Home » » Apa Itu Penyakit Maag? dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Apa Itu Penyakit Maag? dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Micro Cyber 2 - Pada kesempatan kali ini saya akan mengajak sobat semua untuk membahas tentang kesehatan yaitu mengenai salah satu penyakit pada lambung yang sering kita sebut sebagai penyakit maag. Penyakit ini sebenarnya terlihat sepele tetapi efek yang ditimbulkan sangatlah fatal lho sob .. Okelah langsung saja kita bahas tentang penyakit ini.

Apa Itu Penyakit Maag? dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Apa itu Penyakit Maag?
Penyakit maag adalah gejala penyakit yang menyerang lambung, yang terjadi karena adanya luka atau peradangan pada organ lambung sehingga menimbulkan sakit, mulas, dan perih pada perut.

Apakah Asam Lambung Menjadi Penyebab Sakit Maag?
Penyebab sakit maag sering tidak diperhatikan penderitanya, sehingga pada saat penyakit maag menyerang akan sulit disembuhkan karena apa yang menjadi penyebab sakit maag tidak dipantang. Secara umum penyakit maag sangat berhubungan dengan asam lambung. Pada dinding lambung terdapat kelenjar – kelenjar mukosa yang mengeluarkan cairan enzim dan asam lambung, yang akan menghaluskan makanan pada saat dihancurkan atau dicerna oleh lambung. Sebenarnya tubuh sangat membutuhkan asam lambung dalam rangka penyerapan zat gizi oleh tubuh agar lebih optimal.

Asam lambung terus diproduksi baik pada saat makan maupun pada saat istirahat atau tidur, namun porsi dari asam lambung lebih sedikit ketika tidak sedang makan. Yang perlu diketahui, asam lambung itu bersifat korosif, namun dengan adanya lapisan penyangga pada dinding lambung yang secara teratur mengeluarkan ion bikarbonat, maka kondisi keasaman lambung tetap terjaga seimbang. Hal buruk akan terjadi jika keasaman lambung menjadi tinggi, ini akan terjadi peradangan yang disebut penyakit maag.

Bagaimana Sakit Maag Bisa Terjadi?
Sakit maag dapat terjadi karena adanya kerusakan pada sistem perlindungan dinding lambung sehingga cairan lambung yang sangat asam yang bersifat korosif langsung mengenai dinding lambung sehingga mengakibatkan peradangan ( inflamasi ).

Berikut ini adalah hal - hal yang dapat memicu peningkatan asam lambung yang merupakan penyebab penyakit maag yang sobat rasakan :

1. Terganggunya system syaraf pada lambung, bisa dikarenakan factor psikologis. Misalnya stress, karena sistem syarat otak berhubungan dengan lambung, stress akan mengakibatkan peningkatan asam lambung sehingga akan menimbulkan peradangan pada lambung menjadi sakit maag.
2. Secara anatomi terdapat luka atau tumor.
3. Pola makan yang tidak teratur sehingga terjadi peningkatan asam lambung yang tidak seimbang yang pada akhirnya mengiritasi dinding lambung dan menjadi sakit maag.
4. Konsumsi alkohol dan kopi yang berlebihan, ini membuat dinding lambung menjadi terlalu sensitive terhadap asam lambung sehingga terjadi peradangan pada dinding lambung yang memperburuk penyakit maag.
5. Merokok. Bagi penderita sakit maag yang perokok akan mengalami komplikasi karena dengan merokok maka akan terjadi penurungan zat kekebalan tubuh ( antibody ) sehingga akan memperburuk kondisi penyakit maag.
6. Pemakaian obat penghilang rasa nyeri yan berlangsung dalam jangka waktu lama. Obat ini mempunyai efek samping yang merugikan lambung, yaitu akan merusak ketahanan pelindung dinding lambung, sehingga apabila asam lambung langsung mengenai dinding lambung akan mengakibatkan peradangan pada lambung yang dikenal dengan penyakit maag.
Demikianlah beberapa hal yang menjadi penyebab penyakit maag yang wajib kita ketahui agar kita dapat menghindarinya.

Penyakit Maag

Apa Saja Sih Tanda - Tanda Sakit Maag?
Sebenarnya penyakit maag mempunyai ciri - ciri khusus atau gejala maag yang membedakan dengan penyakit lainnya. Pada organ dalam sekitar perut memiliki tugas dan fungsi yang berbeda - beda, sehingga apabila masing - masing organ tubuh tersebut mengalami masalah tentunya akan menimbulkan penyakit yang berbeda, gejalanya pun berbeda dan tidak sama dengan gejala sakit maag.

Kadang - kadang orang merasakan adanya tanda - tanda sakit maag, namun sebenarnya merupakan gejala penyakit lain karena yang diserang adalah bagian yang lain. Jadi untuk memastikan apakah gejala yang dirasakan itu merupakan tanda - tanda sakit maag atau bukan , sebaiknya diperiksakan saja ke dokter.

Berikut ini adalah tanda - tanda sakit maag atau gejala maag yang biasa dirasakan oleh penderita penyakit maag :

1. Sakit saat buang air besar
2. Mual dan muntah
3. Sering merasa lapar
4. Perut kembung
5. Nyeri yang terasa perih pada perut dan dada
6. Sering bersendawa

Gejala penyakit maag di atas sebenarnya terjadi karena adanya peningkatan asam lambung, karena berbagai penyebab seperti makanan pemicu asam lambung. Dengan mengetahui gejala maag di atas, sobat dapat segera mengenali penyakit sobat, dan dapat lebih mudah mengobati agar tidak sering kambuh, tidak menjadi penyakit maag yang kronis dan akut.

Bagaimana Cara Mencegah Penyakit Maag?
Di sini mungkin kita harus kembali pada teorinya, untuk mempunyai tubuh yang sehat kita harus membiasakan diri dengan pola hidup sehat. Pola hidup sehat tidak terlepas dengan pola makan yang baik.

Berikut ini adalah beberapa tips yang sudah kami lakukan untuk menjaga agar kondisi perut lebih “ bersahabat” dan penyakit maag tidak kambuh lagi :

1. Makan teratur dengan porsi yang wajar.
2. Walaupun belum / di luar jam makan, apabila perut terasa lapar, tetap harus makan.
3. Tetap konsumsi makanan yang bergizi seperti buah – buahan dan sayuran.
4. Hindari stress.
5. Olah raga teratur dan istirahat cukup.
6. Hindari makanan yang pedas, asam dan hindari konsumsi kopi berlebihan. Banyak minum air putih, rutin setiap hari.


Lalu, Apa Saja Pantangan Sakit Maag?
Pantangan sakit maag sebenarnya ada banyak sekali, yang pertama adalah stress atau banyak pikiran. Itu adalah pantangan sakit maag yang pertama, sekeras apapun usaha kita untuk mengobati penyakit maag, kalau tidak dapat menghindari stress, rasanya sulit sekali untuk menyembuhkan penyakit ini.

Selanjutnya yang menjadi pantangan sakit maag adalah berasal dari faktor makanan. Ada banyak sekali jenis makanan yang merupakan pantangan sakit maag yang harus dihindari, seperti berikut ini :

1. Makanan yang banyak mengandung gas (seperti lemak, sawi, kol, nangka, pisang ambon, kedondong, buah yg dikeringkan dan minuman bersoda).
2. Makanan yang merangsang produksi asam lambung (seperti kopi, minuman beralkohol 5-20%, anggur putih dan sari buah sitrus).
3. Makanan yang sulit dicerna seperti makanan berlemak, kue tart, keju.
4. Makanan yang merusak dinding lambung seperti cuka, pedas, merica dan bumbu yg merangsang.
5. Makanan yang melemahkan klep kerongkongan bawah seperti alkohol, coklat, makanan tinggi lemak dan gorengan.
6. Makanan sumber karbohidrat seperti beras ketan, mie, bihun,serta dodol.

Penderita Sakit Maag Harus Makan Apa Dong?
Berikut ini adalah jenis makanan yang baik dikonsumsi untuk penderita penyakit maag :

1. Kentang
Sebagai sumber karbohidrat, kentang mampu memberikan rasa kenyang serta nyaman di perut sehingga merupakan makanan untuk penyakit maag. Bubur kentang atau jus kentang bermanfaat untu menetralisir asam lambung.
2. Pisang masak
Tidak salah jika pisang disebut sebagai makanan untuk penyakit maag yang baik. Kalium yang terkandung di dalam buah pisang bermanfaat untuk menyeimbangkan derajat keasaman di dalam lambung, sehingga asam lambung tetap dalam porsinya untuk membantu proses pencernaan. Pisang juga mampu menormalkan tekanan darah akibat stres.
3. Brokoli
Penderita penyakit maag juga dianjurkan mengkonsumsi brokoli. Ini juga dikenal sebagai jenis makanan untuk penyakit maag yang baik. Brokoli bermanfaat sebagai antioksidan yang melindungi lapisan kulit lambung.
4. Lidah buaya
Jus lidah buaya bermanfaat untuk mempercepat proses penyembuhan, penghilang rasa sakit dan merangsang pertumbunhan sel baru pada kulit.


Nah, itulah informasi tentang kesehatan mengenai salahsatu penyakit lambung/ maag. Semoga artikel diatas dapat menjadi manfaat untuk sobat semua, dan dapat lebih berhat-hati dengan apa yang akan terjadi penjakit diatas. Terimakasih~

0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Arsip Blog