Home » » Jenis - Jenis Neuron

Jenis - Jenis Neuron

       Neuron adalah sel yang sangat khusus yang telah ditekankan karakteristik dasar sel-sel lain, yang meliputi potensi transmembran, kemampuan untuk membentuk perpanjangan sitoplasma, dan sebagainya. Perpanjangan neuron juga telah menjadi khusus, sehingga saluran ion dan reseptor di membran dendrit berbeda dengan di membran akson. Selain itu, setiap neuron memiliki bentuk sendiri yang unik, posisi yang unik dalam sistem saraf, dan koneksi yang unik ke neuron lain atau reseptor (indra) atau sel efektor (otot atau kelenjar) sel. Variabilitas yang besar ini (ada lebih dari 200 jenis neuron) berarti bahwa beberapa neuron menyimpang dari morfologi dasar standar. Sebagai contoh, beberapa akson dapat membentuk sinapsis langsung dengan badan sel neuron lain, atau bahkan dengan akson nya.
     Badan sel saraf juga sangat bervariasi baik dalam ukuran (kecil, menengah, besar, dan raksasa) dan dalam bentuk (berbentuk bintang, fusiformis, kerucut, polihedral, bulat, piramida). Geometri dendrit neuron dan akson juga sangat bervariasi dengan perannya dalam sirkuit saraf.

Klasifikasi Neuron berdasarkan fungsi

1.    neuron sensorik yang menerima sinyal sensorik dari organ-organ sensorik dan mengirimkannya melalui akson pendek ke sistem saraf pusat
2.    neuron motorik yang melakukan perintah motorik dari korteks ke sumsum tulang belakang atau dari sumsum tulang belakang ke otot-otot
3.    interneuron yang menghubungkan berbagai neuron di dalam otak atau sumsum tulang belakang

Klasifikasi morfologi didasarkan pada jumlah ekstensi dari badan sel:

1.    neuron pseudounipolar dengan tambahan pendek yang cepat terbagi menjadi dua cabang, salah satunya berfungsi sebagai dendrit, yang lain sebagai akson
2.    neuron multipolar yang memiliki dendrit pendek yang berasal dari badan sel dan satu akson panjang
3.    neuron bipolar yang memiliki dua perluasan utama panjang yang sama

Sel glial

     Astrosit, seperti kebanyakan sel glial, yang panjang dianggap penting untuk peran mereka dalam mendukung dan memelihara jaringan saraf. Tapi semakin banyak bukti menunjukkan bahwa astrosit benar-benar dapat memainkan peran yang jauh lebih penting dalam komunikasi saraf. Sebagai contoh, telah lama diketahui bahwa glukosa astrosit memasok yang diperlukan untuk aktivitas saraf. Melalui kaki akhirnya astrosit ‘, yang menutupi peran dinding kapiler di otak, glukosa dapat masuk ke astrosit, yang sebagian mencernanya, kemudian mengirimkannya ke neuron. Aktivitas sinaptik yang lebih intens, bahkan tampaknya, meningkatkan pasokan yang lebih baik dari glukosa dengan mengaktifkan metabolisis astrosit ini.
Hal ini juga diketahui bahwa astrosit terhubung satu sama lain melalui “gap junction” di mana mereka dapat melewati berbagai metabolit. Melalui sambungan ini bahwa astrosit mengosongkan ke kapiler kalium ekstraseluler berlebih yang dihasilkan oleh aktivitas neuronal intens.
      Tapi apa yang ditemukan semakin banyak adalah bahwa jaringan ini inter-komunikasi astrosit membentuk sinsitium yang sesungguhnya-dengan kata lain, itu berperilaku seperti tunggal, kesatuan entitas. Misalnya, melalui jaringan ini, efek regulasi gelombang ion kalsium dapat disebarkan ke sejumlah besar sinapsis secara bersamaan. Perpanjangan astrosit sekitar sinapsis sehingga bisa menimbulkan kontrol yang lebih luas atas konsentrasi ion dan volume air di celah sinaptik.
Jaringan astrosit dengan demikian akan merupakan sistem transmisi non-sinaptik ditumpangkan pada sistem saraf untuk memainkan peran utama dalam modulasi aktivitas neuronal.

0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya