Home » » Untung Ruginya Memakai Facebook

Untung Ruginya Memakai Facebook

  •          Pernahkah Anda merasa kesal ketika membuka akun Anda di Facebook sampai Anda ingin menghapus atau menghentikan sementara akun Anda? Entah karena melihat teman-teman Anda mejeng, entah karena Anda tidak mendapat acungan jempol bagi tulisan Anda. Di zaman serba internet ini hampir semua orang memiliki akun di Facebook. Banyak keuntungan yang kita dapat melalui Facebook, namun juga banyak kerugiannya. Marilah kita amati di bawah ini apa saja keuntungan dan kerugian memakai Facebook.
  • Keuntungan

             Bayangkan sebelum ada Facebook Anda mungkin cuma bisa bertanya ke sana kemari kalau ingin tahu nasib teman lama Anda yang sudah berpuluh tahun tidak berjumpa. Sekarang tinggal ketik namanya dan klik, Anda bisa menemukan akunnya, melihat foto-fotonya dan berbincang-bincang menggali kenangan lama. Saya sendiri mempunyai teman sekolah yang akrab namun sudah lama sekali tidak pernah bertemu. Sebelum menikah saya pindah ke kota lain, awalnya kami gencar berkirim-kiriman surat dan setiap saya pulang ke kota asal untuk menengok ibu saya, selalu saya sempatkan mampir ke rumah sahabat saya ini. Karena satu dan lain hal sejak saya menikah kami tidak lagi berhubungan. Sesudah berpuluh tahun lewat dan kami tinggal di negeri yang berlainan, saya sering memikirkan bagaimana keadaannya, kadang-kadang saya bertanya kepada teman lain. Sebetulnya teman yang ini sudah memberi nomor telepon sahabat saya, namun saya ragu-ragu, apa yang akan saya katakan di telepon. Begitulah saya cuma bertemu dalam mimpi sampai akhirnya saya "bertemu" dia di Facebook. Saya melihat foto anak-anaknya yang sudah dewasa dan berumah tangga sendiri. Saya melihat fotonya bersama cucu-cucunya. Sungguh saya merasa berterima kasih kepada Facebook.
    Keuntungan lain, Anda dapat menemukan keterangan berguna atau resep makanan yang dibagikan oleh teman Anda. Anda juga dapat menyampaikan ucapan selamat ulang tahun atau hari raya tanpa harus membeli kartu dan membayar prangko.
  • Kerugian

             Facebook mungkin sering membuat Anda kesal hati karena menjadi ajang buat pamer. Tidak ada salahnya sih, Anda pergi liburan, mengambil foto-foto Anda berlatar belakang pemandangan yang cantik, lalu memasangnya di Facebook. Atau Anda baru beli BMW keluaran tahun terakhir dan ingin membagikan berita gembira ini kepada teman-teman Anda. Jadi Anda bergaya super model di depan mobil dan ceklik, semua orang bisa melihat betapa mewahnya BMW Anda. Tetapi bagi yang hidup sederhana tentu makin merasakan kemiskinannya melihat semua itu.
    Berapa banyak teman Anda, berapa banyak orang yang memberi acungan jempol setiap Anda menulis sesuatu. Ada orang yang begitu berambisi ingin terlihat populer ketika setiap orang yang minta jadi teman dia tambahkan ke akunnya, bahkan selebriti dia tambahkan. Yang seperti ini merasa bangga punya teman 1000. Bayangkan kalau teman Anda cuma dua tentu Anda merasa kalah bersaing.
    Seorang wanita yang sedang jatuh cinta menulis betapa tidak sabarnya dia menunggu hari esok, hari pernikahannya. Kemudian dia memuat foto bulan madunya di Hawaii, Italia dan entah di mana lagi. Belum menginjak dua tahun pernikahan itu bubar, cintanya menguap seperti embun pagi kena terik matahari.
    Banyak guru di Amerika yang kehilangan pekerjaannya gara-gara memasang foto di Facebook. Ada yang sedang berlibur ke Dublin dan minum bir Guiness lalu memasang fotonya di Facebook. Dia dipecat karena ada orang tua murid yang melaporkan bahwa itu bukan teladan yang baik. Ada pula guru yang mempunyai pekerjaan sampingan fotomodel, kebetulan ada yang memasang fotonya di Facebook ketika dia memperagakan baju tidur, langsung dia dipecat.
    Kalau Facebook disalahgunakan menjadi ajang perselingkuhan dengan mantan pacar atau siapa pun.

    Sekian Dari Saya Semoga Bermanfaat Dan Terima Kasih

0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Arsip Blog