Home » » Fungsi Hormon FSH dan LH

Fungsi Hormon FSH dan LH

     Luteinizing hormone (LH) dan follicle-stimulating hormone (FSH) yang disebut gonadotropin karena merangsang gonad – pada laki-laki, testis, dan pada wanita, ovarium. Mereka tidak diperlukan untuk hidup, tapi sangat penting untuk reproduksi. Kedua hormon disekresikan dari sel-sel di hipofisis anterior disebut gonadotrof. Kebanyakan gonadotrof mengeluarkan hanya LH atau FSH, tetapi beberapa muncul untuk mengeluarkan kedua hormon.
Saat menjelaskan untuk hormon tiroid-simulasi, LH dan FSH adalah glikoprotein besar terdiri dari subunit alpha dan beta. Ini alpha subunit identik dalam ketiga hormon hipofisis anterior ini, sedangkan subunit beta adalah unik dan menganugerahi setiap hormon dengan kemampuan untuk mengikat reseptor sendiri.
FSH
LH
Wanita
·         menstimulasi ovarium untuk memproduksi steroid
·         ovarium akan menghasilkan estradiol selama fase folikuler dan progesteron selama fase luteal
·         lonjakan pada pertengahan siklus, dengan LH, memicu ovulasi
·         menstimulasi ovarium untuk menghasilkan steoroids
·         lonjakan pada pertengahan siklus ovulasi memicu
·         ingat, hormon luteinizing ternyata folikel menjadi korpus korpeus dengan memicu ovulasi
Pria
·         menstimulasi sel Sertoli untuk menghasilkan protein androgen-binding (ABP), sehingga merangsang spermatogenesis
·         FSH juga merangsang sel Sertoli untuk menghasilkan inhibin, yang memberikan umpan balik negatif terhadap hipofisis anterior untuk mengurangi sekresi FSH
·         merangsang sel-sel Leydig untuk menghasilkan testosteron
testosteron memberikan umpan balik negatif terhadap hipofisis anterior dan hipotalamus

Pada wanita:

estrogen:
·         Umpan balik negatif:
·         terjadi selama fase folikular ketika tingkat estrogen masih rendah.
·         Umpan balik postif:
·         terjadi pada konsentrasi tinggi dekat akhir fase folikuler, estrogen menjadi penginduksi positif dari hipofisis anterior
·         umpan balik positif memicu hipofisis anterior untuk melepaskan lebih banyak FSH dan LH
·         lebih banyak FSH dan LH menyebabkan ovarium untuk memproduksi lebih banyak estrogen
·         lonjakan LH berikutnya bertanggung jawab untuk ovulasi

progesteron:
·         menstimulasi aktivitas sekresi dan pembuluh darah endometrium, mempersiapkan implantasi embrio
·         disekresikan oleh korpus luteum, setelah ovulasi
·         ketika korpus luteum regresi, tingkat progresterone jatuh
·         pembuluh darah baru dalam endometrium regresi dan pengelupaskan jaringan.

Efek fisiologis Gonadotropin
Efek fisiologis dari gonadotrophins dikenal hanya dalam ovarium dan testis. Bersama-sama, kemudian mengatur banyak aspek dari fungsi gonad pada laki-laki dan perempuan.

Hormon Luteinizing

Pada kedua jenis kelamin, LH menstimulasi sekresi steroid seks dari gonad. Pada testis, LH berikatan dengan reseptor pada sel-sel Leydig, merangsang sintesis dan sekresi testosteron. Sel teka pada respon ovarium LH stimulasi oleh sekresi testosteron, yang diubah menjadi estrogen oleh sel granulosa yang berdekatan.

Follicle Stimulating Hormone

Seperti namanya, FSH merangsang pematangan folikel ovarium. Penatausahaan FSH bagi manusia dan hewan menginduksi “superovulasi”, atau pengembangan lebih dari jumlah biasa folikel matang dan karenanya, peningkatan jumlah gamet matang. FSH juga penting untuk produksi sperma. Ini mendukung fungsi sel-sel Sertoli, yang pada gilirannya mendukung berbagai aspek pematangan sel sperma.

Pengendalian Sekresi Gonadotropin

prinsip Regulator sekresi LH dan FSH gonadotropin-releasing hormone (GnRH, juga dikenal sebagai hormon LH-releasing). GnRH adalah peptida asam amino dari sepuluh yang disintesis dan disekresi dari neuron hipotalamus dan berikatan dengan reseptor pada gonadotrof. Sejumlah hormon mempengaruhi sekresi GnRH, dan kontrol positif dan negatif atas GnRH dan sekresi gonadotropin sebenarnya jauh lebih rumit daripada yang yang sering dibicarakan. Misalnya, gonad mensekresikan setidaknya dua hormon tambahan – inhibin dan aktivin – yang secara selektif menghambat sekresi FSH dan mengaktifkan dari hipofisis.

0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya