Home » » 10 Fenomena Alam Menakjubkan di Musim Panas

10 Fenomena Alam Menakjubkan di Musim Panas

Micro Cyber 2 - Didunia ini telah terjadi cukup banyak kejadian dan fenomena alam yang indah dan menakjubkan. Seperti halnya pada saat musim panas sob, banyak sekali fenomena alam yang muncul ketika musim panas tiba. Oke, kali ini saya akan membagikan beberapa fenomena alam yang pernah terjadi di dunia ini. Langsung saja simak ke 10 Fenomena Alam Menakjubkan di Musim Panas !

1. Pantai Qingdao Sekejap Menjadi Warna Hijau Saat Musim Panas Tiba

Pantai Qingdao

Pantai Qingdao ini terletak di propinsi shandong tepatnya di Kota Tiongkok. Pantai ini dipenuhi ganggang yang tumbuh subur menutupi hampir seluruh area Pantai Qingdao. Keistimewaan dan keunikan di pantai ini akan muncul ketika musim panas tiba, yaitu pantai akan dengan sekejap berubah menjadi warna hijau terang yang menyelimuti sisi lautan dan Pantai Qingdao kira-kira sekitar 13.500 mil persegi jauhnya. Ganggang ini pertama kali muncul pada tahun 2007 lalu dan setiap tahunya ganggang ini kembali untuk menyelimuti area pantai yang indah ini. 

Pantai Qingdao


Wah keren ya sob? Kenapa bisa begitu ya, begini sobat MicroCyber2 Blog, ganggang tersebut akan bertambah subur karena ganggang telah mendapatkan sisa nutrisi dari rumput laut para petani disana. Dengan Fenomena alam inilah yang telah membuat para wisatawan tertarik dan penasaran untuk melihat fnomena alam yang indah ini. Tetapi sebenarnya ganggang tersebut  merupakan polusi bagi tanaman air, hal ini tentu sangat merugikan para petani, masyarakat kemudian memanfaatkan ganggang ini sebagai pupuk dan sumber energi hijau, sehingga kerugian bisa sedikit teratasi. Karena semakin lama ganggang ini dibiarkan maka bau busuk ini akan menjalar di sekitar pantai, untuk kerjaan membersihkan ganggang tak mudah. Pada 2013 petugas kebersihan pernah  mengumpulkan sebanyak 19.800 ton ganggang atau setara dengan berat 9900 buah mobil.

2. Danau yang Hilang Seketika Saat Musim Panas Tiba

Danau yang Hilang Seketika Saat Musim Panas Tiba

Danau ini terletak di Oregon, Amerika Serikat dan biasa disebut masyarakat dengan sebutan Lost Lake. Letak danau ini tidak jauh dari jalan raya dan danau ini cukup dangkal mungkin hanya sekitar 2,7 meter dengan berjajar-jajar pohon pinus yang mengelilingi Danau Lost Lake tersebut. Fenomena alam yang cukup aneh ini muncul di danau ini pada saat musim panas tiba, yaitu danau seluas 0,34 kilometer ini akan hilang seketika dan pemandangan akan berubah menjadi padang rumput yang basah. Pantaslah danau ini dinamai dengan Lost Lake ya sob.

Danau yang Hilang Seketika Saat Musim Panas Tiba

Dengan munculnya Fenomena alam seperti ini para ilmuanpun ikut penasaran dan meneliti fnomena ini. Para ilmuan meyakini bahwa penampakan yang spektakuler ini disebabkan oleh lava tube (tabung lava), yaitu lubang yang menyerupai terowongan di permukaan mengarah ke bawah bumi yang berfungsi untuk mengeringkan lava selama peristiwa erupsi gunung tersebut. Disitu terdapat dua lubang/ terowongan yang tercipta secara alami dan peneliti lainya juga menduga air mengalir melewati lava tuba dan merembes ke lapisan batuan vulknik menjadi air bawah tanah.

3. Fenomena Alam Midnight Sun

Fenomena Alam Midnight Sun

Apa Midnight Sun dan Apa Penyebab Ini? Yaitu, Fenomena matahari tengah malam, di mana matahari tidak diatur selama 24 jam atau lebih, hanya terjadi di daerah kutub. Fenomena ini dapat dijelaskan dengan bantuan dari kemiringan sumbu bumi. Bumi miring dengan sudut ketika berputar mengelilingi Matahari, yang dikenal sebagai kemiringan sumbu. Kemiringan ini adalah 23 derajat 26 menit atau sekitar, 23,5 derajat. Dengan kata lain, sumbu rotasi bumi miring pada sudut 23,5 derajat terhadap garis tegak lurus terhadap ekliptika. Ekliptika adalah bidang orbit, atau pesawat di mana Bumi mengorbit Matahari.

Fenomena Alam Midnight Sun

Fenomena Alam Midnight Sun

Midnight Sun adalah sebutan familiarnya yang merupakan pemandangan matahari ditengah-tengah malam hari, yang dimana fenomena alam ini sering terjadi pada bulan-bulan musim panas di lintang utara dekat kutub utara. Pada Bulan Mei banyak para turis berkunjung ke ujung utara bumi ini untuk menyaksikan fenomena alam tersebut. Negara yang bisa merasakan fenomena alam aneh ini antara lain kanada, amerika serikat Denmark, norwegia, swedia, firlandia, Rusia dan Islandia, durasi midnight akan meningkat dari hari ke hari selama titik balik matahari pada musim panas dilingkaran kutub, kemudian akan mencapai 6 bulan pada kutuk di daerah kutub sendiri matahari hanya terbit dan terbenam sekali dalam setahun selama 6 bulan. Ketika matahari berada di atas ufuk matahari akan terus begerak di atas ufuk dan mencapai ketinggian tertinggi satu titik balik matahari pada saat musim panas.

4. Pelangi Api di Langit Musim Panas

Pelangi Api di Langit Musim Panas

Fnomena ini biasa disebut dengan Circumhorizontal Arc, dan fnomena alam ini dapat terlihat di langit Carolina bagian selatan yang sempat menyebabkan terjadinya kehebohan masyarakat yang menyaksikan. Fenomena ini disebabkan oleh keselarasan unik yang terjadi di atmosfer. Secara teknis pelangi api disebut circumhorizontal arc, dan pelangi api terjadi ketika cahaya matahari membentuk Kristal es heksagonal pada sudut tertentu di awan cirrus tipis, hanya awan cirrus yang di ketinggian 20 ribu kaki atau 6096 meter di atas tanah yang cukup dingin untuk pembentukan Kristal es. Pelangi api hanya terjadi ketika matahari sangat tinggi di langit atau lebih dari 58 derajat di atas cakrawala, Kristal es heksagonal yang membentuk  awan cirrus juga harus berbentuk seperti piring tebal  yang menghadap ke tanah. Wah pasti sobat semua penasaran kan, bahkan ingin melihat secara langsung iya kan? haha saya hanya ingin memberi saran saja sob, jika ingin melihat kesana carilah tempat terbaik untuk melihat pelangi api tersebut yaitu di daerah dekat khatulistiwa pada siang hari di tengah musim panas. Sebab, pelangi api adalah pertunjukan musim panas. 

5. Salju Pink Rasa Semangka Pegunungan Sierra Nevada

 Salju Pink Rasa Semangka Pegunungan Sierra Nevada

Fenomena alam yang unik ini terjadi di daerah Pegunungan Sierra Nevada tepatnya di California, Amerika Serikat. Pada saat musim panas pegunungan ini diselimuti dengan salju yang berwarna unik yaitu merah muda dan fnomena ini sering disebut dengan watermelon snow. Uniknya lagi salju ini ketika didekati akan menyerupai seperti es serut semangka dan aromanya pun tercium seperti buah semangka. Wah keren sekali ya sob, lebih baik nama fenomena ini dinamai dengan jus semangka saja ya sob? hehehe. Jus Semangka ini telah menarik perhatian para pendaki sejak ribuan tahun lalu sejak zaman Yunani kuno. Salju merah muda Sierra Nevada telah dijelajahi dan diteliti seiring kemajuan teknologi para peneliti telah berhasil menemukan penyebab salju pink ini. Adalah Chlamydomonas nivalis jenis algae yang hidup di salju merupakan jawaban penyebab fenomena ini, algae ini menyimpan pigmen karotenoid merah dalam tubuhya pigmen ini berfungsi untuk menyerap panas dan melindungi algae dari sinar ultraviolet .

6. Air Terjun Hanya Mengalir Saat Musim Panas Saja

Air Terjun Hanya Mengalir Saat Musim Panas Saja

Air Terjun Hanya Mengalir Saat Musim Panas Saja

Fenomena alam terjadi juga di sebuah air terjun The Bataraa Gorge yang terletak di Tannourine, Lebanon. Fnomena ini sangatlah unik karena airnya hanya mengalir ketika musim panas saja. Loh kok bisa? Bisa, karena airnya berasal dari cairan salju yang meleleh saat akan memasuki musim panas. Ketinggian air terjun tersebut sekitar 250 meter, dan tanda air terjun ini di temukan oleh Henri Coiffait seorang peneliti asal perancis pada 1952 silam, untuk dapat menikmati keindahan airterjun dari lelehan salju ini para pengunjung harus melakukan perjalanan dari Laklouk hingga Tannourine sambil melewati pedesaan Balaa lalu tibalah di air terjun Bataara Gorge. Air terjun Bataara Gorge memilki arti 3 jembatan curam karena airnya yang jatuh ke dalam kapur dan melewati 3 jembatan. Di dalam gua kapur ini juga terdapat air yang berasal dari mata air kota Mgharet al-Ghaouaghir jembatan inilah yang dapat di jadikan tempat para pengunjung untuk menikmati keindahan air terjun.

7. Kadal Berganti Kelamin Saat Musim Panas

Pogona Vitticeps

Kemudian yang terakhir ini adalah fenomena alam yang terjadi pada seekor hewan sejenis kadal. Hewan ini bernama Pogona Vitticeps yang merupakan spesies kadal, ditemukan di Australia kawasan bagian tengah. Pogona Vitticeps ini dapat berganti kelamin loh, yang jantan menjadi betina meskipun memiliki kromosom jantan. Kemudian salahsatu professor yang bernama Arthut Georges dari University of Canberra mengatakan bahwa kadal yang awalnya jantan mampu menghasilkan telur 2 kali lebih banyak dari kadal berjanggut betina biasanya. Hidup jantan menjadi induk betina yang baik temuan ini juga menunjukan bahwa dengan meningkatnya suhu global kadal berjanggut bisa lebih cepat mengubah proses penentuan jenis kelamin mereka. Perubahan kelamin ini diatur oleh kromosom dan suhu. Kadal berjanggut jantan biasanya memiliki 2 kromosom Z sedangkan betina memiliki kromosom Z dan W.Pada suhu yang rendah kadal berjanggut betina menentukan jenis kelamin anaknya sesuai dengan kromosom mana yang diturunkan antara Z dan W. Profesor George mengatakan  juga menemukan bahwa jika telur kadal berjanggut terkena suhu di atas 32,5 derajat celcius jantan dengan kromosom Z berganti kelamain jadi betina, bahkan tanpa kromosomW, menurut George ini adalah fenomena pertama perubahan kelamin yang di alami hewan jenis vertebrata darat dialam liar. 

Nah, itulah tadi beberapa fenomena alam yang pernah terjadi didunia ini. Tetapi di Indonesia tidak mau kalah dong dengan keindahan alamnya walaupun tak spektakuler diatas, namun Indonesia memiliki 10 Tempat dengan Keindahan Alam. Kemudian sepeti yang sobat baca tadi, fenomena tidak hanya terjadi dengan alam saja, penghuninya juga memiliki berbagai keunikan tersendiri. Sekian dulu sob, semoga artikel ini bermanfaat dan Terimakasih~

1 komentar:

Mengenai Saya