Home » » Hukum Segregasi Mendel

Hukum Segregasi Mendel


      Apa artinya menjadi dominan? individu yang paling kuat atau berpengaruh dalam kelompok kadang-kadang disebut dominan. Dalam genetika, suatu sifat yang dominan hampir berarti hal yang sama. Sebuah sifat dominan adalah sifat yang paling berpengaruh dan menutupi sifat lainnya.
Dominasi
       Apakah Anda ingat apa yang terjadi ketika Mendel menyilangkan tanaman berbunga ungu dan tanaman berbunga putih? Semua keturunan memiliki bunga ungu. Tidak ada pencampuran sifat dalam percobaan Mendel. Mendel harus muncul dengan teori pewarisan untuk menjelaskan hasil itu. Ia mengembangkan teori yang disebut hukum segregasi.
Hukum Segregasi
      Mendel mengusulkan bahwa setiap tanaman kacang memiliki dua faktor keturunan untuk masing-masing sifat. Ada dua kemungkinan untuk setiap faktor keturunan, seperti faktor ungu atau faktor putih. Salah satu faktor dominan terhadap yang lain. Sifat lain yang ditutupi disebut faktor resesif, yang berarti bahwa ketika kedua faktor yang hadir, hanya efek dari faktor dominan yang terlihat (Gambar di samping). Meskipun Anda memiliki dua faktor keturunan untuk setiap sifat, setiap orang tua hanya bisa menyampaikan satu dari faktor-faktor ini kepada keturunannya. Ketika sel-sel kelamin, atau gamet (sperma atau telur), terbentuk, faktor keturunan harus memisahkan diri, sehingga hanya ada satu faktor per gamet. Dengan kata lain, faktor-faktor yang “terpisah” di setiap gamet. Hukum segregasi Mendel menyatakan bahwa dua faktor keturunan terpisah ketika gamet terbentuk. Ketika pembuahan terjadi, keturunannya menerima satu faktor keturunan dari masing-masing gamet, sehingga keturunan yang dihasilkan memiliki dua faktor.
Contoh Persilangan
      Hukum ini menjelaskan apa yang dilihat Mendel pada generasi F1 ketika tumbuhan tinggi disilangkan dengan tanaman pendek. Dua faktor keturunan dalam hal ini adalah faktor yang pendek dan tinggi. Setiap individu pada F1 akan memiliki salah satu dari masing-masing faktor, dan saat faktor tinggi yang dominan terhadap faktor pendek (faktor resesif), semua tanaman tampak tinggi.
Dalam menggambarkan persilangan genetik, yang digunakan adalah huruf. Faktor dominan diwakili dengan huruf kapital (T tinggi) sedangkan faktor resesif diwakili oleh huruf kecil (t). Untuk faktor T dan t, tiga kombinasi yang mungkin: TT, Tt, dan tt. Tanaman TT akan tinggi, sedangkan tanaman dengan tt akan pendek. Karena T dominan untuk t, tanaman yang Tt akan tinggi karena faktor dominan menutupi faktor resesif.
      Dalam contoh ini, kita menyilangkan tumbuhan tinggi TT dengan tanaman pendek tt. Saat setiap orang tua memberikan salah satu faktor untuk generasi F1, semua generasi F1 akan Tt tanaman tinggi. Ketika generasi F1 (Tt) diperbolehkan untuk menyerbuki diri sendiri, setiap orang tua akan memberikan salah satu faktor (T atau t) kepada generasi F2. Jadi keturunan F2 akan memiliki empat kemungkinan kombinasi faktor: TT, Tt, tT, atau tt. Menurut hukum probabilitas, 25% dari keturunannya akan tt, sehingga mereka akan muncul pendek. Dan 75% akan memiliki minimal satu faktor T dan akan tinggi.
Ringkasan
      Salah satu faktor herediter yang dominan terhadap yang lain. Sifat dominan menutupi faktor resesif, sehingga ketika kedua faktor yang hadir, hanya efek dari faktor dominan yang terlihat. Menurut hukum segregasi Mendel, ada dua faktor keturunan untuk setiap sifat yang harus bersegregasi pada saat produksi gamet (telur dan sperma). Akibatnya, anak menerima salah satu faktor dari setiap orangtua, mengakibatkan dua faktor untuk masing-masing sifat pada keturunannya.

0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya