Home » » Ciri Cacing Pipih Platyhelminthes

Ciri Cacing Pipih Platyhelminthes

    Hewan-hewan paling sederhana yang simetris bilateral dan triploblastik (terdiri dari tiga lapisan sel dasar) adalah Platyhelminthes, yang pipih. Cacing pipih tidak memiliki rongga tubuh selain usus (dan bentuk-bentuk hidup bebas terkecil bahkan mungkin tidak memiliki itu!) Dan kurang memiliki anus, faring sama membuka kedua mengambil dalam makanan dan mengusir limbah. Karena tidak adanya rongga tubuh lainnya, dalam cacing pipih yang lebih besar usus sering sangat bercabang untuk mengangkut makanan ke seluruh bagian tubuh. Kurangnya rongga juga membatasi cacing pipih menjadi datar, mereka harus bernafas dengan difusi, dan tidak ada sel dapat terlalu jauh dari luar, membuat bentuk pipih yang diperlukan.
Ciri Cacing Pipih Platyhelminthes. Hewan-hewan paling sederhana yang simetris bilateral dan triploblastik (terdiri dari tiga lapisan sel dasar) adalah Platyhelminthes, yang pipih.
Cacing pipih dulunya dibagi menjadi tiga kelompok. Turbellaria sebagian besar hidup bebas termasuk planaria, dugesia, yang ditunjukkan di atas, ini ditemukan di lautan, di air tawar, dan habitat darat lembab, dan beberapa bersifat parasit. Ini Trematoda, atau Cacing, semua parasit, dan memiliki siklus hidup yang kompleks khusus untuk parasitisme dalam jaringan hewan. Anggota dari satu takson utama cacing, adalah Digenea – yang kebetulan meliputi paru-paru manusia digambarkan di sebelah kanan – melewati beberapa tahap remaja yang parasit dalam satu, dua, atau lebih host intermediate sebelum mencapai usia dewasa, pada saat itu mereka parasit host definitif. Ini Cestoda, atau cacing pita, adalah parasit usus pada vertebrata, dan mereka juga menunjukkan anatomi dan sejarah hidup modifikasi untuk parasitisme.
Sekarang tampaknya mungkin bahwa dua yang pertama dari kelompok-kelompok ini parafiletik, yaitu, mereka mengandung beberapa tapi tidak semua keturunan dari nenek moyang yang sama. Studi molekuler terbaru menunjukkan bahwa Platyhelminthes secara keseluruhan bahkan mungkin polifiletik, setelah muncul sebagai dua kelompok independen dari kelompok leluhur yang berbeda. Jika pandangan yang terakhir ini benar, maka sebagian besar cacing pipih mungkin milik Lofotrokhozoa, kelompok besar dalam kerajaan hewan yang meliputi moluska dan cacing tanah, sedangkan sisanya milik dekat dasar keanekaragaman hewan.
Platyhelminthes hampir tidak memiliki catatan fosil. Beberapa jejak fosil telah dilaporkan yang mungkin dibuat oleh platyhelminthes (Alessandrello et al., 1988), dan telur fosil trematoda telah ditemukan pada mumi Mesir dan di kotoran kering dari Pleistosen tanah sloth. Larva trematoda yang parasit pada moluska dapat meninggalkan lubang atau bintik tipis pada bagian dalam cangkang, dan lubang-lubang ini bisa dikenali pada fosil kerang. Jika moluska teriritasi oleh adanya larva trematoda, itu mungkin dapat mengelilingi mereka dengan lapisan bahan yg mirip kerang – dan dengan demikian parasit menjadi mutiara alam.


Ringkasan Ciri-ciri Cacing Pipih :



a. Tubuh pipih dan tidak berbuku-buku.
b. Sistem pencernaan dengan gastrovaskuler.
c. Sistem pencernaan tidak sempurna (tidak memiliki anus).
d. Sistem transportasi secara difusi melalui seluruh permukaan tubuh.
e. Sistem saraf dengan ganglion.
f. Sistem ekskresi menggunakan sel api.
g. Tidak memiliki sistem peredaran darah.
h. Berespirasi secara difusi melalui seluruh permukaan tubuhnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya