Home » » Apakah Fungsi dari Limfa ?

Apakah Fungsi dari Limfa ?

       Limfa (atau getah bening) adalah cairan yang bening kekuningan yang ditemukan di seluruh tubuh. Limfa bersirkulasi melalui jaringan tubuh mengambil lemak, bakteri, dan bahan-bahan yang tidak diinginkan lainnya, dan menyaring mereka keluar melalui sistem limfatik. Kadang-kadang mungkin untuk melihat cairan limfa, misalnya pada saat terluka, itu bukan darah. Limfa bersirkulasi melalui tubuh merupakan bagian penting dari kesehatan sistem kekebalan tubuh.


Cairan linfa mengandung sel darah putih, yang dikenal sebagai limfosit, bersama dengan konsentrasi kecil sel darah merah dan protein. Limfa beredar secara bebas melalui tubuh, sel-sel yang terendam membutuhkan nutrisi dan oksigen sementara itu limfa mengumpulkan bahan berbahaya untuk pembuangan. Kita bisa menganggap limfa ini sebagai tukang susu dalam tubuh, mengantarkan persediaan segar dan mengambil botol dibuang untuk pengolahan di tempat lain.
Limfa (atau getah bening) adalah cairan yang bening kekuningan yang ditemukan di seluruh tubuh. Limfa bersirkulasi melalui jaringan tubuh mengambil lemak, bakteri, dan bahan-bahan yang tidak diinginkan lainnya.

Saat limfa atau getah bening beredar, itu ditarik ke dalam sistem limfatik, jaringan luas pembuluh dan kapiler yang dihubungkan ke kelenjar getah bening, nodul kecil yang bertindak sebagai filter untuk perangkap zat yang tidak diinginkan. Node juga memproduksi lebih banyak sel darah putih, menyegarkan cairan sebelum dipompa kembali ke dalam tubuh. Cairan limfa mungkin tidak mencolok seperti darah, tetapi terkait dengan sistem yang sama kompleks dan sebagai hiasan pembuluh darah.
Limfa juga menjelaskan mengapa hal-hal seperti tembakan intramuskular di tempat kerja praktek dokter. Ketika seorang profesional medis menyuntikkan zat ke dalam jaringan otot, itu dijemput oleh cairan tersebut dan kemudian perlahan-lahan disaring ke dalam aliran darah. Ketika orang memakai pakaian ketat atau jika sirkulasi mereka sebaliknya terhambat, cairan dapat terbentuk dalam jaringan, menyebabkan edema, suatu kondisi yang dapat menjadi menyakitkan dan berbahaya. Edema terjadi ketika getah bening tidak dapat beredar untuk menarik cairan tersebut keluar.
Sistem limfatik kadang-kadang dapat digunakan sebagai alat diagnostik untuk membantu dokter memahami penyakit. Kelenjar getah bening dapat dibiopsi, misalnya, untuk mengumpulkan bukti tentang agen bakteri dan racun dalam tubuh pasien. Beberapa jenis badan mesin (bodywork ) juga dirancang untuk meningkatkan sirkulasi getah bening yang sehat untuk mendorong drainase dan jaringan sehat. Pijat limfatik dan jenis lain dari badan mesin memerlukan pelatihan khusus, sebagai terapis pijat secara tidak sengaja dapat menyebabkan limfedema, kumpulan cairan di anggota badan, yang dapat menjadi berbahaya dan sangat menyakitkan.

0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya