Home » » Perbedaan Antara Etanol dan Alkohol

Perbedaan Antara Etanol dan Alkohol

      Etanol dan alkohol adalah sama, dan mereka memiliki sifat fisik dan kimia yang sama. Etanol merupakan jenis alkohol, dan dua dibentuk oleh fermentasi glukosa oleh enzim dalam ragi. Alkohol ini bahan kimia yang memiliki ‘”gugus fungsional OH. Alkohol umumnya diklasifikasikan menjadi tiga kelompok, berdasarkan jumlah atom karbon yang memiliki pranala ke atom karbon yang menyandang gugus hidroksil. Tiga kelompok yang primer, sekunder dan tersier. Kelompok-kelompok utama memiliki rumus RCH2OH, yang RR’CHOH sekunder dan tersier memiliki rumus RR’R “COH, dimana R merupakan singkatan gugus alkil.

Perbedaan Antara Etanol dan Alkohol

      Etanol milik kelompok utama alkohol. Etanol adalah satu-satunya jenis alkohol yang dapat dikonsumsi. Jenis lain dari alkohol meliputi metil alkohol, alkohol dan butanol.
Beberapa alkohol yang larut dalam air dan beberapa yang lain tidak. Alkohol dengan empat atau kurang rantai karbon yang larut dalam air, dan mereka dengan lima atau lebih karbon tidak. Etanol, Metanol dan Propanol adalah beberapa alkohol yang larut dalam air, sedangkan Pentanol tidak larut. Alkohol memiliki titik didih yang tinggi, dan juga menunjukkan baik sifat asam atau basa.
Alkohol telah digunakan selama berabad-abad, dan etanol telah digunakan dari abad kesembilan, ketika Persia Arab pertama suling itu.
Kedua alkohol dan etanol yang digunakan dalam banyak cara. Beberapa alkohol, khususnya etanol, digunakan sebagai minuman. Jenis lain seperti etil alkohol dan metil alkohol yang digunakan sebagai bahan bakar, dan digunakan dalam berbagai cara untuk keperluan industri. Etanol ini juga digunakan sebagai pelarut dalam parfum, obat-obatan dan esens sayuran. Etanol juga digunakan sebagai antiseptik.
Ringkasan Perbedaan Antara Etanol dan Alkohol:
1.    Etanol merupakan jenis alkohol, dan keduanya dibentuk oleh fermentasi glukosa oleh enzim dalam ragi.
2.    Alkohol umumnya diklasifikasikan ke dalam, kelompok menengah dan tinggi. Etanol milik kelompok utama alkohol.
3.    Etanol adalah satu-satunya jenis alkohol yang dapat dikonsumsi.
4.    Beberapa alkohol yang larut dalam air dan beberapa yang lain tidak. Etanol larut dalam air.
5.    Alkohol memiliki titik didih yang tinggi, dan juga menunjukkan baik sifat asam atau basa.
6.    Alkohol telah digunakan selama berabad-abad, dan etanol telah digunakan dari abad kesembilan, ketika orang-orang Arab pertama suling itu.

0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya