Home » » Sifat, Fungsi dan Manfaat Asam klorida

Sifat, Fungsi dan Manfaat Asam klorida

      Asam klorida adalah asam kuat yang berisi hidrogen dan atom klorin per molekul. Ini adalah asam komersial penting dan biologis, dan artikel ini akan membahas sifat HCl yang berkontribusi terhadap penggunaan ini. Asam adalah molekul anorganik yang melepaskan ion hidrogen (atom hidrogen bermuatan positif) ketika ditambahkan ke air. Molekul-molekul ini cenderung pecah (atau memisahkan) ketika ditambahkan ke air, dan jumlah hidrogen ion yang dilepaskan selama proses ini akan menentukan keasaman dari larutan. Asam datang dalam dua tipe dasar: asam lemah dan asam kuat. Asam lemah terdisosiasi parsial, sedangkan asam kuat memisahkan sepenuhnya dalam air. Salah satu asam kuat yang paling penting adalah asam klorida (atau HCl). Mari kita bahas HCl dan sifat-sifatnya sebagai asam kuat.

Sifat kimia HCl

      Seperti disebutkan dalam pendahuluan, asam klorida adalah asam kuat, dan terbuat dari atom hidrogen dan klorin. atom Hidrogen dan klorin berpartisipasi dalam ikatan kovalen, yang berarti bahwa hidrogen akan berbagi sepasang elektron dengan klorin. Ini ikatan kovalen hadir sampai air ditambahkan ke HCl. Setelah ditambahkan ke dalam air, HCl akan terpisah menjadi ion hidrogen (yang positif dan akan melakat pada molekul air) dan ion klorida (yang negatif).
HCl jelas dan tidak berwarna ketika ditambahkan ke air. Namun, asam klorida memiliki bau yang kuat, dan mengandung rasa asam yang khas dari kebanyakan asam. Asam klorida mudah larut dalam air pada semua konsentrasi, dan memiliki titik didih sekitar 110 derajat Celcius.
     Asam klorida bersifat korosif, yang berarti akan merusak dan mengikis jaringan biologis bila tersentuh. Selanjutnya, HCl dapat menyebabkan kerusakan besar internal jika terhirup atau tertelan. Untuk alasan ini, disarankan bahwa seseorang menangani HCl menggunakan sarung tangan, kacamata, dan masker saat bekerja dengan asam ini.

Penggunaan komersial dan secara biologis HCl

     HCl digunakan dalam banyak proses komersial yang berbeda. Misalnya, HCl digunakan untuk produksi baterai, yang dapat digunakan untuk menyediakan energi listrik untuk mesin. HCl juga digunakan dalam produksi banyak obat-obatan farmasi. Misalnya, banyak obat yang digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi mengandung HCl sebagai bagian dari bahan-bahan aktif, dan ini adalah praktek yang meluas di antara perusahaan obat. HCl juga dapat digunakan dalam produksi logam, seperti baja, di mana ia digunakan dalam pengawetan (pemurnian) dari produk akhir.
Dalam tubuh manusia, HCl penting untuk pemecahan makanan dalam perut. Dalam perut, sel parietal menghasilkan HCl karena dua alasan utama. Pertama, HCl akan membunuh bakteri dan mikroorganisme yang dapat menyebabkan penyakit pada sistem pencernaan. Ini adalah bentuk imunitas bawaan, atau kekebalan yang hadir pada saat lahir. Kedua, HCl digunakan oleh perut untuk mengaktifkan enzim yang memecah protein. Kimotripsin dan pepsin adalah dua enzim ini, dan kehadiran HCl akan memungkinkan enzim ini menjadi aktif dan mempercepat proses pencernaan.

Ringkasan

      HCl adalah asam kuat, dan memisahkan sepenuhnya dalam air. Hal ini dibentuk oleh ikatan kovalen antara ion hidrogen dan klorida. HCl memiliki banyak kegunaan komersial, termasuk penggunaan dalam produksi baja dan dalam produksi obat-obatan. Selain itu, tubuh manusia menggunakan HCl untuk pencernaan dengan mengaktifkan enzim yang diperlukan untuk memecah protein.

0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya