Home » » Pengertian Aldehida

Pengertian Aldehida

      Aldehida adalah molekul organik, yang berarti mereka terbuat dari atom karbon. Mereka dapat dibedakan dari molekul organik lainnya karena mengandung aldehida, atau kelompok formil,. Kelompok ini terdiri dari atom karbon yang berikatan dengan atom hidrogen dan atom oksigen oleh ikatan ganda dan ikatan tunggal, masing-masing. Aldehida hanyalah salah satu dari banyak jenis molekul organik dan senyawa. Mereka sangat berbeda dalam sifat fisik mereka, dan sering dibentuk oleh oksidasi alkohol.
Keton dan aldehida yang sangat mirip dalam bahwa mereka berdua memiliki atom karbon ganda terikat oksigen – ini disebut gugus karbonil. Aldehida dapat dibedakan dari keton berdasarkan di mana gugus karbonil ditemukan. Hal ini ditemukan pada akhir molekul dalam aldehid, sedangkan dalam molekul keton gugus karbonil ditemukan antara dua atom karbon lainnya.
Rumus kimia untuk aldehida adalah R-CHO, dimana R merupakan sisa molekul yang terikat pada atom karbon dari gugus aldehid melalui ikatan tunggal. Aldehida adalah senyawa yang sangat umum, dan sederhana adalah formaldehid. Struktur kimia formaldehida adalah atom hidrogen yang terikat sekali untuk karbon dari gugus aldehid. Ini memiliki rumus kimia CH2O.
Sifat fisik aldehida sangat berbeda karena berbagai kelompok R terikat pada-CHO. Ini adalah sisa dari molekul yang menentukan bagaimana aldehid akan muncul dan bertindak. Banyak wewangian yang berbeda adalah aldehida, dan molekul ini juga ditemukan di banyak minyak esensial. Contohnya termasuk vanillan dari biji vanili dan sinamaldehida, yang menyediakan bau dan rasa kayu manis.
      Aldehida dapat dibentuk oleh oksidasi alkohol. Selama reaksi kimia, alkohol kehilangan atom hidrogen ke molekul lain – dengan kata lain, telah terhidrogenasi. Molekul yang dihasilkan sekarang memiliki kelompok-CHO dari aldehida pada akhir itu, bukan-CH2OH dari molekul alkohol. Melalui penambahan air, aldehida dapat membentuk hidrat aldehida, yang kemudian dioksidasi menjadi asam karboksilat. Ini adalah asam organik yang umum, seperti asam asetat ditemukan dalam cuka dan asam formiat yang dihasilkan oleh semut.
Jenis alkohol yang mengalami oksidasi menentukan jenis molekul yang dihasilkan. Untuk membentuk aldehida dari oksidasi alkohol, alkohol primer teroksidasi, atau kehilangan atom hidrogen. Alkohol primer hanya memiliki satu gugus R melekat pada kelompok -CH2OH alkohol sekunder dan tersier juga ada, dengan dua dan tiga kelompok R masing-masing. Ketika alkohol sekunder teroksidasi, keton hasilnya. Sebaliknya, alkohol tersier tidak dapat teroksidasi.

0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Arsip Blog