Home » » Super Komputer Terkuat di Dunia

Super Komputer Terkuat di Dunia

    Kebanyakan orang pasti menyangka bahwa Amerika-lah yang memiliki super komputer paling kuat di dunia. Sebab selama ini memang di kenal bahwa, Amerika memang merupakan “mbah”nya perangkat pintar yang pada awalnya hanya digunakan untuk berhitung ini. 



Faktanya : maaf, anda salah. 


    Pemilik super komputer yang paling kuat di dunia ternyata malah berasal dari Cina. Negeri tirai bambu yang selama ini sering dianggap sebagai penjiplak dan pembajak produk – sehingga berhasil memproduksi dan menjual berbagai macam produk dengan harga yang sangat murah - ternyata malah berhasil mengalahkan Amerika dalam hal super komputer. 



Menurut catatan, Cina ternyata mempunyai superkomputer yang paling kuat dunia untuk ketiga kalinya secara berturut-turut. 



Super komputer Cina yang diberi nama Tianhe-2, berhasil “nangkring” menduduki peringkat teratas dalam sebuah daftar yang diterbitkan dua kali setahun, guna memantau dan mengikuti pertumbuhan superkomputer di dunia. 



Dengan prestasi ini, maka negeri Cina sekaligus kembali berhasil mengokohkan kiprahnya dalam daftar peringkat 500 teratas dunia. Pada daftar yang dirilis sebelumnya, negeri Cina “hanya “ mempunyai 20% lebih banyak superkomputer di 500 teratas. 



Sedangkan negara paman Sam yang sebelumnya dianggap sebagai biangnya komputer malah 15%. 



Menurut daftar yang dirilis, Cina mempunyai sebanyak 76, naik dari 63 superkomputer pada perhitungan sebelumnya. Dan jumlah ini hampir sama dengan yang dimiliki oleh Inggris sebanyak 30, Prancis sebanyak 27 dan Jerman sebanyak 23. 

Namun demikian Amerika Serikat masih tetap mendominasi daftar peringkat, dengan sebanyak 233 komputer yang masuk di dalam daftar . 



Daftar 500 teratas merupakan suatu daftar peringkat yang diakui mewakili keadaan superkomputer dunia. Peringkat ini diterbitkan dua kali setahun sejak 1963. 

Untuk menetapkan daftar tersebut, seluruh komputer diukur berdasarkan kriteria yang sama – dengan sebuah tolok ukur yang telah dibuat sejak tahun 1979- dengan beberapa perbaikan sesuai dengan kemajuan kecanggihan dunia superkomputer. 



Berapa kekuatan dari super komputer ? 



Karena begitu besarnya kekuatan dari sebuah superkomputer, maka kemampuan berhitungnya diukur dalam satuan petaflop/s atau quadrillions per perhitungan setiap detik. 



Komputer paling canggih di dunia saat ini, yaitu Tianhe-2 memiliki kekuatan 33,86 petaflop/s.

0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Arsip Blog