Home » » Pengertian Kinematika

Pengertian Kinematika

       Kinematikaadalah cabang ilmu Fisika yang membahas gerak benda tanpa memperhatikan penyebab gerak benda tersebut. Penyebab gerak yang sering ditinjau adalah gaya atau momentum. Pergerakan suatu benda itu dapat berupa translasi atau perpindahan, rotasi, atau vibrasi


Ada 3 besaran fisis yang digunakan untuk mengetahui gerak sebuah partikel yaitu :
1.    Posisi (r), satuannya meter
          posisi relatif, perpindahan (Dr), jarak tempuh
2.    Kecepatan ( v ), satuannya m/s
          kecepatan rata-rata (vrata-rata) dan sesaat ( v )
     3.  Percepatan ( a ), satuannya m/s2
     percepatan rata-rata (arata-rata) dan sesaat (a)

GERAK TRANSLASI ( PERPINDAHAN )

Contoh dari gerak translasi : menggeser meja dari suatu tempat ke tempat yang lain, mobil bergerak dari kota A ke kota B, dan sebagainya.

GERAK ROTASI ( VIBRASI )

Contoh dari gerak rotasi : planet Merkurius mengelilingi Matahari, elektron mengelilingi inti atom, putaran baling-baling helikopter, dan lain-lain.

KECEPATAN

Besaran lain dalam gerak translasi yang menyatakan perubahan posisi terhadap waktu adalah kecepatan. Umumnya posisi dinyatakan dalam bentuk vektor (kecuali untuk gerak satu dimensi), maka kecepatan juga merupakan besaran vektor. Kecepatan sebuah benda sama dengan turunan pertama dari posisi terhadap waktu.



PERCEPATAN

Percepatan adalah perubahan kecepatan terhadap waktu dan merupakan besaran vektor. Percepatan sebuah benda adalah turunan pertama dari kecepatan terhadap waktu, atau turunan kedua dari posisi terhadap waktu. 


0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Arsip Blog