Home » » Jenis Tipe Saluran Air Porifera

Jenis Tipe Saluran Air Porifera

        Para ilmuwan mencantumkan sekitar 5.000 spesies porifera dengan hanya 150 hidup di air tawar. Spons milik filum porifera. Porifera dapat digambarkan sebagai organisme sederhana yang terdiri dari kombinasi sel. Asconoid, syconoid dan leuconoid tiga jenis tubuh yang berbeda dari spons, masing-masing dengan ciri khas tersendiri. Porifera terdiri dari tiga lapisan sel, lapisan tengah membentuk struktur kerangka porifera. Lapisan luar berfungsi sebagai epidermis organisme sedangkan lapisan dalam menyediakan sel-sel yang mendorong air yang melalui poriefra. Pori-pori menjadi jalan masuk air yang ditarik ke dalam tubuh porifera. Nama filum porifera didasarkan pada adanya pori-pori ini. Sel-sel porifera mengambil partikel makanan dari air saat melintas meskipun tubuhnya, sehingga memberikan sumber gizi.

Askon

Ini adalah tipe tubuh yang paling sederhana dari porifera. Dinding tubuh yang tidak dilipat. Air masuk melalui bukaan di pori-pori yang dikenal sebagai ostia. Air keluar melalui sebuah lubang yang disebut dengan oskulum. Porifera Askon memiliki bentuk seperti tabung dengan pori-pori. Leucosolenia adalah contoh dari Askonoid sederhana.

Sikon

Porifera dengan tipe tubuh Sikon memiliki dinding tubuh yang dilipat menjadi saluran radial. Saluran ini membuat sikon berbeda dengan askon saat air mengalir melalui saluran. Porifera sikon datang dalam ukuran lebih besar dari askon karena dinding tubuh lebih tebal dan pori-pori yang lebih panjang. Porifera sikon mengandung metode yang lebih kompleks mengangkut air sepanjang organisme. Scypha adalah contoh porifera sikon.

Leukon

Porifera leukon mengandung bentuk tubuh yang paling kompleks, seprti  ”spons mandi” menjadi contoh leukonoid. Mereka memiliki dinding dilipat dengan saluran tetapi saluran yang memiliki cabang yang mengarah ke dalam ruang. Sel di setiap ruang mendorong air ke saluran berikutnya. Air mengalir di seluruh sistem ini relatif kompleks sebelum keluar poriefra. Leukon terdiri dari banyak jaringan daripada jenis tubuh lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya