Home » » Ciri-ciri Arthropoda

Ciri-ciri Arthropoda


     Anda tinggal bersama Arthropoda hampir setiap hari, bahkan pada bulan-bulan musim hujan yang sangat dingin! Arthropoda ada dimana-mana dan merupakan filum hewan terbesar – sekitar 85% dari semua binatang yang dikenal di dunia adalah bagian dari kelas Arthropoda.
Ciri-ciri Arthropoda
1.    Tubuh tersegmentasi. Ini berarti bahwa mereka akan memiliki tubuh yang terdiri dari lebih dari satu bagian. Laba-laba memiliki dua segmen dan lalat memiliki tiga segmen.
2.    Banyak kaki bersendi atau anggota badan. Laba-laba memiliki 8 kaki, kaki seribu dapat memiliki … Ratusan! lalat memiliki tiga segmen.
3.    Sebuah eksoskeleton. Ini adalah kerangka eksternal. Seperti baju besi, melindungi tubuh arthropoda. Ketika arthropoda lahir eksoskeleton yang lembut tapi mengeras dengan cepat dan dapat ditumpahkan saat makhluk tumbuh. Arthropoda adalah invertebrata, yang berarti bahwa mereka tidak memiliki tulang belakang.
4.    berdarah dingin. Arthropoda adalah berdarah dingin – yang berarti, suhu tubuh mereka tergantung pada suhu lingkungan sekitar mereka. Arthropoda adalah beberapa hewan paling menarik di dunia!
5.    habitat. Arthropoda yang di seluruh dunia dalam distribusi mereka dan menempati berbagai habitat termasuk laut dalam, perairan pesisir, habitat darat, sungai dan sungai air tawar, hutan, gurun, semak belukar, dan padang rumput.
Mereka terbang, mereka merayap, dan mereka merangkak. Mereka hidup di darat, pada kolam dan di laut. Dari semut ke lebah, kepiting untuk udang karang, laba-laba untuk kelabang – yang merupakan favoritmu!?
Arthropoda adalah kelompok hewan invertebrata yang mencakup lipan, laba-laba, tungau, kepiting tapal kuda, kalajengking, serangga dan krustasea. Ada lebih dari satu juta spesies yang dikenal arthropoda dan jutaan lagi yang belum diberi nama. Para ilmuwan memperkirakan mungkin ada sebanyak 30 juta spesies arthopoda (yang sebagian besar adalah serangga). Arthropoda adalah kelompok yang sangat sukses dari hewan. Mereka berevolusi lebih dari 500 juta tahun yang lalu dan masih akan kuat. Mereka telah dijajah berbagai luas relung ekologi di seluruh dunia dan telah berkembang menjadi banyak bentuk.
Arthropoda sangat beragam. Ini adalah yang terbesar dari semua filum hewan dan menyumbang lebih dari tiga perempat dari semua organisme hidup dan fosil saat ini dikenal. Jumlah pasti hidup spesies arthropoda tidak diketahui karena banyak yang belum diidentifikasi, terutama yang menghuni hutan hujan tropis.
Eksoskeleton arthropoda adalah struktur eksternal yang keras terbuat dari kitin yang melindungi arthropoda, mencegah desikasi dan memberikan dukungan struktural. Karena eksoskeleton yang kaku, tidak dapat tumbuh dengan arthropoda dan harus berganti baju berkala untuk memungkinkan peningkatan ukuran. Setelah ganti kulit, exoskeleton baru disekresikan oleh epidermis. Otot terhubung ke eksoskeleton dan memungkinkan hewan untuk mengontrol pergerakan sendi nya.
Struktur otot arthropoda lebih kompleks daripada kebanyakan invertebrata lainnya. Arthropoda memiliki pita jaringan otot membujur dan melingkar serta saraf terisolasi yang bersama-sama memungkinkan berbagai gerakan. Selain itu, arthropoda memiliki sistem saraf yang berkembang dengan baik. Lebih banyak arthropoda canggih, sistem saraf terdiri dari otak dan tali saraf ganda. Arthropoda lebih primitif tidak punya otak tetapi memiliki ganglia baik yang terletak di setiap segmen tubuh mereka atau massa ganglionik dekat kepala.
Arthropoda pertama kali muncul selama Periode Cambrian awal. Mereka diduga telah berevolusi dari Annelida antara 500 dan 600 juta tahun yang lalu. Mungkin arthropoda awal paling dikenal adalah Triolobites, makhluk yang hidup di dasar berlumpur lingkungan laut dangkal. Trilobita menghilang sekitar 225 juta tahun yang lalu selama Periode Permian. Alasan kepunahan mereka tidak diketahui. Hewan darat pertama adalah arthropoda myriapod. Berdasarkan bukti fosil, arthropoda ini dibutuhkan untuk hidup di darat antara 490 dan 443 juta tahun yang lalu.

0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya