Home » » Pengertian Isomer dan Contohnya

Pengertian Isomer dan Contohnya

       Isomer adalah senyawa kimia yang memiliki rumus molekul yang sama – yang berarti bahwa mereka terdiri dari jumlah yang sama dari jenis atom yang sama – tetapi memiliki struktur atau pengaturan yang berbeda dalam ruang. Misalnya, pentana adalah senyawa organik terdiri dari lima atom karbon dan 12 atom hidrogen. Dua isomer pentana termasuk pentana tidak bercabang, di mana karbon yang diatur dalam rantai linear, dan isopentana atau metilbutana, di mana empat karbon yang diatur dalam rantai linear sedangkan cabang kelima lepas dari salah satu bagian atom karbon. Kedua hal ini memiliki rumus molekul yang sama, tetapi pengaturan aktual atom mereka yang berbeda. Isomer adalah penting karena senyawa dengan struktur yang berbeda, bahkan jika mereka mengandung atom yang sama, dapat memiliki sifat kimia yang berbeda secara drastis.
      Senyawa dengan rumus molekul yang sama mungkin berbeda secara struktural dalam dua cara. Pertama, isomer struktural berbeda dalam pengaturan struktural sebenarnya atom. Kelompok-kelompok fungsional yang membentuk senyawa yang tergabung dalam cara yang berbeda dan dalam pengaturan yang berbeda. Stereoisomer, di sisi lain, diatur dengan cara yang sama dalam hal posisi kelompok fungsional tetapi berbeda dalam posisi relatif mereka di ruang angkasa. Dua molekul mungkin, misalnya, memiliki atom yang sama dan struktur yang sama tetapi mungkin juga tidak tumpang tindih bayangan cermin satu sama lain dan akan, karena itu, menjadi isomer.

      Isomer adalah sangat penting karena senyawa yang berbeda, bahkan jika mereka memiliki rumus molekul yang sama, dapat memiliki sifat kimia yang berbeda. Ini bahkan berlaku untuk stereoisomer, yaitu, sepintas, hampir identik. Satu senyawa mungkin, misalnya, menjadi bahan aktif yang penting dalam obat sementara yang yang tidak tumpang tindih gambar cermin isomer mungkin benar-benar efektif atau bahkan berbahaya. Senyawa dengan pengaturan yang berbeda sering bereaksi dengan cara yang drastis berbeda dengan atom dan senyawa lainnya. Mereka mungkin berbeda di mana bahan kimia mereka bereaksi dengan atau di tingkat di mana mereka bereaksi dengan berbagai bahan kimia.
Banyak reaksi kimia menghasilkan campuran isomer berbeda – hal ini terutama berlaku dari stereoisomer – jadi kimiawan harus sering menggunakan berbagai metode untuk mengisolasi isomer tertentu di mana mereka tertarik. Banyak metode yang berbeda berdasarkan berbagai sifat kimia dapat digunakan untuk isomer terpisah. Beberapa senyawa dengan rumus molekul identik mungkin, misalnya, mendidih pada temperatur yang berbeda, sehingga distilasi dapat digunakan untuk memisahkan mereka. Lainnya bereaksi dengan senyawa yang berbeda, sehingga reaksi kimia dapat digunakan untuk menghapus satu isomer sementara meninggalkan senyawa tujuan tidak berubah.

0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya