umum meliputi pergelangan tangan, pergelangan kaki dan pinggul. Patah tulang panggul paling sering terjadi pada orang tua.
Patah tulang memakan waktu sekitar empat sampai delapan minggu untuk menyembuhkan, tergantung pada usia dan kesehatan orang dan jenis istirahat.
Penyebab patah tulang
Penyebab patah tulang dapat mencakup:
·         Insiden traumatis seperti cedera olahraga, kecelakaan kendaraan dan jatuh
·         Kondisi seperti osteoporosis dan beberapa jenis kanker yang menyebabkan tulang patah lebih mudah, yang berarti bahkan trauma ringan dan jatuh dapat menjadi serius.
Gejala patah tulang
Fraktur berbeda dari cedera lain untuk kerangka seperti dislokasi, meskipun dalam beberapa kasus akan sulit untuk membedakan mereka. Kadang-kadang, seseorang mungkin memiliki lebih dari satu jenis cedera. Jika ragu, mengobati cedera seolah-olah itu adalah patah tulang. Gejala-gejala fraktur tergantung pada tulang tertentu dan tingkat keparahan cedera, tetapi dapat mencakup:
·         sakit
·         pembengkakan
·         memar
·         kelainan bentuk
·         Ketidakmampuan untuk menggunakan anggota badan.
Jenis patah tulang
Berbagai jenis fraktur meliputi:
·         patah Tertutup (sederhana) – patah tulang tidak menembus kulit
·         patah Terbuka (gabungan) – patah tulang menonjol keluar melalui kulit, atau luka mengarah ke situs fraktur. Infeksi dan perdarahan eksternal lebih mungkin
·         Fraktur greenstick – sesuatu yang kecil, retak ramping dalam tulang. Hal ini dapat terjadi pada anak-anak, karena tulang mereka lebih fleksibel dibanding tulang orang dewasa
·         Fraktur lembut – bentuk paling umum adalah mengalami cedera tulang kaki, sering terjadi di kaki atau kaki bagian bawah sebagai akibat dari tekanan berulang dari aktivitas seperti jogging atau berjalan
·         Fraktur kompleks – struktur sekitarnya patah tulang yang terluka. Mungkin ada kerusakan pada vena, arteri atau saraf, dan ada juga mungkin cedera pada lapisan tulang (periosteum)
·         Fraktur kominuta – tulang hancur menjadi potongan-potongan kecil. Jenis fraktur rumit cenderung untuk menyembuhkan lebih lambat
·         Fraktur avulsi – otot bertumpu pada tulang dengan tendon, jenis jaringan ikat. Kontraksi otot yang kuat dapat merenggut tendon yang bebas dan menarik keluar potongan-potongan tulang. Jenis fraktur lebih sering terjadi pada sendi lutut dan bahu
·         Fraktur kompresi – terjadi ketika dua tulang dipaksa terhadap satu sama lain. Tulang-tulang tulang belakang, yang disebut vertebra, dapat memiliki jenis fraktur ini. Orang tua, terutama mereka dengan osteoporosis, berada pada risiko yang lebih tinggi.
Tidak semua fraktur merupakan pada lengan atau kaki seseorang. Trauma pada kepala, dada, tulang belakang atau panggul bisa patah tulang seperti tengkorak dan tulang rusuk. Patah tulang ini semakin dipersulit dengan struktur tubuh yang mendasari yang tulang biasanya melindungi. Beberapa patah tulang ini bisa sangat sulit untuk mengelola menggunakan prinsip pertolongan pertama hanya karena dapat mewakili cedera yang mengancam jiwa. Selalu mencari bantuan darurat jika Anda menduga jenis fraktur.
Komplikasi patah tulang
Masalah lain yang disebabkan oleh patah tulang dapat mencakup:
·         Kehilangan darah – tulang memiliki suplai darah yang kaya. Istirahat yang buruk dapat membuat Anda kehilangan sejumlah besar darah
·         Cedera organ, jaringan atau struktur di sekitarnya – misalnya otak bisa rusak oleh patah tulang tengkorak. Organ dada dapat terluka jika pecah tulang rusuk
·         Pertumbuhan terhambat tulang – jika tulang panjang anak pecah dekat dengan sendi di mana lempeng pertumbuhan ditemukan.
Pertolongan pertama untuk patah tulang
Perawatan pertolongan pertama yang baik untuk penderita patah tulang selalu penting. Menggerakkan patah tulang dapat meningkatkan rasa sakit dan perdarahan dan dapat merusak jaringan di sekitar cedera. Hal ini dapat mengakibatkan komplikasi dalam perbaikan dan penyembuhan dari cedera nanti.
Pertolongan pertama untuk patah tulang adalah semua tentang immobilising (membatasi gerakan) daerah luka. Penyangga dapat digunakan untuk ini. Kontrol perdarahan eksternal. Pecah yang rumit di mana anggota tubuh sangat cacat mungkin perlu disesuaikan sebelum pembidaian – hanya paramedis atau staf medis harus melakukan hal ini.
Fraktur dari kepala atau tubuh seperti tengkorak, tulang rusuk dan panggul semua serius dan harus dikelola oleh paramedis.
