Home » » Pengertian Asam Kuat dan Contohnya

Pengertian Asam Kuat dan Contohnya

       Asam adalah sangat umum di alam dan dalam reaksi kimia. Dalam artikel ini, Anda akan belajar apa yang membuat zat asam dan bagaimana mengenali asam kuat dari yang lainnya.
Pengertian Asam Kuat

     Anda mungkin pernah mendengar asam dan tidak diragukan lagi Anda telah menjumpai mereka. Mereka ditemukan dalam minuman ringan dan produk pembersih, dan memiliki banyak kegunaan industri. Asam adalah zat yang melepaskan ion hidrogen atau proton ketika ditempatkan dalam larutan.
Hal ini sangat penting untuk mengetahui jumlah ion hidrogen atau proton yang dapat dilepaskan oleh asam tertentu. Ini menentukan kekuatan asam itu. Sebuah asam kuat adalah asam yang yang mengionisasi sepenuhnya dalam larutan. Ini berarti mengeluarkan jumlah terbesar ion hidrogen atau proton ketika ditempatkan dalam suatu larutan. Ion adalah partikel bermuatan. Karena asam kuat mengeluarkan sejumlah besar ion bersama akan meluruh, atau memisahkan, ini berarti asam kuat mampu menghantarkan listrik.
       Anda mungkin merasa bingung mendengar bahwa asam melepaskan ion hidrogen atau proton. Banyak siswa bertanya mengapa mereka melihat ion hidrogen kadang-kadang dan proton pada waktu lain ketika mereka membaca tentang asam. Jawabannya sederhana: sebuah ion hidrogen secara mudah disebut proton. Beberapa buku teks atau profesor lebih memilih untuk menggunakan satu kata atau yang lain. Jika Anda melihat tabel periodik, Anda akan melihat bahwa hidrogen adalah nomor satu elemen. Ini berarti bahwa ia memiliki satu proton, dan karena itu ion hidrogen pada dasarnya adalah proton.
Contoh Asam Kuat

      Asam klorida, atau HCl, dianggap sebagai asam kuat karena tidak ada molekul HCl tetap utuh ketika asam ditempatkan dalam larutan air. Karena daya tarik yang kuat antara molekul-molekul air dan molekul HCl, setiap molekul HCl mengionisasi. Asam klorida adalah cairan bening dan umumnya digunakan untuk keperluan industri, termasuk pembuatan pipa poliuretan dan PVC. Itu juga merupakan asam ditemukan di perut kita yang digunakan untuk memecah makanan yang kita konsumsi.
Asam sulfat, atau H2SO4, adalah contoh lain dari asam kuat. Dalam bentuk alami memiliki aroma yang tajam dan hampir tidak berwarna dengan warna agak kuning. Hal ini umum untuk itu harus dicat cokelat untuk mengingatkan orang untuk bahayanya. Asam sulfat sepenuhnya mengionisasi pada larutan air, sehingga asam kuat. Hal ini cukup kuat untuk menjadi korosif terhadap logam dan berbahaya bagi jaringan hidup. Hal ini dapat menyebabkan luka bakar kimia ekstrim pada kontak dan kebutaan akibat pembakaran kornea jika tidak sengaja tersiram ke mata. Asam sulfat telah digunakan dalam pembersih drain dan baterai, dan merupakan salah satu bahan kimia yang paling banyak diproduksi, dengan penggunaan pada pupuk, penyulingan minyak, dan industri pengolahan air limbah.
Asam perklorat, atau HClO4, adalah asam volatil yang dianggap lebih kuat dari asam sulfat. Ia memiliki sifat oksidasi yang kuat, artinya menarik elektron dari zat lain. Ini asam kuat digunakan dalam bahan bakar roket.
Asam nitrat, HNO3 atau, adalah asam kuat lain. Ini benar-benar mengionisasi ketika ditempatkan dalam air untuk mengeluarkan banyak ion hidrogen sebanyak mungkin. Asam nitrat digunakan dalam proses yang dikenal sebagai nitrasi yang membuat berbagai zat, termasuk tinta, pewarna, dan bahkan bahan peledak.
Ringkasan Asam Kuat

       Asam adalah zat yang melepaskan ion hidrogen atau proton ketika ditempatkan dalam larutan air. Kekuatan Asam ini ditentukan oleh berapa banyak akan meluruh, atau memisahkan, ketika ditempatkan dalam larutan. Asam yang memecah sepenuhnya dan mengeluarkan banyak ion, atau proton, dianggap asam kuat. Contoh asam kuat termasuk asam sulfat, asam klorida, asam perklorat, dan asam nitrat.

0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Arsip Blog