Home » » Sesungguhnya Al-Qur'an Telah Menjawab Keluhan Umat Manusia

Sesungguhnya Al-Qur'an Telah Menjawab Keluhan Umat Manusia

Micro Cyber 2 - Dalam perjalanan hidup tidaklah setiap manusia dapat luput dari yang namanya masalah. Entah itu masalah pribadi, keluarga, ekonomi, dll. Kadang kala kita juga sangat kebingungan sekali disaat mendapatkan masalah tersebut. Ketika sedang kesusahan dan mendapatkan masalah yang besar, disaat itu kita malah memborong berjuta keluhan kemudian meminta sejuta permintaan pula kepada Tuhan untuk dikabulkan. Minta yang ini dan minta yang itu, tapi apa yang akan sobat lakukan jika do'a sobat belum bahkan tidak dikabulkan Tuhan? Apakah akan pasrah begitu saja?

Cyaat jangan sampai sobat pasrah dan menyerah begitu saja, karena Tuhan kita Allah SWT telah mengajarkan kepada kita semua melalui ayat-ayat sucinya yang mengajarkan bahwa keputusasaan adalah sesuatu yang buruk, dan harus dihindari. Inti dari semua masalah adalah agar manusia semakin memahami fitrahnya. Memahami apa yang harus dicari selama hidup. Lalu, bagaimana dengan mereka yang tertimpa kesusahan? Hidup dalam kemiskinan? Hidup dalam kepungan kesedihan?

Sesungguhnya Al-Qur'an Telah Menjawab Keluhan Manusia

Yahh tentunya kita sebagai  seorang muslim memiliki pegangan hidup yaitu Al-Qur’an yang telah menjelaskan banyak hal. Tidak hanya ritual ibadah semata. Ekonomi, perdagangan, keluarga, pribadi ideal seorang muslim hingga pengelolaan negara pun ada didalamnya. Terdapat pula ayat - ayat Al-Qur’an, yang menjawab keluhan - keluhan utama manusia, seperti ketika manusia mendapat ujian ataupun musibah. Coba sobat simak dengan cermat ayat-ayat dibawah ini :

*Ketika kita mendapatkan suatu masalah yang cukup berat, dan seakan kita berbicara dalam hati KENAPA AKU HARUS DIUJI ??

Sebelum sobat berkata seperti itu, Al-Qur'an telah dahulu menjawabnya dalam Qs. Al-Ankabut ayat 2-3 :
“Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: ’Kami telah beriman’, sedang mereka tidak diuji lagi ?Dan sesungguhnya kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta”.

*Ketika kita menginginkan sesuatu, tapi hal yang didapatkanya sangatlah berbeda dari keinginanya dan saat itu pasti kita bertanya-tanya dalam diri sendiri KENAPA AKU TAK MENDAPAT APA YG AKU INGINKAN ??

Lalu, dijawablah oleh Al-Qur'an dalam Qs. Al-Baqarah ayat 216 :
“Boleh jadi kamu membenci sesuatu padahal ia amat baik bagimu dan boleh jadi pula kamu menyukai sesuatu padahal ia amat buruk bagimu, Allah mengetahui sedang kamu tidak mengetahui”.

*Disaat ujian yang diberikan oleh Allah terlalu berat pasti kita sering juga bertanya dan mengatakan dalam hatinya KENAPA UJIAN SEBERAT INI ??

Semua ujian yang diberikan oleh Allah tidak mungkin bersifat menghancurkan makhluknya, karena Allah sudah memberikan ujian sesuai kemampuan kita semua. Seperti yang telah dijelaskan dalam Qs. Al-Baqarah ayat 286 :
“Allah tidak membebani seseorang itu melainkan sesuai dengan kesanggupannya”.

*Disaat kita terlalu banyak masalah dan frustasi dan bersedih serasa hati lemah. Didalam Al-Quran telah dijawab dan juga memberikan semangat kepada umat muslim, yaitu, dalam Qs. Al-Imran ayat 139 :
“Janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah pula kamu bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yg paling tinggi derajatnya, jika kamu orang-orang yang beriman”

*Disaat hati risau dan kita bertanya-tanya BAGAIMANA AKU HARUS MENGHADAPINYA ???

Al-Qur'an sesungguhnya sudah menjawabnya dalam Qs. Al-Baqarah ayat 45 :
“Dan mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan jalan sabar dan mengerjakan sholat; dan sesungguhnya sholat itu amatlah berat kecuali kepada orang-orang yang khusyuk Tiada daya dan upaya kecuali atas pertolongan Allah semata”.

*APA YANG AKU DAPAT  ??? Al-Qur'an telah menjawabnya dalam Qs. At-Taubah ayat 111 :
“Sesungguhnya Allah telah membeli dari orang-orang mu’min, diri, harta mereka dengan memberikan jannah untuk mereka…”.

*Ketika seseorang dalam kebingungan, pasti mereka bingung pula harus berharap kepada siapa, lalu sering bertanya-tanya KEPADA SIAPA AKU HARUS BERHARAP ???

Sesungguhnya umat muslim harus berharap, bertawakkal, dan meminta kepada Allah SWT. Seperti yang telah tercantum dalam Qs. At-Taubah ayat 129 :
“Cukuplah Allah bagiku, tidak ada Tuhan selain dari-Nya. Hanya kepada-Nya aku bertawakkal”.

*Ketika manusia sudah tak mampu menjalani sesuatu, sedihlah mereka, lemahlah mereka, berputus asalah mereka dan dalam hatinya mereka berbicara AKU TAK SANGGUP !!!!

Sesungguhnya keputus asaan tidaklah disukai oleh Allah SWT, seperti yang telah dijelaskan dalam Qs. Yusuf ayat 12 :
“….dan janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah melainkan kaum yangg kafir”.

Nah, itulah beberapa keluhan yang sering dirasakan setiap umat muslim bahkan seluruh manusia di muka bumi ini. Dan tak ada satupun yang tidak bisa dijawab oleh Allah SWT. Semua hal telah dituliskan didalam Ayat Suci Al-Qur'an. Jadi sering-seringlah sobat membaca dan memahami makna dari ayat-ayat Al-Qur'an karena Allah adalah sandaran manusia. Semoga artikel ini dapat menjadi manfaat untuk sobat semua. Terimakasih~

0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Arsip Blog