Home » » Contoh Ikatan Hidrogen

Contoh Ikatan Hidrogen

      Sebuah ikatan hidrogen adalah ikatan yang relatif lemah sehingga atom hidrogen membuat dengan elektronegatif atom nitrogen, oksigen atau fluor. Ikatan hidrogen lebih lemah daripada ikatan ionik, kovalen, dan logam, tapi masih agak kuat dengan dapat berdiri sendiri, dengan energi biasanya antara 5 sampai 30 kJ / mol. Sebaliknya, ikatan kovalen yang lemah memiliki energi sekitar 155 kJ / mol. Ikatan hidrogen dapat merupakan intermolekuler (antara molekul) atau ikatan intramolekul (antara bagian yang berbeda dari molekul). Jenis ikatan dapat terjadi pada kedua molekul organik, seperti DNA, dan molekul anorganik, seperti air. Ikatan hidrogen yang ikut bertanggung jawab atas struktur sekunder dan tersier protein kompleks.


       Contoh yang paling banyak ditemui dan paling sederhana dari ikatan hidrogen dalam air, dimana setiap molekul air terikat pada empat molekul air yang berdekatan melalui ikatan hidrogen. Atom oksigen dalam tiap molekul air memiliki dua elektron tunggal yang ditawarkan, yang segera terikat dengan dengan atom hidrogen dalam molekul air lainnya. Selanjutnya, dua atom hidrogen yang terikat pada setiap ikatan oksigen ke molekul oksigen dalam molekul air yang berdekatan. Ikatan antarmolekul ini bertanggung jawab atas titik didih air yang relatif tinggi. Air memiliki titik didih yang sangat tinggi dibandingkan dengan bahan yang terdiri dari molekul dengan ukuran yang sama. Jika ikatan ini tidak ada, air akan mendidih pada suhu yang sama dengan karbon dioksida (yang mendidih pada -78 ° C atau -108,4 ° F) dan kehidupan seperti yang kita tahu itu tidak mungkin.
Sebuah ikatan hidrogen terdiri dari akseptor ikatan hidrogen, atom sasaran, dan donor ikatan hidrogen, atom hidrogen itu sendiri. Kadang-kadang, pada molekul seperti kloroform (CHCl3), karbon dapat terlibat dalam ikatan hidrogen, terutama ketika dikelilingi oleh atom elektronegatif seperti klorin. Sebuah ikatan hidrogen tidak biasa dan sering disebut interaksi dipol-dipol elektrostatik (interaksi intermolekuler yang lemah), mengelompokkan itu dengan lebih banyak ikatan transien yang disebabkan oleh fluktuasi kuantum sesaat dalam muatan listrik, tetapi juga memiliki banyak karakteristik dari ikatan kovalen yang lebih kuat, di mana awan elektron sebenarnya tumpang tindih langsung. Karakteristik ini meliputi arah, kekuatan, jarak interatomik produksi pendek dibandingkan dengan yang khas dalam interaksi transien van der Waals, dan sejumlah mitra interaksi, yang merupakan diagnostik ikatan yang lebih kuat.

Panjang ikatan hidrogen bervariasi tergantung pada kekuatan ikatan, suhu, dan tekanan. Kekuatan ikatan juga tergantung pada sejumlah faktor, termasuk suhu, sudut ikatan, tekanan, dan lingkungan. Dalam air, panjang khas dari ikatan hidrogen 1.97 Å (197 pm).

0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Arsip Blog