Home » » Trik Terbaik Menghadapi Virus Komputer

Trik Terbaik Menghadapi Virus Komputer

     Anda tahu virus? Virus, menurut pengertian dari wikipedia. Virus adalah parasit berukuran mikroskopik yang menginefksi sel organisme biologis. Virus adalah bakteri yang bisa menyebabkan penyakit pada manusia. Tergantung sifat virusnya, jika sifat virusnya merusak, maka bisa sakit tubuh kita.




     Namun bagaimana jika itu terjadi pada komputer kita. Komputer yang terkena / terinfeksi virus bisa saja dapat menyebabkan komputer kita rusak. Virus-virus di komputer umumnya menyerang sistem komputer. Bagaimana tidak? Jika virus nyata juga bisa menyerang sistem kesehatan manusia. Sehingga kesehatan manusia bisa terganggu dan menyebabkan sakit. Maka dapat disimpulkan bahwa virus yang menyerang komputer dapat menyebabkan sistem komputer rusak.

     Belakangan ini, virus komputer sangat rawan sekali terdapat pada seluruh komputer di seluruh dunia. Bahkan menurut penelitian, lebih dari 80% pengguna komputer tidak menyadari bahwa ada virus yang menempel pada komputernya. Semoga tidak ada di komputer para pembaca. hehe.

     Lalu bagaimanakah tindakan yang bijak yang sebaiknya kita lakukan untuk mencegah virus virus komputer berkeliaran/mengendap/menyerang sistem komputer kita. Ada baiknya jika anda melakukan hal-hal berikut:

1. Tidak mendownload file, data, virus, dan lain sebagainnya.
Mengapa demikian, karna seluruh file, data, virus tentunya yang ada di internet sudah dapat dipastikan tidak aman. Dalam hal ini, ada pengecualian. Yaitu bagi file atau data yang tidak terdapat virus.

2. Tidak sembarang copy-paste file atau data dari flashdisk
Trust on writer, bahwa file atau data yang kita copas dari flashdisk ke komputer atau diteruskan ke flashdisk lagi, tidak selamanya aman dari virus. Trust on writer, bahwa virus tidak hanya mengendap di komputer. Melainkan flashdisk dan memory card juga sangat rawan terhadap virus.

3. Mempunyai Antivirus yang up-to-date
Jika anda mempunyai antivirus yang sudah terpasang di komputer anda. Pastikan antivirus itu sudah up-to-date. Karena seiring berjalannya waktu, detik demi detik, menit demi menit, muncul virus baru yang dapat membahayakan komputer. Oleh karena itu, antivirus yang sudah up-to-date pastinya sudah memiliki database baru lagi mengenai virus baru itu.

4. Komputer yang asli
Komputer yang asli dalam hal ini adalah komputer kita masih baru dan terbebas dari virus. Kita sebaiknya tidak menghubungkan komputer ke hal lain, seperti menghubungkan komputer ke flashdisk, internet, dan lain sebagainya.

5. Bersikap bijak
Yang terakhir ini mungkin cara terbaik bagi semua orang dalam menghadapi virus komputer. Bersikaplah bijak, pilih yang baik dan tinggalkan yang buruk. Mendownload game yang tidak original juga dapat menyebabkan virus. Mengakses website yang mempunyai keraguan dapat menyebabkan komputer terkena virus juga.

     Virus komputer memang tidak dapat dihindari. Seperti penyakit yang disebabkan oleh virus. Kita bisa mencegahnya namun sulit menghindarinya. Akhir kata, apa bila ada kesalahan penulisan atau kata yang kurang berkenan, penulis mohon maaf yang sebesar-besarnya. Terimakasih dan semoga bermanfaat.
     

0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Arsip Blog