Home » , , » Air Terjun Madakaripura, Surga Tersembunyi Di Alam Probolinggo

Air Terjun Madakaripura, Surga Tersembunyi Di Alam Probolinggo


air terjun madakaripura probolinggo
Air Terjun Madaripura
Satu lagi Air Terjun yang begitu indah hingga layak disebut surga tersembunyi ditanah Jawa Timur yaitu sebuah air terjun yang bernama Air Terjun Madakaripura. Air terjun madakaripura merupakan salah satu destinasi wisata yang berada di kawasan wisata Taman Nasional Bromo Tengger atau  lebih tepatnya berada didesa Sapeh, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

Air terjun madakaripura ini memiliki ketinggian mencapai sekitar 200 meter. Dengan kolam seluas kurang lebih  25 m² dibawahnya yang berfungsi sebagai penampung aliran air yang terjun dari kelima tirai air yang menghiasi air terjun yang sangat eksotis ini.

keunikan lainnya yang ada di tempat wisata ini adalah terdapat sebuat goa dibalik air terjun utama. Namun, air terjun ini cukup sulit untuk dijangkau karena untuk bisa mencapai goa ini maka anda  harus menyebrangi derasnya arus air di kolam dibawah air terjun madakaripura.

Menurut sejarah nama air terjun madakaripura ini memiliki arti " tempat terakhir "  hal ini menurut kisah sejarah yang berkembang dimasyarakat sekitar yaitu mereka percaya bahwa goa yang berada dibalik air terjun utama madakaripura ini dahulunya dijadikan sebagai tempat bersemedi bagi mahapatih majapahit yaitu patih Gajah mada dan juga menjadi tempat bagi Patih Gajah Mada saat akhir hayatnya.

Goa madakaripura ini terletak kurang lebih sekitar 30 km dari alun alun kabupaten probolinggo, dengan kondisi jalan yang cukup bagus namun dengan lebar yang seberapa. Dan jika anda ingin mengunjungi air terjun madakaripura ini maka anda dapat memilih beberapa jalur berikut ini :

Adapun mitos yang terdapat di Air Terjun Madakaripura ini yaitu Anda dianjurkan agar segera meninggalkan lokasi wisata ini sebelum jam 14.00 wib. Hal ini dikarenakan banyak orang yang percaya bahwa saat jam tersebut akan sering terjadi hujan, dan hujan ini akan bisa membuat ketinggian air di lokasi air terjun menjadi cukup berbahaya bagi pengunjung dan dimungkinkan akan membuat Anda kesulitan untuk dapat meninggalkan lokasi wisata ini saat telah terjebak disana.

1. Dari objek wisata bromo
Jika anda dari objek wisata bromo dan ingin menggunjungi air terjun madakaripura ini maka anda dapat mengendarai kendaraan kearah utara dari objek wisata bromo ( kearah probolinggo ) dengan waktu tempuh selama 45 menit.

2.Jika anda ingin datang dari arah kabupaten Probolinggo maka jika anda telah tiba di Desa Sukapura, maka akan menemui sebuah pertigaan jalan yang ditandai adanya sebuah plang berukuran besar. Setelah itu anda bisa memilih salah satu jalur yaitu :
a. jalur ke kiri, merupakan jalur yang menujuh ke arah objek wisata Gunung Bromo.
b. jalur ke kanan, merupakan jalur yang menuju ke arah lokasi objek wisata Air Terjun Madakaripura. setelah itu anda harus menempuh Jarak dari pertigaan ini untuk menuju pintu masuk lokasi air terjun Madakaripura yang masih sejauh sekitar 4 km. Setelah melewati pertigaan tadi anda masih akan menemui satu pertigaan lagi sebelum tiba di pintu masuk dan kali ini arah ke kanan lagi. Setibanya anda di pintu masuk lokasi air terjun Madakaripura kemudian anda boleh memarkirkan kendaraan ke area parkir, kemudian anda harus meneruskan perjalanan melewati jalan jalan yang masih berupa jalan setapak dan juga harus menyeberangi sungai dengan cara berjalan kaki sejauh kurang lebih 1 km .

Untuk anda yang tidak membawa kendaraan maka anda bisa menyewa mobil panther dengan harga sewa sebesar Rp. 150.000,00,- untuk sekali pergi dan pulang beserta sopir (harga bisa sewaktu waktu berubah)

  Untuk menuju ke air terjun Madakaripura anda dianjurkan menggunakan jasa pemandu yang biasanya merupakan penduduk lokal yang bisa anda sewa dengan Ongkos sewa pemandu  sebesar Rp 50.000 untuk sekali perjalanan. Para pemandu ini banyak ditemui disekitar area parkir dan biasanya mereka akan langsung menawarkan diri saat anda berada disekitar area parkir. Anda perlu menggunakan jasa pemandu dikarenakan medan jalan yang dilalui menuju ke lokasi air terjun Madakaripura ini cukup berat dan juga  sering terjadi bencana alam seperti longsor dan banjir.

Tiket dan Parkir
Harga Tiket masuk Lokasi air terjun Madaripura hanya sebesar Rp 3000 per orangnya.

Fasilitas Penunjang
● Didekat area wisata ini banyak terdapat warung warung yang menjual makanan dan minuman bagi anda yang tidak membawa bekal saat datang ke tempat wisata ini, serta Bagi anda yang tidak ingin basah akibat terkena cipratan air terjun biasa mengguyur para penggunjung, maka anda dapat menyewa payung di warung warung tersebut.
● kamar mandi yang dengan kondisi dan air yang cukup bersih,
● masjid untuk anda yang ingin sholat
● dan area tempat parkir.

Bagi anda yang baru pertama kali mengunjungi tempat wisata ini harus sangat waspada dalam memanfaatkan fasilitas yang tersedia. Hal ini dikarenakan lokasi wisata yang satu ini biasa dimanfaatkan oleh para oknum-oknum tidak bertanggungjawab. misalnya:
● ada beberapa orang yang tiba-tiba mengantar anda ke lokasi wisata, padahal jarak perjalanan untuk menuju lokasi air terjun hanya tinggal berjalan kurang lebih 30 menit lagi mengikuti jalan setapak dan setelah anda sampai di air terjun Madakaripura maka anda akan dimintai uang sebagai upah jasa mengantar oleh para orang tersebut.
● modus lainnya adalah apabila anda menitipkan barang barang anda pada warung-warung yang berada sekitar tempat parkir maka anda harus hati hati karena , tidak jarang bila barang-barang anda dibongkar oleh para penjaga warung tersebut, dan kemungkinan anda akan kehilangan barang berharga anda.
● Dan pada saat anda kembali dari lokasi wisata ini tiba-tiba ada orang yang mengaku bahwa motor kita telah dicuci dan mereka meminta uang sebagai upah jasa cuci motor, meskipun pada kenyataannya sepeda motor kita hanya disiram air saja dan masih kotor yang menurut mereka hal ini mengatakan bahwa hal ini sudah termasuk dalam kebijakan wisata.

Setelah puas menikmati keindahan Air Terjun Madakaripura, maka anda bisa kembali ke Tongas dan kemudian anda bisa menuju ke Probolinggo maupun Anda juga bisa melanjutkan perjalanan wisata anda ke lokasi wisata lainnya yaitu objek wisata Gunung Bromo.

Baca juga

0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Arsip Blog