Home » » Pengertian Contoh Asam dalam Kimia

Pengertian Contoh Asam dalam Kimia


       Asam adalah bahan kimia yang melepaskan ion hidrogen ketika ditambahkan ke air. Sifat kimianya membuat mereka salah satu kelas yang paling penting dari molekul di alam dan ilmu pengetahuan. Artikel ini membahas asam dan sifat mereka.
Pengantar
     Begitu banyak dari kita telah mendengar tentang istilah pH, yang pada umumnya adalah ukuran dari jumlah keasaman atau kebasaan yang larutan mimiliki. Lebih khusus lagi, itu adalah ukuran dari jumlah proton (ion hidrogen) yang hadir dalam larutan berair. Asam adalah kontributor utama untuk mengukur pH dalam larutan, dan adanya karakteristik kunci asam hampir dari semua larutan, dari darah dalam tubuh ke makanan dan minuman yang kita konsumsi. Mari kita bahas Apakah asam dan bagaimana hal itu mempengaruhi pH larutan bila ditambahkan.
Bagaimana Asam Bekerja
     Skala pH adalah skala yang digunakan untuk mewakili tingkat keasaman dalam larutan. Larutan dengan pH 7 adalah netral, sementara larutan dengan pH di bawah 7 adalah asam dan larutan dengan pH di atas 7 adalah basa. Suatu asam terdisosiasi (memecah/terpisah) dan menyumbangkan proton, atau ion hidrogen, dalam larutan berair, sementara basa menyumbangkan ion hidroksida dalam larutan. Air, misalnya, adalah netral dengan pH 7. Ketika asam ditambahkan, mereka melepaskan ion hidrogen lebih banyak ke larutan, dan ini menyebabkan pH larutan menurun. Saya ulangi: ion hidrogen berlebih sama dengan pH yang lebih rendah dan larutan yang lebih asam.
Asam lemah vs Asam Kuat
     Semua asam akan melepaskan ion hidrogen menjadi larutan. Tapi jumlah ion yang bisa dilepaskan per molekul akan menentukan apakah asam lemah atau kuat. Asam lemah adalah asam yang sebagian melepaskan atom hidrogen yang melekat. Maka, asam, dapat menurunkan pH oleh disosiasi ion hidrogen, tapi tidak sepenuhnya. Asam lemah meliputi asam asetat, yang merupakan cuka, dan asam sitrat ditemukan dalam jeruk dan lemon.
Asam kuat, di sisi lain, benar-benar terdisosiasi dan melepaskan semua atom hidrogen mereka. Ini berarti bahwa asam kuat, secara umum, lebih ampuh dalam menurunkan pH suatu larutan. Hanya ada 7 asam kuat, termasuk asam klorida, yang dapat ditemukan di dalam perut, dan asam sulfat.
Banyak molekul dapat bertindak sebagai asam, bahkan jika mereka belum umum dipakai sebagai asam. Sebagai contoh, adenosin trifosfat (ATP) adalah molekul yang digunakan dalam tubuh untuk energi. Tapi ketika ditambahkan ke larutan, ATP juga melepaskan ion hidrogen, yang berarti juga dapat dianggap asam. Demikian juga, asam amino, yang merupakan bahan bangunan protein, juga akan melepaskan sejumlah kecil ion hidrogen menjadi larutan air.
Asam dan Tubuh Manusia
Salah satu cara paling keren untuk melihat asam adalah melalui penggunaannya dalam tubuh manusia. Banyak proses yang hadir dalam tubuh membutuhkan asam untuk menjaga mereka. Contohnya meliputi:
·         Asam klorida, yang diproduksi di dalam perut untuk membantu pencernaan.
·         Asam lemak, yang dilepaskan ketika tubuh memecah lemak untuk energi.
·         Asam amino, yang digunakan untuk membuat protein dalam tubuh.
·         Asam nukleat, yang bertanggung jawab untuk membuat genetik kita.

Karakteristik umum Asam lainnya
·         Mereka mengubah kertas lakmus merah biru
·         Rasanya asam dalam larutan air
·         Mereka dapat membentuk garam melalui reaksi dengan beberapa logam dan basa

Ringkasan
    Asam adalah bahan kimia yang melepaskan ion hidrogen ketika ditambahkan ke air. Mereka dapat diklasifikasikan sebagai lemah atau kuat, tergantung pada jumlah ion hidrogen yang terdisosiasi ketika asam ditempatkan dalam air. Akhirnya, asam memainkan banyak peran penting dalam tubuh manusia, seperti bangunan protein dan pencernaan di perut.

0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Arsip Blog