Home » » 4 Klasifikasi Arthropoda

4 Klasifikasi Arthropoda

Arthropoda dibagi menjadi kelompok-kelompok dasar sebagai berikut:



Kelabang dan kaki seribu (miriapoda) – Ada lebih dari 13.000 spesies kelabang dan kaki seribu hidup hari ini. Anggota kelompok ini termasuk lipan-lipan, symphylans, dan pauropoda. Kelabang dan kaki seribu adalah serangga terestrial terkenal karena fakta bahwa mereka memiliki banyak pasang kaki (dari lima pasang hingga beberapa ratus pasang).

Chelicerates (Keliserata) – Ada sekitar 77.000 spesies Keliserata hidup hari ini. Anggota kelompok ini termasuk laba-laba, tungau, kalajengking, kepiting tapal kuda, harvestmen, dan kutu. Keliserata memiliki spesialisasi mulut dikenal sebagai kelisera, yang memungkinkan anggota awal kelompok untuk memberi makan pada hewan lain. Keliserata modern telah terdiversifikasi banyak sejak itu dan sekarang termasuk tidak hanya predator, tetapi juga parasit, pemulung, herbivora, dan detritivor.

Crustacea (krustasea) – Ada sekitar 67.000 spesies krustasea yang hidup saat ini. Anggota kelompok ini termasuk krill, udang, teritip, kepiting, lobster, dan udang karang. Krustasea memiliki tubuh yang terbagi menjadi tiga segmen, kepala, dada, dan perut. Kebanyakan krustasea hewan air, tetapi ada juga beberapa spesies darat dan bahkan beberapa spesies perasitic.

Hexapods (Heksapoda) – Ada lebih dari 1.000.000 spesies dijelaskan dari Heksapoda hidup hari ini, yang sebagian besar adalah serangga. Anggota dari kelompok ini termasuk serangga dan springtails. Heksapoda memiliki tubuh terdiri dari tiga bagian (kepala, dada, dan perut) dan tiga pasang kaki.

0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya