Home » , » Pantai Sukamade, Pantai Indah Juga Rumah Bagi Para Penyu

Pantai Sukamade, Pantai Indah Juga Rumah Bagi Para Penyu


Lebih Dekat Dengan Konservasi Penyu Di Pantai Sukamade, Banyuwangi
 Pulau Sukamade ini berada di Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi  atau lebih tepatnya berada di Kompleks Area Taman Nasional Meru Betiri, di Desa Sarongan, Banyuwangi.  Informasi Umum Tentang Pantai Sukamade.    Pantai Sukamade merupakan sebuah pantai yang sudah terkenal sejak masa penjajahan Belanda. Dengan keunikan Pantai ini yang merupakan habitat dari beberapa spesies penyu seperti Penyu Slengkrah, Penyu Hijau, Penyu Belimbing, serta Penyu Sisik. Dan yang lebih menarik lagi, jika kamu beruntung maka di pantai ini kamu akan dapat menyaksikan  penyu penyu tersebut bertelur di Pantai Sukamade ini.
ilutrasi Sunset di Pantai Sukamade | sumber gambar: banyuwangibagus.com

Lokasi Pantai Sukamade.

 Pulau Sukamade ini berada di Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi  atau lebih tepatnya berada di Kompleks Area Taman Nasional Meru Betiri, di Desa Sarongan, Banyuwangi.

Informasi Umum Tentang Pantai Sukamade.
  Pantai Sukamade merupakan sebuah pantai yang sudah terkenal sejak masa penjajahan Belanda. Dengan keunikan Pantai ini yang merupakan habitat dari beberapa spesies penyu seperti Penyu Slengkrah, Penyu Hijau, Penyu Belimbing, serta Penyu Sisik. Dan yang lebih menarik lagi, jika kamu beruntung maka di pantai ini kamu akan dapat menyaksikan  penyu penyu tersebut bertelur di Pantai Sukamade ini.

 Namun syaratnya adalah kamu harus datang ke Pantai Sukamade pada saat malam hari, hal ini dikarenakan penyu hanya akan bertelur pada saat malam hari dengan menepi ke daerah pantai dan kemudian membuat lubang untuk meletakkan telur telurnya agar terlindung dari para predator.

Selain itu disini juga terdapat pemandu yang akan menemani Kamu saat melihat proses induk penyu yang sedang bertelur di Pantai Sukamade ini sehingga kamu tak perlu takut akan pergi melihat proses indukan penyu yang sedang bertelur sendirian.


Keunikan Pantai Sukamade.
 Dalam upaya melestarikan populasi penyu, di Pulau Sukamade ini terdapat petugas yang berwenang untuk mengambil telur telur penyu yang terdapat di area pantai yang kemudian akan diangkat dan dibawa ke penangkaran.

 Dalam upaya melestarikan populasi penyu, di Pulau Sukamade ini terdapat petugas yang berwenang untuk mengambil telur telur penyu yang terdapat di area pantai yang kemudian akan diangkat dan dibawa ke penangkaran.
Ilustrasi Pelepasan Tukik (bayi penyu) | sumber gambar : yukpiknik.com


 Telur telur penyu ini biasanya akan menetas setelah kurun waktu 60 hingga 75 hari setelah proses induk penyu bertelur. Dan setelah menetas, maka tibalah proses yang paling menyenangkan dan paling ditunggu tunggu oleh para wisatawan, yakni proses pelepasan para bayi penyu yang masih lucu lucu ke pantai.

  Selain merupakan lokasi penangkaran dan pelepasan penyu, ternyata Pantai Sukamade memiliki suasana pantai tak terlalu ramai serta sangat cocok untuk kamu yang ingin melepaskan kepenatan akibat rutinitas sehari hari. Dan juga menikmati Keindahan panorama Saat sunset di Pantai Sukamade.

pelepasan penyu, ternyata Pantai Sukamade memiliki suasana pantai tak terlalu ramai serta sangat cocok untuk kamu yang ingin melepaskan kepenatan akibat rutinitas sehari hari. Dan juga menikmati Keindahan panorama Saat sunset di Pantai Sukamade.
ilutrasi Sunset di Pantai Sukamade | sumber gambar: banyuwangibagus.com


Fasilitas Di Pantai Sukamade.

 Meski termasuk bagian dari Kompleks Area Taman Nasional Meru Betiri dan memiliki suasana yang tenang. Namun pantai ini tetap menyajikan beberapa fasilitas menunjang kegiatan kepariwisataan di sini, fasilitas fasilitas tersebut antara lain :

*Camping Ground,
*Pondok Wisata,
*Jalan Trail Wisata,
*Pusat Informasi,
*Bahkan hingga laboratorium.
  Di Pantai Sukamade ini juga tersedia Cottage dan Camping Ground guna menginap bagi para wisatawan yang berkunjung.

  Selain fasilitas fasilitas tadi, Pantai Sukamade ini masih memiliki tempat yang cukup menyenangkan yakni hutan mangrove yang memjadikan panorama pantai sukamade ini menjadi semakin tampat natural dan menawan.

  Jika kamu berniat untuk melihat aktivitas bertelurnya para penyu di Pantai Sukamade, ada beberapa aturan yang harus kamu penuhi.


Rute dan Transportasi

  Selain bisa melalui rute dari Banyuwangi, juga terdapat rute lainnya untuk mencapai Pantai Sukamade ini kamu capai dari Jember dengan menempuh jarak sekitar 127 km.

 Anda bisa menggunakan kendaraan umum ataupun pribadi. Namun yang perlu kamu ingat adalah medan yang Anda harus melalui jalan yang berbukit bukit, maka dari itu Anda dituntut untuk menyesuaikan jenis kendaraan anda.

  Anda bisa menempuhnya dari Kota Banyuwangi menuju ke kota Pesanggaran yang berjarak 60 km dan kemudian dilanjutkan menuju ke Sarongan yang berjarak 20 km dengan menggunakam angkutan umum ataupun truk.

 Setelah tiba di Desa Sarongan, Anda akan melalui medan yang lumayan berat, dengan lama perjalanan dari Desa  Sarongan ke Rajegwesi dan ke Sukomade ini menempuh jarak 18 km ini biasanya bisa tempuh dengan memakai kendaraan hanya dalam waktu 1,5 jam.

  Dan itulah tadi ulasan dari saya tentang keindahan dan konservasi penyu di Pantai Sukamade, jika Anda akan pergi ke Banyuwangi maka sempatkanlah diri Anda untuk mengunjungi Pantai ini.

Selamat Berwisata..
Semoga Menyenangkan..!!


0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Arsip Blog