Home » » Ciri-ciri Reptil

Ciri-ciri Reptil

     Reptil adalah tetrapoda. Reptil tanpa kaki (ular dan squamata lainnya) memiliki kaki vestigial (peninggalan) dan, seperti dengan sesilia, diklasifikasikan sebagai tetrapoda karena mereka adalah keturunan dari nenek moyang berkaki empat. Telur reptil tergeletak di tanah tertutup dalam kerang. Bahkan reptil air kembali ke tanah untuk bertelur. Mereka biasanya bereproduksi secara seksual dengan pembuahan internal. Beberapa spesies ini adalah ovovivipar, dengan telur yang tersisa dalam tubuh ibu sampai mereka siap untuk menetas. Spesies lain ini adalah vivipar, dengan keturunannya yang lahir hidup.
Salah satu adaptasi kunci yang mengijinkan reptil hidup di darat adalah perkembangan dari kulit bersisik mereka yang berisi protein keratin dan lipid lilin, mengurangi kehilangan air dari kulit. Karena kulit oklusif ini, reptil tidak dapat menggunakan kulit mereka untuk respirasi, seperti halnya amfibi, semua bernapas dengan paru-paru.
Reptil adalah ektoderm: hewan yang sumber utama panas tubuh berasal dari lingkungan (Gambar 1). Hal ini berbeda dengan endotermik, yang menggunakan panas yang dihasilkan oleh metabolisme untuk mengatur suhu tubuh. Selain menjadi ektotermik, reptil dikategorikan sebagai poikilotherm: hewan yang tubuhnya suhu bervariasi daripada tetap stabil. Reptil memiliki adaptasi perilaku untuk membantu mengatur suhu tubuh, seperti berjemur di tempat yang cerah untuk menghangatkan dan menemukan tempat teduh atau pergi bawah tanah untuk mendinginkan.
Keuntungan dari ektoderm adalah bahwa energi metabolisme dari makanan tidak diperlukan untuk memanaskan tubuh, sehingga reptil dapat bertahan hidup sekitar 10 persen dari kalori yang dibutuhkan oleh endoderm berukuran sama. Dalam cuaca dingin, beberapa reptil, seperti ular garter (jenis ular dari genus Thamnophis terdapat di balik batu dan antar rumput di taman di Amerika Utara), brumate. Brumation mirip dengan hibernasi yang hewan menjadi kurang aktif dan bisa pergi untuk waktu yang lama tanpa makan, tetapi berbeda dari hibernasi dalam reptil brumating tidak tidur atau hidup dari cadangan lemak. Sebaliknya, metabolisme mereka diperlambat dalam menanggapi suhu dingin, hewan menjadi sangat lamban.
Ringkasan Ciri-ciri Reptil
1.    Semua reptil, termasuk yang mahluk air, bertelur di darat.
2.    Reptil bereproduksi secara seksual melalui fertilisasi internal, beberapa spesies ovovivipar (bertelur) dan lain-lain ini adalah vivipar (kelahiran bayi).
3.    Karena pengembangan kedap air, kulit bersisik, reptil mampu bergerak ke daratan karena kulit mereka tidak dapat digunakan untuk respirasi dalam air.
4.    Reptil adalah ektoderm: mereka bergantung pada lingkungan sekitar mereka untuk mengontrol suhu tubuh mereka, hal ini menyebabkan keuntungan, seperti tidak tergantung pada energi metabolik dari makanan untuk panas tubuh.
5.    Reptil juga poikiloderm: hewan yang tubuhnya suhu bervariasi bukannya tetap stabil.
6.    Beberapa reptil masuk ke brumation: jangka waktu yang panjang selama cuaca dingin yang terdiri dari tidak makan dan metabolisme menurun.

0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya