Home » » Klasifikasi Panda Merah

Klasifikasi Panda Merah

Haiii !!

Selamat datang di Blog Asah Ilmu... ciee ngasah ilmu :v

Berhubung mimin masih baru, jadi mau perkenalan dulu... sebut saja Redpanda, divisi ilmu flora dan fauna, hahaha... nggak nggaaak…

Jadi, berhubung ini post pertama mimin... mimin mau share tentang salah satu hewan yang paling mimin senengin...

Nih hewannya :

 

Kyaaaaaaaaaaa..... >__< !!!!!

Stephanie : "Imut banget miiin, mirip mimin deh :v "

Nabilah : "Hewan apa itu miiiin ????"

Aisyah : "Itu rakun ya miiin ??? eh, nggak ding... eh, tapi kok mirip ya?? au ah, gelap -_- "


Hahaha...

@Stephanie : Makasih, makasih...

@Nabilah : hewan apa yaaa ?? kasih tau nggak yaa??

@Aisyah : galau amat ukhti, sholat istikharah aja dulu :)

Oke oke... mimin bakal berbagi ilmu tentang hewan ini...
Nih, kebetulan dapet ktp salah satu dari spesiesnya...

Nama              : Panda Merah
Nama (malam) : Ailurus fulgens
Usia                 : 10 tahun
Asal                 : Asia Tengah, khususnya di pegunungan Himalaya
Jenis Kelamin  : Jantan
Status               : Sudah 3 kali kawin

Nohhh, liat kan mblo ?? Si Fulgens yang umurnya 10 tahun aja udah 3 kali kawin, nah elo kapaaaaan ?? Maybe yes, maybe no ??

Nah, jadi ukhti Aisyah… ini teh bukan mister Rakun, tapi Panda Meraah…
Memang sih, pada awalnya ahli taksonomi berseteru sampe tawuran di simpang taman lawang karena berbeda pendapat kalo spesies pak Fulgens ini sebenarnya masih satu keluarga sama rakun (Procyonidae), ada yang bilang kalo lebih mirip carpelai (Mustellidae), atau bahkan ada juga yang bilang mirip beruang (Ursidae) ??

Tapi untungnya, perbedaan pendapat itu nggak membuat mereka pecah sob. Mereka malah setuju untuk mencari kebenaran dibalik tabir dan dilema yang mereka risaukan #kamus_s*let. Akhirnya mereka melakukan penelitian dengan tes DNA dan lain-lain sehingga terciptalah suatu spesies baru dari keluarga panda



Lantas apa ciri-ciri yang membuat dia mirip panda ??
Nih, asal elo-elo pada tau yaa…
Pak Fulgens ini omnivora looh, makanannya pucuk bambu cyiiin… sering juga makan rumput berair, akar-akaran, buah beri, dan buah-buahan lainnya. Dan juga ni jeng, dia juga makan anak burung, telur, pengerat kecil, dan serangga-serangga… Iiih, cucok banget deh pokoknya… belum lagi tuh yaa, dia sering manjat-manjat dipohon geetoh, padahal katanya nih dia bias lompat sampe 1,5 meter looh, munculnya cuman pagi ama sore, siang-siang dia mah tidur muluu… 




*Maaf, dibajak…

Lanjut !!
Taukah anda ?? Panda merah ini sebenarnya nggak terlalu panjang looh… tubuhnyaa. Sekitar 79 sampai 112 cm. Kalo berat, biasanya sekitar 29,4 sampai 60,76 Newton (percepatan gravitasi diasumsikan 9,8 m/s2). Berarti massanya itu sekitar 3 sampai 6,2 kilogram. Yang jantan 3,7 sampai 6,2 kilogram sedangkan betina dari 3 sampai dengan 6 kilogram.
Pertama kali ditemukan manusia tahun 1825 (tapi ga tau juga ding kalo ada yang nemuin duluan tapi ga melapor ke nyokap / bokapnye / posyandu).
Warna tubuhnya biru dan polkadot pink, terkadang juga ada corak love berwarna kuning dibagian perut … -_- ya enggak lahh, warnanya merah kecoklatan dan ada corak putihnya yang membuatnya keren kayak pilem di tipi tipi. Itu looh, master shifunya di pilem Kungfu Panda. Nah bayangin aja panda gede aja belajar kungfu nya sama panda merah, berarti hebatan siapa coba ?? yoii, hebatan pandanyaa… -_- #apasihmin. Di ekornya ada corak merah (kecoklatan) dan putih seperti cincin, dan biasanya sih berjumlah 12. Di kakinya terdapat bulu berwarna putih untuk meredam dinginnya es saat musim kemarau, -_- musim dingin. Seperti panda putih hitam, panda merah juga punya 5 jari di kakinya, dan juga ada jari tambahan di samping kakinya yang sebenarnya adalah tulang pergelangan tangan yang termodifikasi.


Panda merah ini adalah hewan yang suka hidup sendiri (bukan kayak elo mblo, yang mau ga mau, suka ga suka, idupnya masih aja sendiri hahaha). Panda merah merupakan hewan teritorial, pejantannya menandai daerahnya dengan menggesekkan kantong hormon ke benda-benda yang terdapat di alam liar. Mama panda merah biasanya ngelahirin anak 2 biji/buah/ekor (*coret yang tidak perlu), bayi panda merah tidak dapat melihat/tuna netra/buta selama 3 minggu L. Jadi, mamanya musti ekstra sabar buat ngadepin anak nya. Menurut observasi (ga tau sih tahun berapa), hanya tinggal 10 ribuan saja yang hidup di alam liar (sisanya udah di alam kubur). Panda merah ini sama sperti panda lainnya, mama panda merah sangat penyayang. Panda merah juga terkenal sebagai hewan yang jinak dan punya rasa saying yang tinggi, nggak sama kayak elo -,- nggaaak, becandaa keles… lo manusia kan ya ??



Jadi kalo ketemu sama orang yang lagi hunting hewan yang dilindungi, suruh bapak/mas/mbak/tante itu tobat dan beralih profesi jadi jual bensin eceran…
Lumayan tuh, daripada kerjaan nembak-nembak tapi…#ah sudahlah
Nah sekarang tau kan, apa hewan unyu-unyu yang ada di poto itu tadi ??
Ayo di share, agar ilmu yang kita pelajari lebih bermanfaat dan kita mendapat lebih banyak pahala… Amiin
Terakhir...Eat this !! mblooo... wkwkwk

--Redpanda--

Referensi :  ( 1 ), ( 2 ), ( 3 )

0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Arsip Blog