Home » » Pengertian Eksositosis

Pengertian Eksositosis

         Eksositosis melibatkan pelepasan bahan dari sel. Eksositosis terjadi ketika sel-sel sekretori melepaskan produk mereka, misalnya dalam kelenjar ludah dan pankreas. Zat dalam sel yang tertutup oleh membran untuk membentuk apa yang disebut vesikel. Vesikel ini bergerak menyatu dengan membran plasma yang mengelilingi sel, melepaskan zat-zat yang terkandung dalam matriks ekstraseluler, jaringan struktur molekul di luar sel. Eksositosis adalah kebalikan dari apa yang terjadi dalam endositosis, di mana zat yang diambil ke dalam sel dan bagian dari membran sel digunakan untuk menyertakan mereka. Melalui eksositosis, membran yang digunakan untuk membentuk vesikel yang dikembalikan ke permukaan sel. Daerah yang menyatu terurai untuk meninggalkan membran sel lengkap, dengan isi vesikel sebelumnya di luar sel. Membran sel bermuatan negatif – ketika mereka mendekati satu sama lain mereka cenderung ditolak – sehingga selama eksositosis, keberadaan apa yang disebut protein fusogenik bersama-sama dengan ion kalsium bermuatan positif membantu mengatasi hal ini.

       Aparatus Golgi adalah kumpulan waduk di mana protein disintesis oleh sel diurutkan dan diproses untuk pengiriman ke berbagai lokasi. Ada jalur sekresi dari aparatus Golgi, dengan lipid dan protein membran bergerak di dalam vesikel ke membran plasma sel. Umumnya, ketika eksositosis terjadi, setiap protein larut dilepaskan ke dalam matriks ekstraseluler sedangkan protein dan lipid lainnya yang digunakan dalam membran plasma. Ini disebut sekresi jalur konstitutif dan hadir di semua sel.
Kadang-kadang protein yang larut disimpan bersama dengan bahan lain dalam apa yang dikenal sebagai vesikel sekretorik. Ini dibebaskan dengan permintaan; contoh termasuk hormon, histamin, enzim pencernaan dan neurotransmiter. Hal ini dikenal sebagai regulasi jalur sekresi.
Di jalur konstitutif, vesikel berfusi dengan membran plasma pada saat kedatangan, tapi vesikel sekresi dari jalur regulasi hanya melakukannya ketika sel menerima sinyal. Sinyal bisa secara kimia, seperti hormon yang terikat pada reseptor permukaan, atau listrik, seperti pada sel-sel saraf. Sebuah saraf sinapsis mampu menembak berulang kali karena saat eksositosis terjadi, lebih banyak vesikel sedang prima dalam sel.
       Vesikel sekretori mungkin berjalan cukup jauh untuk mencapai membran plasma. Dalam sel-sel saraf, vesikula bisa bergerak melintasi jarak sampai sekitar 3 kaki (sekitar 1 m) sebelum tiba di terminal saraf. Proses ini difasilitasi oleh apa yang disebut protein motorik, yang mendorong vesikel sepanjang tabung kecil yang dikenal sebagai mikrotubulus.

Ketika vesikel berfusi dengan membran sel dalam jalur konstitutif, isinya menjadi bagian dari membran dan meningkatkan ukurannya. Ini hanya sementara karena proses sebaliknya, endositosis, bertindak secara bersamaan untuk menghilangkan bagian dari membran. Harus ada keseimbangan antara tambahan dan pengurangan dari membran dan dalam sel-sel tumbuh ini diutamakan bagi penambahan.

0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya