Home » » Perbedaan Antara Mikroprosesor dan Mikrokontroler

Perbedaan Antara Mikroprosesor dan Mikrokontroler

Micro Cyber 2 - Oke, kali ini mendapatkan request dari salah satu sobat blogger indonesia, yaitu tentang perbedaan Mikroprosesor dan Mikrokontroler. Alhamdulillah saya tahu sedikit tentang itu dan sambil searching-searching. hehehe Ini dia perbedaanya :


1. Mikroprosesor itu bersifat general purpose (fungsi umum, fleksibel). Sehingga berisikan sepaket chip yang hanya berfungsi sebagai pengolah data (terdiri dari ALU, PC, SP, register, clock, interrupt, data/address bus) dari memory. Dan dikarenakan tidak memiliki fitur terintegrasi sebagaimana mikrokontroler maka untuk menjadikannya dapat beroperasi kita perlu menambahkan lagi RAM, I/O, dan berbagai device/periferal lain (tergantung tujuan penggunaannya).

Implementasinya misalnya seperti yang selama ini kita kenal dengan processor Intel dan AMD untuk PC adalah termasuk jenis ini.

Diagram blok sebuah mikroprosesor


2. Sedangkan Mikrokontroler  itu sendiri bersifat specific purpose (fungsi khusus, terbatas). Sehingga berisikan sepaket chip lengkap yang terdiri dari fitur-fitur pengolah data yang juga terdapat dalam mikroprosesor, ditambah RAM, ROM, I/O, dan fitur terintegrasi lain di dalamnya.

Implementasinya dapat ditemui pada berbagai macam perangkat rumah tangga, telekomunikasi, otomotif, mesin industri, elektronik, dan perangkat-perangkat lain yang memiliki ‘otak’ (embedded system) di dalamnya.

Diagram blok sebuah mikrokontroler


Nah, itulah perbedaan singkat antara Mikroprosesor dan Mikrokontroler. Semoga artikel di atas dapat menambah ilmu dan wawasan bagi pembaca. ;)

0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Arsip Blog