Home » » Pengertian Definisi Bioma

Pengertian Definisi Bioma

    Sebuah bioma, atau “zona besar dalam hidup,” adalah wilayah geografis yang luas dari permukaan bumi dengan komunitas tumbuhan dan hewan yang khas. Ada baik bioma terestrial, seperti padang rumput dan hutan hujan tropis, dan bioma air, seperti muara.
Sebuah bioma juga dapat didefinisikan sebagai suatu ekosistem yang luas (unit ekologi organisme hidup dan lingkungan abiotik mereka) tersebar di wilayah geografis yang luas, atau sebagai pengelompokan banyak ekosistem yang berbagi fitur lingkungan yang sama dan masyarakat (organisme hidup bersama di daerah tertentu ). Secara kolektif, bioma terdiri dari biosfer, yang merupakan daerah tipis permukaan bumi di mana semua organisme hidup.
Bioma merupakan sesuatu yang dinamis, bukan statis, entitas, dan telah berubah sepanjang sejarah geologi. Baru-baru ini, bioma telah dipengaruhi oleh aktivitas manusia. Beberapa dampak tersebut, seperti penggundulan hutan, telah menyebabkan tantangan lingkungan yang signifikan. Adalah penting bahwa orang memahami dampak lokal, regional, dan global dan bertindak secara bertanggung jawab terhadap lingkungan, sehingga generasi mendatang dapat menikmati integritas dan keanekaragaman alam. Dalam istilah Alkitab, ini disebut sebagai “berkah ketiga,” peran manusia untuk merawat semua ciptaan, baik komponen biotik dan abiotik lingkungan fisik.
Bioma merupakan klasifikasi ekosistem yang dangkal dan agak tumpang tindih. Ahli biologi tidak sepakat dalam bagaimana mereka mengklasifikasikan bioma atau dalam jumlah bioma. Salah satu ahli biologi dapat mengklasifikasikan satu wilayah tertentu sebagai salah satu bioma, sementara yang lain mengklasifikasikan daerah yang sama sebagai ecotone (daerah di mana satu bioma tumpang tindih dengan yang lain) atau sebagai bioma yang berbeda. Dalam beberapa kasus, kata “tipe bioma” digunakan, dimana beberapa bioma digabungkan menjadi tipe bioma ini. Sebagai contoh, jenis bioma hutan konifer termasuk bioma hutan konifer dari Eropa, Asia, dan Amerika Utara.

Diantara bioma yang umum dikenal adalah lahan tundra, taiga, hutan gugur beriklim, padang rumput, gurun, dan hutan hujan tropis, dan dua bioma air utama adalah dari laut dan air tawar. Lainnya menambahkan bioma seperti hutan beriklim hujan, kaparal, dan hutan konifer, dan selanjutnya menggambarkan bioma air ke laut, muara, dan sebagainya.

0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya