Home » » Resiko Dalam Penggunaan Smartphone Yang Berlebihan

Resiko Dalam Penggunaan Smartphone Yang Berlebihan

Micro Cyber 2 - Kali ini saya akan mengajak sobat semua untuk membahas tentang kesehatan. Kesehatan itu memang sangat penting sekali untuk setiap pribadi masing-masing, dan terutama pada kesehatan mata. Nah, jaman sekarang ini kan lagi tenar-tenarnya dan jamanya smartphone kan sob? dan itulah salahsatu yang termasuk penyebab penganggu kesehatan mata kita. Oke saya akan menjelaskan resiko-resiko yang ada dalam penggunaan smartphone.

Resiko Dalam Penggunaan Smartphone Yang Berlebihan

Inilah 5 Resiko Penggunaan Smartphone Yang Berlebihan

1. Meningkatkan Resiko Kram Jari Dan Peradangan
Pada jari, pergelangan dan siku pada tangan kita itu merupakan daerah yang paling dikorbankan dari penggunaan smartphone secara berlebihan. Efeknya tentu akan mulai sobat rasakan seperti sering terjadi kram pada jari tangan serta itu juga beresiko meningkatkan peradangan pada sendi (tendinitis). Solusinya, batasi penggunaan smartphone dan lakukan peregangan setelah menggunakan smartphone pada ketiga area diatas.

2. Mengakibatkan Pegal Pada Daerah Leher Dan Punggung
Sebagian besar pengguna smartphone selalu berposisi menunduk saat menatap layar smartphone miliknya. Inilah yang mengakibatkan rasa sakit atau nyeri pada daerah leher dan punggung. Solusinya, sejajarkan smartphone dengan kepala sobat, maka rasa sakit pada kedua daerah tersebut dapat sobat hindari. Pokoknya jangan terlalu menunduk lah ..

3. Membahayakan Kesehatan Mata
Dengan rentang waktu penggunaan smartphone yang begitu lama tentulah berefek buruk pada organ mata seperti mulai kabur, mata kering serta mata yang mulai lelah. Solusinya, sesuaikan ukuran huruf pada smartphone senyaman mungkin seperti menormalkan ukuran huruf agak besar jadi sobat bisa nyaman untuk membacanya tanpa harus menyipitkan mata dan juga warna harus disesuaikan, kemudian sering mengedipkan mata serta sesekali alihkan pandangan dari smartphone dengan melihat objek yang lebih jauh, jadi jangan terpacu kepada smartphone saja.

4. Beresiko Terkena Gejala Nomophobia
Nomophobia merupakan rasa takut untuk menjalani hidup, jika harus hidup tanpa smartphone di tangan. Solusinya, jangan sering mengecek smartphone dengan menaruhnya di tas dan bukan disaku sobat. Serta luangkan waktu minimal satu hari tanpa smartphone. Wah pasti sangat susah sejali ya sob? hahaha :D

5. Beresiko Merusak Jam Tidur Malam
Ada banyak sekali yang harus dicek di smartphone milik sobat seperti berbagai update jejaring sosial serta email yang belum sempat di baca. Hal inilah yang membuat seseorang terjaga hingga larut malam. Solusinya, jauhkan smartphone dari tempat tidur atau jangkauan tangan sobat.

Nah, itulah beberapa resiko yang akan terjadi dalam penggunaan smartphone secara berlebihan. Semoga saja artikel ini bermanfaat untuk sobat semua. Terimakasih~

0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya