Home » » Perbedaan Antara propana dan butana

Perbedaan Antara propana dan butana


     Istilah propana dan butana yang sangat umum saat ini, terutama karena mereka digunakan untuk keperluan industri maupun rumah tangga. Kompor, oven, pemanas, dan mesin mobil dijalankan baik oleh propana atau butana. Propana dan butana keduanya gas yang dapat dimanfaatkan untuk memanaskan bahan bakar. Beberapa orang berpikir bahwa propana dan butana yang sama, karena mereka berbagi kualitas yang sama. Namun, mereka memiliki beberapa perbedaan yang mungkin mantra keuntungan atau kerugian tergantung pada bagaimana mereka akan digunakan.

Sebelum menguraikan tentang perbedaan, penting untuk mengenal kesamaan antara kedua gas. Propana dan butana yang diekstrak dari minyak, baik dalam bentuk minyak atau gas alam. Keduanya dapat digunakan untuk bahan bakar kendaraan dan kompor panas. Keduanya dapat dibakar untuk menghasilkan hasil yang sama, dengan karbon dioksida, air, karbon monoksida, dan jelaga sebagai produk. Kesamaan mereka berakhir di sana, namun. Dalam hal struktur molekul, dua gas berbeda satu sama lain. Butana dianggap sebagai alkana karbon empat terdiri dari sepuluh atom hidrogen dan empat atom karbon. Di sisi lain, propana hanya alkana karbon tiga terdiri dari delapan atom hidrogen dan tiga atom karbon. Dalam hal penggunaan, propana merupakan lebih populer di kalangan keduanya, dan digunakan untuk menjaga rumah hangat.
Propana juga dapat digunakan sebagai bahan bakar di lampu portabel atau pemanas. Bahkan, propana bahkan dapat berfungsi sebagai bahan bakar kendaraan, asalkan dicampur dengan zat seperti propilena, butylenes, dan butana. Ketika propana dicampur dengan zat ini, itu disebut sebagai LPG, atau bahan bakar gas cair. LPGs disimpan dalam tangki dan terhubung ke kompor, pemanas, dan mesin mobil untuk memberikan panas dan listrik. Kadang-kadang, ethanethiol, zat lain, dicampur dengan propana untuk memberikan gas beberapa bau. Kebocoran propana sulit dideteksi karena gas tidak berbau, dengan demikian, pencampuran ethanethiol dapat membantu dalam menemukan gas bocor cepat dengan hanya menelusuri sumber aroma.
Meskipun butana tidak sepopuler propana, masih dimanfaatkan oleh banyak produk sebagai sumber bahan bakar alternatif. Selain melayani sebagai bahan bakar untuk pemantik rokok dan kompor, butana juga dapat diintegrasikan sebagai propelan untuk semprotan aerosol. Dari segi biaya, butana sebenarnya lebih murah daripada propana. Namun, butana memiliki kelemahan besar sebagai sumber bahan bakar, karena tidak banyak perangkat dapat dilengkapi dengan tangki butana. Tangki propana, di sisi lain, dapat dengan mudah diintegrasikan ke dalam setiap perangkat yang membutuhkan bahan bakar atau panas. Keuntungan lain dari propana atas butana adalah bahwa ia memiliki titik didih rendah, dan dapat disimpan dalam tangki pada tekanan yang lebih tinggi. Hal ini membuat propana sebagai pilihan utama bagi mereka yang usaha ke lingkungan yang tidak bersahabat. Orang-orang yang pergi hiking atau mendaki gunung biasanya dilengkapi dengan tangki propana untuk melayani sebagai bahan bakar untuk memasak makanan. Mereka tidak menggunakan butana, yang sebagai titik bangunan tinggi dan tidak dapat beradaptasi dengan baik untuk suhu beku.
Ringkasan Perbedaan Antara propana dan butana
1. Kedua propana dan butana dapat digunakan sebagai bahan bakar untuk peralatan pemanas dan mesin kendaraan.
2. Propana dan butana berbagi kesamaan karena keduanya berasal dari minyak bumi. Oleh-produk yang mereka hasilkan ketika dibakar juga sama: karbon dioksida, air, karbon monoksida, dan jelaga.
3. Propana lebih banyak digunakan daripada butana. Kebanyakan peralatan pemanas dan mesin dapat dilengkapi dengan tangki propana.
4. Butana lebih murah daripada propana, tapi tidak mungkin agar kompatibel dengan peralatan pemanas umum atau mesin.
5. Propana memiliki titik didih rendah dibandingkan dengan butana. Juga, propana dapat disimpan dalam tangki tekanan tinggi, menjadikannya pilihan ideal bagi mereka yang menjelajah ke lingkungan yang tidak bersahabat.

0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya