Home » » 4 Peran Manfaat Keanekaragaman Hayati

4 Peran Manfaat Keanekaragaman Hayati

     Keanekaragaman hayati telah berkontribusi dalam banyak cara untuk pengembangan budaya manusia, dan, pada gilirannya, masyarakat manusia telah memainkan peran utama dalam membentuk keanekaragaman alam di genetik, spesies, dan tingkat ekologi.
Ada empat alasan sering dikutip dalam literatur untuk manfaat keanekaragaman hayati yaitu :


1. Peran ekologi keanekaragaman hayati

Semua spesies menyediakan beberapa jenis fungsi ekosistem. Mereka dapat menangkap dan menyimpan energi, menghasilkan bahan organik, menguraikan bahan organik, membantu siklus air dan nutrisi ke seluruh ekosistem, mengendalikan erosi atau hama, memperbaiki gas atmosfer, atau membantu mengatur iklim.
Ekosistem juga menyediakan berbagai dukungan produksi, seperti kesuburan tanah, penyerbuk tanaman, predator, dekomposisi limbah, dan sebagainya, dan layanan, seperti pemurnian udara dan air, stabilisasi dan moderasi iklim, penurunan banjir, kekeringan, dan bencana lingkungan lainnya.
Fungsi ini penting untuk fungsi ekosistem dan kelangsungan hidup manusia.
Penelitian menunjukkan bahwa ekosistem yang lebih beragam lebih mampu menahan tekanan lingkungan dan akibatnya lebih produktif. Hilangnya spesies demikian cenderung mengurangi kemampuan sistem untuk mempertahankan dirinya atau untuk pulih dari kerusakan atau gangguan. Sama seperti spesies dengan keragaman genetik yang tinggi, suatu ekosistem dengan keanekaragaman hayati yang tinggi mungkin memiliki kesempatan lebih besar untuk beradaptasi dengan perubahan lingkungan. Dengan kata lain, semakin banyak spesies yang terdiri dari suatu ekosistem, semakin stabil ekosistem adalah mungkin. Mekanisme yang mendasari efek ini sangat kompleks dan diperebutkan. Namun, hal itu telah menjadi jelas bahwa ada efek nyata ekologis keanekaragaman hayati.

2. Peran ekonomi keanekaragaman hayati

Untuk semua manusia, keanekaragaman hayati pertama sumber daya bagi kehidupan sehari-hari. Salah satu bagian penting dari keanekaragaman hayati adalah “keanekaragaman tanaman,” yang juga disebut agrobiodiversitas.
Kebanyakan orang melihat keanekaragaman hayati sebagai reservoir sumber daya yang harus menjadi dasar rumusan untuk pembuatan makanan, farmasi, dan produk kosmetik. Konsep pengelolaan sumber daya hayati mungkin menjelaskan sebagian besar kekhawatiran hilangnya sumber daya yang terkait dengan erosi keanekaragaman hayati. Namun, itu juga merupakan asal dari konflik baru berurusan dengan aturan pembagian dan perampasan sumber daya alam.
Beberapa komoditas ekonomi yang penting yang memasok keanekaragaman hayati bagi umat manusia adalah:
·         Makanan: tanaman, peternakan, kehutanan, dan ikan;
·         Obat: spesies tanaman liar telah digunakan untuk tujuan pengobatan sejak sebelum awal sejarah yang tercatat. Misalnya, kina berasal dari pohon kina (digunakan untuk mengobati malaria), digitalis dari tanaman foxglove (masalah jantung kronis), dan morfin dari tanaman poppy (penghilang rasa sakit). Menurut National Cancer Institute, lebih dari 70 persen dari obat anti-kanker yang menjanjikan berasal dari tanaman di hutan hujan tropis. Hewan juga mungkin memainkan peran, khususnya dalam penelitian. Diperkirakan bahwa dari 250.000 spesies yang dikenal, hanya 5.000 telah diteliti untuk kemungkinan aplikasi medis.
·         Industri: misalnya, serat untuk pakaian, kayu untuk tempat tinggal dan kehangatan. Keanekaragaman hayati dapat menjadi sumber energi (seperti biomassa). Produk industri lainnya adalah minyak, pelumas, parfum, wewangian, pewarna, kertas, lilin, karet, lateks, resin, racun, dan gabus, yang semuanya dapat berasal dari berbagai spesies tanaman. Pasokan dari asal hewan termasuk wol, sutra, bulu, kulit, pelumas, dan lilin. Hewan juga dapat digunakan sebagai modus transportasi.
·         Pariwisata dan rekreasi: keanekaragaman hayati merupakan sumber kekayaan ekonomis bagi banyak daerah, seperti banyak taman dan hutan, di mana alam liar dan hewan merupakan sumber keindahan dan sukacita bagi banyak orang. Ekowisata, khususnya, adalah kegiatan rekreasi di luar ruangan tumbuh.
Ekologi dan lingkungan adalah yang pertama untuk bersikeras pada aspek ekonomi perlindungan keanekaragaman hayati. Dengan demikian, EO Wilson menulis pada tahun 1992 bahwa keanekaragaman hayati merupakan salah satu hartamu lebih besar dari planet ini, meskipun beberapa mengenalinya seperti itu.
Estimasi nilai keanekaragaman hayati adalah prasyarat untuk setiap diskusi tentang distribusi kekayaan keanekaragaman hayati. Nilai ini dapat dibagi menjadi nilai guna (langsung seperti pariwisata maupun tidak langsung seperti penyerbukan) dan non-penggunaan atau nilai intrinsik.
Jika sumber daya hayati merupakan kepentingan ekologis bagi masyarakat, nilai ekonomi mereka juga meningkat. Produk baru dikembangkan karena bioteknologi, dan pasar baru yang diciptakan. Bagi masyarakat, keanekaragaman hayati juga merupakan bidang kegiatan dan keuntungan. Hal ini membutuhkan setup manajemen yang tepat untuk menentukan bagaimana sumber daya tersebut akan digunakan. Sebagian besar spesies belum dievaluasi untuk kepentingan ekonomi mereka saat ini atau masa depan.

3. Peran Ilmiah keanekaragaman hayati

Secara ilmiah, keanekaragaman hayati adalah penting karena setiap spesies dapat memberikan para ilmuwan beberapa petunjuk mengenai bagaimana kehidupan berevolusi dan akan terus berkembang di bumi. Selain itu, keanekaragaman hayati membantu ilmuwan memahami bagaimana fungsi kehidupan dan peran masing-masing spesies dalam mempertahankan ekosistem.

4. Peran Etika keanekaragaman hayati

Ada komponen etis untuk keanekaragaman hayati jika manusia menganggap bahwa spesies lain memiliki hak intrinsik untuk ada. Ecophilosophies seperti ekologi yang mendalam menyatakan bahwa pengakuan hak intrinsik ini membuatnya yang salah secara moral untuk secara sukarela menyebabkan kepunahan. Tingkat keanekaragaman hayati merupakan indikator yang baik dari keadaan hubungan kita dengan makhluk hidup lainnya. Keanekaragaman hayati juga merupakan bagian dari warisan spiritual banyak budaya ‘.

0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya