Home » » Bagian - bagian Ginjal

Bagian - bagian Ginjal

    Tubuh manusia normal termasuk dua ginjal. Struktur ini berbentuk kacang merah tua berada di belakang rongga perut antara tulang rusuk yang lebih rendah dan pinggang. Ginjal kanan terletak sedikit lebih rendah dari kiri.
Ginjal bekerja untuk menyaring cairan dalam tubuh, menghilangkan racun dan limbah ketika kembali zat-zat yang dibutuhkan untuk darah. Mereka mempertahankan kemurnian cairan dalam tubuh dan mengeluarkan limbah dan kelebihan cairan melalui urin. Selain itu, ginjal membantu untuk mengontrol tekanan darah, memproduksi hormonyang dibutuhkan untuk pembentukan sel darah merah dan membantu metabolisme vitamin D menjadi bentuk aktifnya.
Bagian Ginjal Manusia
Satu sisi ginjal normal adalah cembung, atau menggembung ke luar, sementara yang lain adalah cekung, atau menjorok. Setiap ginjal dewasa beratnya sekitar 150g, menurut teks “Anatomi dan Fisiologi Manusia,” dan dikelilingi oleh tiga lapisan jaringan yang mendukung dan pelindung. Kapsul ginjal terdiri dari lapisan terdalam dan menyediakan penghalang terhadap infeksi. Lapisan tengah lemak membantu untuk menahan ginjal di tempat, sedangkan lapisan luar padat jangkar jaringan fibrosa kedua ginjal dan kelenjar adrenal yang terkait.
Anatomi internal
Ginjal dibagi menjadi tiga wilayah: korteks, medula dan pelvis. Korteks ginjal terletak di daerah cembung luar dan memiliki penampilan granular berwarna terang. Semakin gelap medulla ginjal dibentuk menjadi piramida, yang mengalir ke tabung berbentuk corong yang disebut renal pelvis pada sisi cekung. Pelvis ginjal kemudian mengarah ke ureter, akhirnya mengalir ke kandung kemih.
Setiap piramida meduler dan korteks sekitarnya terdiri dari satu ginjal tujuh sampai sembilan lobus. Setiap lobus kemudian mengalir ke suatu daerah yang disebut kelopak dan kemudian ke renal pelvis. Daerah antara piramida disebut kolom ginjal.
Suplai Darah
Karena ginjal bekerja untuk terus menyaring darah, mereka masing-masing dipasok oleh pembuluh darah besar yang disebut arteri ginjal. Arteri ini kemudian bercabang ke pembuluh yang lebih kecil dan memasuki masing-masing lobus ginjal, akhirnya menembus sampai ke korteks. Setelah darah disaring, kemudian kembali ke jantung melalui vena ginjal.
Nefron
Setiap ginjal mengandung sekitar 1 juta unit pengolahan darah mikroskopis yang disebut nefron, menurut Urologi-textbook.com. Setiap nefron terdiri dari glomerulus, pembuluh darah, kapsul dan tubulus yang semuanya bekerja sama untuk menyaring limbah dari darah dan kemudian kembali zat-zat yang diperlukan kembali ke darah. Limbah dan cairan ekstra kemudian membentuk urin.
Sistem urin
Sementara ginjal adalah pekerja keras buang air limbah, mereka hanya bagian dari sistem urin. Sisa dari sistem ini terdiri dari ureter berpasangan, kandung kemih dan uretra. Ureter mengalirkan urin ke kandung kemih dimana urin disimpan. Uretra kemudian membawa urin dari kandung kemih ke luar tubuh.

0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya