Home » » 10 Tips Ampuh Promosikan Blog

10 Tips Ampuh Promosikan Blog

Micro Cyber 2 - Pastinya sobat semua sudah memiliki sebuah blog bukan? Tetapi sudahkah sobat mempostingkan artikel yang menarik dan bermanfaat, yang dimana tentunya dapat mendatangkan banyak pengunjung? Jika belum tenang saja sob, masih ada cara lain kok agar blog banyak pengunjungnya dan lebih dikenal orang banyak. Yaitu dengan melakukan promosi tentunya. Caranya cukup simpel dan mudah kok jika sobat memang betul-betul niat untuk membuat blog sobat menjadi terkenal. Okelah, langsung saja disini saya memiliki beberapa tips untuk promosi blog dengan mudah.

10 Tips Ampuh Promosikan Blog

1. Bergabunglah Kedalam Banyak Forum
Bergabunglah kedalam forum-forum yang membahas tentang topik yang sama dengan niche blog sobat, tentunya yang memiliki member yang banyak. Seperti contohnya bergabung kedalam forum media sosial seperti facebook, atau bisa juga dengan bergabung forum  website seperti ads.id, dll. Disitu sobat bisa tanya jawab, sharing, mendapatkan informasi, dan tentunya mempromosikan blog sobat didalam forum tersebut.

2. Cantumkan Link Blog ke Situs Jejaring Sosial
Jika misalkan sobat memiliki akun di situs jejaring sosial yang cukup populer seperti facebook, twitter,myspace, dll. Disitu silahkan cantumkan alamat blog sobat pada profil akun tersebut. Karena apa? Karena banyak sekali blog-blog yang populer karena banyak pengunjung yang bersumber dari teman-teman di situs jejaring sosial. Jadi, silahkan coba cara ini sob! Karena cara ini juga cukup mudah sekali karena hanya bermodalkan akun jejaring sosial dan teman akun yang banyak. Tindakan ini dapat meningkatkan pengunjung/ visitor, karena trik ini bisa dikatakan trik berpromosi blog melalui jejaring sosial.

3. Daftarkan Blog sobat ke Blog Direktori
Sebelumnya apa itu Blog Direktori? Blog direktori merupakan sebuah situs yang menyediakan fasilitas bagi kita untuk melihat berbagai jenis situs yang terdaftar di dalamnya sebagai sebuah satu kesatuan komunitas dan terbagi ke dalam beberapa kategori. Blog direktori ini layaknya seperti sebuah gudang blog-blog yang terdaftar di dalamnya. 

Lalu, apa manfaat jika kita mendaftarkan blog kita di sana? Apakah bisa digunakan sebagai media promosi blog? Jadi, manfaatnya adalah setiap postingan yang telah terpublikasikan dalam blog kita akan secara otomatis terjaring dalam pencarian search engine. Karena pada dasarnya situs blog direktori ini mendapat semacam hak previlege atau mendahului dalam hal publikasi konten-konten postingan dari blog-blog yang terdaftar di dalamnya. Beberapa blog direktori yang terkenal antara lain seperti, topblogarea, topbloglist, blogcatalog, blogdigger, myblogblog, dll.

4. Tingkatkan Blogwalking dan Komentar
Biasakan untuk berjalan jalan untuk mengunjungi blog orang lain dengan meninggalkan jejak berwujudkan komentar yang relevan, maka dari itu carilah blog yang terkenal dan menyediakan kolom komentar Name/Url. Jangan memaksakan meninggalkan banyak link aktif  didalam komentar, karena kemungkinan besar dianggap spam. Selain itu, sobat juga bisa mengisi buku tamu atau kontak percakapan jika disediakan oleh pemilik blog. Tulislah secara lengkap terutama alamat blog kita dalam form kontak identitas kolom komentar.

