Home » » Berkenalan Dengan Emotion Recognition dari Microsoft Project Oxford

Berkenalan Dengan Emotion Recognition dari Microsoft Project Oxford

Setelah sebelumnya membuat sistem pendeteksi umur melalui wajah manusia, kali ini Micosoft merilis tools baru yaitu Pendeteksi Emosi Manusia Berdasarkan Ekspresi Wajah, experimen ini bisa kita temukan dalam Project Oxford dari Microsoft.

analisa emosi dari wajah
Hasil analisa Emotion Recognition dari Microsoft Project Oxford
Okay, Emotion Recognition adalah algoritma yang dapat menebak emosi manusia dari raut wajahnya, saat ini ada 8 emosi dasar manusia seperti : marah, takut, senang, sedih, terkejut, netral hingga jijik. Dalam hasilnya, tools ini akan menampilkan kotak yang mendeteksi wajah, lalu menunjukkan nilai 0 hingga 1 berdasarkan 8 emosi tadi.

Sebagai contoh gambar diatas adalah gambar temen2 waktu selesai presentasi mata kuliah TRPL di semester 5, kalo dilihat kasat mata, emang semua ekpresinya pada senang, dan Emotion Recognition melakukan tugasnya dengan baik karna menunjukkan angka happiness yang tinggi.

How it Works ?
Proses ini menggunakan 2 API yang bisa dicoba secara gratis oleh para developer.

1. Face APIs



Pertama, sistem akan mendeteksi ada atau tidaknya wajah dalam foto, dengan menggunakan algoritma pada Microsoft Face APIs yang mencocokkan 3 bagian wajah yaitu : Mata, Hidung dan Mulut.


Algoritma ini merayapi gambar untuk menemukan koordinat ketiga bagian tadi, ketika ditemukan, program akan menyimpan koordinat (x dan y) dari setiap bagian wajah.

Hasil proses pendeteksi wajah dari foto

2. Emotion APIs


Setelah ditemukan wajah dalam foto, Emotion APIs digunakan untuk menangkap ekspresi wajah tersebut. Caranya dengan mengukur kondisi mata dan mulut. Kemudian algoritmanya mencocokkan ukuran mata dan mulut untuk dimasukkan ke 8 aspek emosi manusia.

Ekspresi raisa lagi terkejut

Contoh, ketika mata dan mulut terbuka, maka kemungkinan emosi yang dialami sedang terkejut, maka indeks Surprise disini akan tinggi dibanding yang lain.

Jika kamu seneng banget sama bidang Face Recognition, tools ini dapat kamu coba secara gratis di Project Oxford. Di halaman tersebut sudah tersedia dokumentasi, demo dan link untuk mendownload SDK secara lengkap.

1 komentar:

Mengenai Saya