Jika Anda mencurigai patah tulang, Anda harus:
·         orang itu masih tetap terjaga – tidak memindahkan mereka kecuali ada bahaya langsung, terutama jika Anda fraktur yang dicurigai pada tengkorak, tulang belakang, tulang rusuk, panggul atau kaki bagian atas
·         Ada untuk setiap luka pendarahan pertama. Menghentikan pendarahan dengan menekan kuat pada situs dengan pembalut bersih. Jika tulang yang menonjol, memberikan tekanan di sekitar tepi luka
·         Jika perdarahan dikendalikan, menjaga luka ditutup dengan dressing bersih
·         Jangan pernah mencoba untuk meluruskan tulang patah
·         Untuk fraktur tungkai, memberikan dukungan dan kenyamanan seperti bantal di bawah kaki bagian bawah atau lengan bawah. Namun, tidak menyebabkan rasa sakit lebih lanjut atau gerakan yang tidak perlu dari patah tulang
·         Terapkan belat untuk mendukung tulang rusuk. Penyangga tidak harus diproduksi secara profesional. Produk seperti papan kayu dan majalah dilipat dapat bekerja untuk beberapa patah tulang. Anda harus mengimobilisasi anggota badan atas dan di bawah patah tulang
·         Gunakan selempang untuk mendukung lengan atau tulang selangka patah tulang
·         Angkat daerah retak jika mungkin dan menerapkan kompres dingin untuk mengurangi pembengkakan dan rasa sakit
·         Hentikan orang dari makan atau minum apa-apa sampai mereka dilihat oleh seorang dokter, dalam kasus mereka akan memerlukan pembedahan
Diagnosis dan pengobatan patah tulang
Dokter dapat mendiagnosis patah tulang dengan sinar-x. Mereka juga dapat menggunakan CT scan (tomografi komputer) scan dan MRI (resonansi magnetik imaging).
Patah tulang sembuh sendiri – tujuan pengobatan adalah untuk memastikan potongan-potongan tulang merupakan berbaris dengan benar. Tulang perlu pulih sepenuhnya dalam kekuatan, gerakan dan sensitivitas. Beberapa fraktur rumit mungkin memerlukan pembedahan atau traksi bedah (atau keduanya).
Tergantung di mana fraktur dan seberapa parah, pengobatan dapat mencakup:
·         Penyangga – untuk menghentikan gerakan ekstremitas yang rusak
·         Kawat gigi – untuk mendukung tulang
·         Gips – untuk memberikan dukungan dan mengimobilisasi tulang
·         Traksi – pilihan yang kurang umum
·         Batang logam dimasukkan secara operasi atau pelat – untuk memegang potongan tulang bersama-sama
·         Menghilangkan rasa sakit.
Proses penyembuhan untuk patah tulang
Bekuan darah yang terbentuk pada ujung patah tulang adalah awal dari proses penyembuhan. Selama sekitar lima minggu, tubuh bergabung dengan dua bagian tulang bersama-sama dengan kombinasi sel berserat dan tulang rawan.
Tulang sementara ini (kalus) tidak sekuat tulang sebenarnya. Hal ini dapat mudah pecah sampai perlahan-lahan diganti dengan tulang nyata. Untuk alasan ini, dokter dapat menghapus Gips atau belat setelah beberapa minggu, tetapi Anda masih perlu untuk mengobati tulang dengan hati-hati untuk setidaknya satu bulan lebih.
Pengobatan lain untuk patah tulang
Beberapa tulang, seperti tulang selangka atau tulang jari-jari kaki, akan bergerak dengan sling atau belat (bukan diplester) dan beristirahat selama sekitar dua bulan.
Komplikasi patah tulang
Kemungkinan komplikasi dari patah tulang dapat mencakup:
·         Keselarasan ekstremitas yang buruk
·         infeksi
·         Salah dipasang gips (misalnya, terlalu ketat atau terlalu longgar).
Perawatan mandiri setelah patah tulang
Ikuti saran dokter Anda, tetapi saran umum meliputi:
·         Sampai saat gips telah diatur dengan benar, menghindari panas langsung seperti botol air panas.
·         Istirahat anggota badan sebanyak mungkin.
·         Gunakan teknik yang ditunjukkan kepada Anda oleh perawat untuk berjalan atau mengelola kegiatan sehari-hari. Misalnya, Anda berisiko cedera lebih lanjut jika Anda menggunakan kruk salah.
·         Hindari mengangkat atau mengemudi sampai patah tulang sembuh.
·         Jika kulit di bawah gips gatal, jangan menyodok apa-apa antara gips dan Tungkai Anda (seperti gantungan baju atau pensil). Sebaliknya, gunakan pengering rambut untuk meniup udara dingin ke dalam gips.
·         Jangan sampai Gips Anda basah, seperti plester basah menjadi lembut dan tidak memberikan dukungan yang diperlukan. Plester basah juga dapat mengiritasi kulit Anda. Ketika mandi, membungkus gips dalam kantong plastik dan pita langsung ke kulit Anda, untuk menjaga daerah kedap air.
·         Temui dokter Anda segera jika Anda memiliki bengkak, kebiruan atau hilangnya gerakan jari tangan atau kaki, kesemutan, mati rasa atau nyeri meningkat.
Hal yang perlu diingat
·         Fraktur adalah pecah atau retak pada tulang.
·         Fraktur terjadi ketika gaya yang diberikan terhadap tulang lebih kuat dari tulang struktural dapat menahan.
·         Situs yang paling umum untuk patah tulang adalah pergelangan tangan, pergelangan kaki dan pinggul.
·         Perawatan termasuk immobilising tulang dengan gips, atau pembedahan memasukkan batang logam atau pelat untuk memegang potongan-potongan tulang bersama-sama.
·         Beberapa fraktur rumit mungkin memerlukan pembedahan dan traksi bedah.
·         Dalam kebanyakan kasus, Gips Anda akan lepas setelah beberapa minggu, tetapi Anda harus memperlakukan anggota badan Anda dengan hati-hati untuk setidaknya bulan depan atau lebih.

0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Arsip Blog