5. Gunakanlah Layanan Subscribe Feedburner
Gunakan layanan feedburner untuk pengunjung yang ingin berlangganan artikel blog sobat dengan via email. Ini berguna untuk menjaga pengunjung blog sobat agar selalu tahu tentang update blog sobat dan menarik mereka kembali.

6. Promosikan Lewat Jasa Iklan
Hal ini hanya disarankan untuk dilakukan oleh mereka yang benar-benar serius terhadap dunia blogging. Biasanya hal ini terjadi pada blog-blog yang manfaatnya lebih diarahkan untuk fungsi yang bersifat komersial, semisal blog yang menawarkan barang dagangan yang mereka jual, dll. 

Dengan tingginya biaya iklan yang harus dikeluarkan, ada baiknya jika diantara sobat yang masih belum memiliki dana maka sobalah beberapa layanan iklan secara gratis tetapi kemungkinan hasilnya tidak akan seakurat layanan iklan berbayar. Jika ada dana lebih, tidak ada salahnya sobat untuk membeli iklan di Google Adwords, AdsenseCamps, dll. Dengan cara bermodalkan ini tentunya dapat mendatangkan traffik dengan instan dan cepat.

7. Manfaatkan Penyadia Iklan Baris
Dengan adanya iklan baris Ini juga berguna untuk mencari backlink gratis. Iklankan blog sobat di situs-situs iklan baris dan beri link menuju blog sobat. 

Berikut beberapa list Iklan Baris yang gratis :
http://kirimiklan.com/
http://iklantanpadaftar.com/
http://blogiklanbaris.com/submitiklan.php
http://1iklanbaris.com/iklan/pasang
http://pasangiklangratis.com/
http://ads.oggix.com/submitiklan.php
http://www.promolaris.com/submit-a-post/
http://iklanpas.com/pasang-iklan/
http://www.iklanads.com/ads/submit.php
http://iklanhouse.com/
http://iklanplaza.com/
http://iklandunia.com/
http://www.jagoaniklan.com/
http://iklanbarispro.com/
http://.iklanhouse.com/
http://iklanplaza.com/
http://iklandunia.com/
http://gilar-gilar.com/
http://iklanbaliku.com/
http://iklanbarispro.com/
http://www.sebar-iklan.com/
8. Mengikuti atau Mengadakan Sebuah Kontes Blog
Jika misalkan sobat memiliki cukup banyak uang, maka tidak ada salahnya jika mencoba untuk melakukan sebuah kontes dalam bidang tertentu yang nantinya akan melibatkan blog kita hingga terkenal oleh masyarakat luas. Misalnya kontes SEO, membuat sebuah karya tertentu, dll.

9. Promosi Melalui Media Cetak
Cara ini juga membutuhkan dana yang cukup, tetapi cara ini cukup jitu untuk mempromosikan agar ada lebih banyak orang yang mengenal blog sobat. Seperti contohnya mempromosikan melalui iklan kecik di surat kabar, majalah yang sesuai dengan niche blog sobat, atau bahkan membuat poster atau sticker untuk dibagikan kepada teman atau ditempat yang strategis.

10. Lakukan Blogroll (Link Exchange)
Apa itu Blogroll? Blogroll itu merupakan sebuah kegiatan untuk saling bertukar link alamat blog kita dengan alamat blog milik orang lain yang masing-masing ditempatkan di halaman blognya. Lalu, apa manfaatnya? Selain menambahkan pagerank, traffic, search engine, dengan mengadakan blogroll juga akan menambah jalinan silaturahmi antar sesama blogger yang pada intinya dapat mempromosikan blog kita kepada orang lain. Tetapi katanya ya sob, dengan cara ini sudah tidak begitu disukai mbah google. Ya silahkan dicoba saja sob.

Nah, itulah beberapa tips jitu untuk mempromosikan blog agar menjadi terkenal dan dengan mudah meningkatkan pengunjung dengan cepat. Semoga artikel ini bermanfaat, Terimakasih~

1 komentar:

Mengenai Saya