Home » » Apakah Monosit itu ?

Apakah Monosit itu ?

      Monosit adalah jenis leukosit atau sel darah putih yang berperan dalam fungsi sistem kekebalan tubuh. Tergantung pada tingkat kesehatan pasien, monosit membuat antara satu sampai tiga persen dari jumlah sel darah putih dalam tubuh. Monosit dapat dianggap sebagai bagian dari tes darah, dan perubahan tingkat monosit dapat menunjukkan perubahan dalam kesehatan pasien. Sebagai aturan umum, jumlah monosit rendah adalah pertanda baik, dan jumlah yang tinggi monosit menunjukkan bahwa hadir suatu masalah.
     Sel-sel monosit dibuat di sumsum tulang, dan monosit menyebar ke seluruh tubuh dalam satu sampai tiga hari. Monosit dapat berkembang menjadi baik sel dendritik atau makrofag. Sel dendritik milik sekelompok sel yang dikenal sebagai sel penyaji antigen, karena mereka memperoleh antigen dan menunjukkan mereka untuk sel T sehingga sel-sel T belajar mengenali antigen berbahaya. Sel dendritik antigen biasanya hadir untuk sel T sebelum mereka sepenuhnya dikembangkan, sehingga sel T dapat merespon dengan tepat setelah itu telah menunjukkan antigen.

Makrofag adalah sel yang memakan sel-sel lain. Secara klasik, makrofag menyerang setiap bahan asing, seperti bakteri atau virus, mengkonsumsi itu sehingga tidak dapat melukai tubuh dan mempertahankan antigen sehingga tubuh akan mampu mengenali bahan asing di masa depan. Makrofag juga bisa makan sel-sel dalam tubuh yang telah terinfeksi oleh patogen, untuk mencegah penyebaran patogen dan menjaga tubuh tetap sehat.

Tingkat monosit dalam darah cenderung naik ketika seseorang mengalami infeksi, karena lebih banyak sel-sel monosit yang diperlukan untuk melawan infeksi. Monosit juga dapat meningkat dalam respon terhadap stres dan faktor lainnya. Sebuah jumlah monosit yang tinggi dapat disebut sebagai monositosis, dan itu biasanya ditangani dengan menentukan mengapa hitungan begitu tinggi, dan mengatasi masalahnya. Sebagai contoh, jika monosit yang meningkat karena peradangan yang disebabkan oleh infeksi virus, pasien akan diberi obat untuk membunuh virus dan menurunkan peradangan.

Biasanya, ketika jumlah monosit diminta, laboratorium juga akan menjalankan tes lain pada darah untuk menghasilkan gambaran yang lengkap. Nilai-nilai normal dapat bervariasi, sehingga penting bagi pasien untuk mendiskusikan hasil tes darah dengan dokter, daripada mencoba untuk mencoba menebat teka-teki mereka sendiri. Karena banyak hal yang dapat menyebabkan nilai yang tinggi monosit, memiliki jumlah yang tinggi tidak selalu menjadi perhatian utama.

0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya