Home » , , , » Pantai Prigi: Destinasi Favorite Di Tulungagung Dengan Pemandangan Yang Eksotis.

Pantai Prigi: Destinasi Favorite Di Tulungagung Dengan Pemandangan Yang Eksotis.

Pantai Prigi: Destinasi Favorite Di Tulungagung Dengan Pemandangan Yang Eksotis.


Keindahan Pemandangan Pantai Prigi
Keindahan Pemandangan Pantai Prigi
Credit Image: selecut.blogspot.com
Pantai Prigi merupakan salah satu pantai yang mempunyai panorama alam yang sangat memesona. Pantai Prigi ini berada di kabupaten Trenggalek dan merupakan salah satu pantai wisata yang menjadi destinasi wisata utama bagi warga Trenggalek pada khususnya dan warga Jawa Timur pada umumnya ketika akhir pekan dan ketika musim libur telah tiba.

Pantai Prigi berada di kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. Atau lebih tepatnya terletak di Desa Tasikmadu, Watulimo, Trenggalek.

Dahulu daerah pantai prigi ini merupakan sebuah daerah yang terpencil, bahkan sinyal telekomunikasi saja belum ada, namun hal ini berubah setelah Ibu Megawati Soekarno Putri datang berkunjung ke pantai prigi ini pada tahun 2000, dan sejak itu pula sinyal telekomunikasi handphone mulai masuk ke daerah pantai prigi ini.



Anda akan menjumpai pantai Prigi ini menjadi lebih ramai lagi pada saat bulan selo [kalender Jawa], pasalnya pada saat bulan selo, di pantai Prigi ini selalu digelar upacara larung sembonyo. upacara larung semboyo ini merupakan sebuah upacara tahunan sebagai ungkapan syukur kepada Tuhan yang Maha Esa karena hasil laut nelayan yang melimpah.



KEINDAHAN PANTAI PRIGI

Keindahan Pemandangan Pantai Prigi
  Keindahan Pemandangan Pantai Prigi
Credit Image: selecut.blogspot.com

Pantai Prigi atau juga biasa disebut dengan pantai pasir putih Prigi ini selalu ramai di kunjungi oleh para wisatawan lokal maupun nasional, bahkan turis asing. Selain menjadi sebuah wisata pantai, pantai prigi juga dijadikan sebagai sebuah pelabuhan nasional, yang mana pelabuhan di pantai ini menjadi tempat penangkapan ikan terbesar yang ada di pesisir selatan pulau Jawa.

Di kawasan pantai biasanya anda akan melihat pemandangan perahu-perahu nelayan yang berjejer sedang berlabuh seusai  menangkap ikan dan udang di laut lepas.

Pemandangan Perahu Nelayan yang Berjejer Di Pantai PrigiPrigi.
Credit Image: selecut.blogspot.com
Pantai ini Anda tempuh dengan jarak perjalanan hanya sekitar 48 km ke arah selatan dari pusat kota Kabupaten Trenggalek, atau berjarak sekitar 40 km dari kota Tulungagung, serta berjarak sekitar 186 km dari Kota Surabaya.

Ketika kita baru tiba di kawasan Teluk Prigi, maka kita akan diajak memasuki hutan mangrove terlebih dahulu. Dan di hutan mangrove kita akan berpetualan dengan menyusuri jalan kayu yang terdapat di antara tumbuhan mangrove khas wilayah pantai sepanjang perjalanan menuju ke arah pantai pasir putih Prigi.



KEUNIKAN PANTAI PRIGI


Keindahan Pemandangan Pantai Prigi
Credit Image: selecut.blogspot.com 

Salah satu penyebab mengapa pantai ini sangat ramai pengunjung pada saat akhir pekan maupun saat liburan adalah karena Pantai Prigi ini memiliki panorama alam yang sangat indah dengan berhiaskan hamparan pasir pantai yang putih serta lembut.


Bila mayoritas pantai di pesisir selatan pulau Jawa akan memiliki ombak besar namun hal ini tidak terjadi engan pantai Prigi ini, karena ombak di pantai prigi ini bisa dibilang relatif kecil akibat di hadang oleh deretan pegunungan di sebelah kanan dan kiri pantai. Keindahan Pantai ini juga bisa dikatakan mampu menyaingi keindahan Pantai Popoh di Tulungagung, Jawa Timur.



KEGIATAN DI PANTAI PRIGI

Di Pantai Prigi ini para pengunjung dapat sepuasnya berenang dan bermain air di kawasan pantai ini, jika anda berminat anda juga dapat mengarungi ombak dengan memakai perahu yang biasa disewakan seharga Rp10.000 per orang di mana sebuah perahu hanya mampun mengangkut 10 orang pengunjung.

Saat anda berada di atas perahu ini maka anda akan dapat menikmati keindahan panorama pantai Prigi serta tebing-tebing di laut. Selain itu para pengunjung bisa mengisi waktunya saat berada di pantai Prigi ini engan berbagai kegiatan seperti memancing, bermalam dan berkemah, atau hanya sekedar bersantai sambil menikmati pemandangan yang eksetis untuk melepaskan segala kepenatan akibat rutinitas sehari-hari.

Di sekitar pantai ini banyak tersedia berbagai fasilitas bagi para pengunjung seperti tempat penginapan, cafe, rumah makan keluarga, warung-warung kecil, tempat perkemahan, play ground maupun berbagai sarana olahraga lainnya.


Di sekitar pantai ini banyak terdapat warung-warung kecil yang menyediakan menu masakan makanan khas Jawa. Dan menu favorite yang paling dicari saat berada di pantai ini adalah menu ikan bakar yang memang sangat menggugah selera makan, ikan bakar sangat diburu oleh para wisatawan karena ikannya yang masih dalam kondisi yang segar karena baru ditangkap dari laut, dan untuk minumannya ada es kelapa muda, bila dipadukan antara es kelapa muda dan ikan bakar yang disantap di pinggir pantai tentu sangat akan nikmat.

Bila dilihat keadaan dari pantai Prigi ini memang banyak orang yang menganggap pantai ini hampir sama dengan pantai legian yang ada di Bali, dimana tingkat dari kebersihannya yang juga hampir sama.


Tapi yang membuat Pantai Prigi ini berbeda adalah karena di pantai Prigi masih alami dan belum ada payung-payung yang disewakan sebagai sarana bersantai bagi para pengunjung khususnya bagi turis asing yang gemar berjemur di pantai.

Namun mungkin pada saat anda berkunjung ke pantai Prigi, anda akan menemui ada beberapa sampah yang mengotori pantai yang mungkin akan mengganggu pemandangan. Maka dari itu diperlukan adanya kesadaran dari anda maupun wisatawan lainnya untuk menjaga kebersihan pantai ini pada khususnya serta kebersihan di pantai-pantai lainnya pada umumnya.

Terlepas dari masalah sampah yang masih bisa dikendalikan, pantai prigi ini mampu tampil memikat para wisatawan untuk mengunjuginya dengan keindahan serta harga tiket masuknya yang sangat terjangkau.

Sehingga Pantai Prigi ini sangat recommended bagi anda untuk dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata pilihan bagi anda dan keluarga yang tinggal di Trenggalek maupun sekitarnya.



Credit Image: hargatiketwisata.blogspot.com



AKSES MENUJU PANTAI PRIGI

Untuk bisa tiba di Pantai Prigi ini anda bisa memilih beberapa jalur yang memang tersedia, adapun beberapa jalur tersebut adalah

1. Jika anda memilih untuk mengambil jalur utara, maka nda anda bisa melalui rute Tulungagung kemudian menuju Gondang lalu ke Durenan setelah itu ke Bandung dan terakhir ke Prigi.

2. Sedangkan jika anda memilih untuk mengambil jalur selatan, maka anda bisa melewati rute dari Tulungagung kemudian menuju ke Boyolangu lalu ke Campurdarat setelah itu ke Bandung dan terakhir ke Prigi.

Anda tak perlu khawatir selain sinyal komunikasi seluler yang telah dibangun, jalanan untuk menuju pantai ini juga telah beraspal dengan kondisi yang cukup bagus.

Dan begitu anda tiba di pantai ini, maka anda bisa melakukan berbagai aktivitas yang menyenangkan, seperti yang telah saya jelaskan diatas.


HARGA TIKET MASUK

Harga tiket masuk kedalam objek wisata pantai Prigi ini memang cukup murah dan terjangkau. Menurut informasi saat ini harga tiket masuk objek wisata pantai prigi di pintu utama Pantai Prigi ialah seharga Rp3.000 rupiah per orang.
Dan setelah anda memasuki hutan mangrove kita akan memasuki kawasan Pantai Pasir Putih dan akan dipungut biaya lagi sebesar Rp6.000 per orang.

Selamat Berlibur..!!
Semoga Menyenangkan.!!

0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Arsip Blog