Home » » Pengertian Bioteknologi Makanan

Pengertian Bioteknologi Makanan


     Bioteknologi makanan adalah penerapan ilmu pengetahuan untuk peningkatan produksi makanan. Segera setelah manusia mulai terlibat dalam pembiakan selektif tanaman dan hewan, mereka berlatih bioteknologi. Di era modern, ilmu ini sangat kompleks dan mencakup perangkat seperti modifikasi genetik untuk menjamin hasil yang dapat diandalkan dan diinginkan. Perusahaan-perusahaan swasta, instansi pemerintah, dan lembaga pendidikan semua memiliki kepentingan dalam topik ini.
Salah satu penggunaan bioteknologi makanan dalam produksi tanaman yang lebih baik. Ini termasuk tanaman dengan buah-buahan yang lebih besar, biji, dan komponen yang dapat digunakan lainnya serta hasil yang lebih tinggi. Sebuah contoh dapat dilihat pada jagung. Jagung liar yang paling dekat dengan nenek moyangnya adalah rumput biasa-biasa saja dengan manfaat gizi yang minimal. Galur jagung modern dapat tumbuh sangat cepat, menghasilkan buah yang besar dan banyak, dan menawarkan berbagai manfaat nutrisi, tergantung pada jenisnya.
    Tanamandan hewan dapat dimodifikasi dengan bioteknologi makanan untuk meningkatkan hasil panen dan membuat lebih mudah. Misalnya, tanaman lamakanan dapat dibiakkan atau direkayasa untuk mesin panen sehingga buruh tani tidak perlu secara manual memilih. Hal ini dapat mengurangi biaya produksi, meningkatkan keamanan bagi pekerja, dan meningkatkan hasil panen. Demikian juga, hewan dapat dibiakkan untuk dewasa dengan cepat dan menghasilkan sejumlah besar daging atau susu.
Tanaman juga dapat dimodifikasi untuk menambah nutrisi, sebuah praktek yang digunakan dengan beberapa jenis beras dikembangkan untuk mengatasi kelaparan. Mereka termasuk vitamin biasanya tidak hadir dalam beras untuk mengurangi risiko kekurangan vitamin pada populasi yang miskin. Bioteknologi makanan dapat melibatkan pengembangan pestisida, herbisida, dan resistensi hama pada tanaman untuk mengurangi kerugian dan memungkinkan petani untuk kimia mengobati tanaman untuk kontrol yang lebih baik. Ini mungkin memerlukan rekayasa genetika di laboratorium dalam beberapa kasus untuk mencapai sifat-sifat yang diperlukan.
      Beberapa bioteknologi makanan tidak secara langsung terkait makanan, tetapi tidak melibatkan tanaman pertanian. Perusahaan farmasi dapat menggunakan rekayasa genetika untuk memaksa tanaman untuk menghasilkan senyawa yang berguna, misalnya. Demikian pula, biji-bijian seperti jagung dapat direkayasa untuk menghasilkan beban yang lebih tinggi dari minyak dan senyawa lainnya yang berguna dalam produksi industri. Tanaman yang digunakan untuk membuat bahan bakar nabati, misalnya, dapat direkayasa untuk memberikan hasil yang lebih tinggi per hektar dari bahan yang dapat digunakan.
Aplikasi bioteknologi makanan sangat banyak. Ilmu ini juga merupakan subyek kontroversi di beberapa daerah. Rekayasa genetika tanaman dan hewan menimbulkan kekhawatiran etis bagi sebagian masyarakat. Beberapa organisasi juga telah mengangkat kekhawatiran medis, kekhawatiran mungkin dengan ada dampak kesehatan yang tersembunyi dari penggunaan organisme hasil rekayasa genetika.

0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya