Home » » Pengertian Diploid

Pengertian Diploid

        Diploid adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan sebuah sel yang berisi dua set lengkap kromosom. Kebanyakan mamalia, termasuk manusia, memiliki sel terutama diploid. Naungan Istilah “ploidi” digunakan untuk merujuk secara umum pada jumlah set kromosom dalam sel, dan hewan dapat menunjukkan berbagai bentuk ploidi. 

        Sebuah sel haploid, misalnya, hanya memiliki satu set kromosom, sementara sel tetraploid memiliki empat. Kromosom mengandung materi genetik yang digunakan untuk kode suatu organisme, sepertisatu set cetak biru untuk hidup. Sebuah sel induk diploid tunggal dapat berkembang biak dan membagi dirinya menjadi seluruh organisme di bawah kondisi yang tepat, dan ketika organisme yang lahir, sel-sel akan terus berkembang biak dan membagi sampai terjadi kematian. 
Sel diploid juga dapat membagi untuk membuat sel-sel haploid yang mengandung setengah dari materi genetik dari sel induk. Sel-sel haploid dapat digunakan dalam reproduksi, dengan dua sel haploid dari orang tua yang berbeda datang bersama-sama untuk menciptakan sel induk diploid tunggal yang mencampur bahan genetik dari orang tua. Dengan pengecualian dari sel germinal di testis dan ovarium, semua sel dalam tubuh manusia adalah diploid secara alami, dengan satu set lengkap cetak biru genetik. Dalam setiap sel, hanya bagian-bagian tertentu dari genom diaktifkan, dan ini menentukan jenis sel itu akan menjadi: rambut dan sel-sel kulit, misalnya, sangat berbeda. Tubuh manusia terus berubah dan berkembang, sehingga sel-sel ini harus dapat terus berkembang biak sepanjang hidup.
       Bersama-sama, kromosom dalam sel diploid yang homolog, dengan masing-masing kromosom dalam satu set yang berisi rekan di set lain dengan yang dapat memasangkan selama meiosis. Selama proses ini, kromosom menyesuaikan dengan rekan-rekan mereka dan pertukaran materi genetik. Ketika kromosom terpecah lagi, kromosom anak berbeda dari orang tua. Hal ini memastikan bahwa sel-sel haploid digunakan dalam reproduksi semuanya mengandung campuran yang berbeda dari materi genetik, yang memberikan kontribusi untuk keragaman genetik dan membuat spesies yang lebih kuat.
Memahami ploidi dapat menjadi penting untuk memahami warisan. Sebagai contoh, fakta bahwa materi genetik dicampur setiap kali sel haploid yang penting diciptakan, karena menjelaskan mengapa anak-anak dari orangtua yang sama bisa jadi sangat berbeda, karena masing-masing berisi campuran yang berbeda dari informasi genetik. Ploidi juga menjelaskan bagaimana sifat dominan dan resesif bekerja, dengan sifat resesif, seseorang harus mewarisi gen pada kedua set kromosom, sedangkan sifat dominan terwujud bila hanya satu set berisi gen.

0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya