Home » , , » Cara Menghapus Backlink Berkualitas Rendah

Cara Menghapus Backlink Berkualitas Rendah

Apa itu disavow link ?
Disavow link adalah fitur yang disediakan google webmaster untuk menghapus atau memutuskan hubungan dengan link yang menghubungkan ke website kita ( Backlink ) .

Loh kok backlink dihapus ? rugi dong .

Backlink yang dimaksud disini adalah backlink dengan kualitas rendah yang bukan membuat website kita semakin baik malah semakin buruk dan terpuruk . Tentunya dengan mengahpus backlink buruk ini akan membuat website kita terbebas dari ancaman google pinalty dan bisa-bisa hilang daru pencarian search engine .

Tetapi , untuk menggunakan fitur ini haruslah sangat hari-hati , karena kalau tidak hati-hati bisa saja kita malah menghapus backlink yang baik dan malah memperburuk kondisi , itu juga dipetegas oleh Mat Cuts ( webmaster google ) . Sebenarnya bisa saja kita meminta permohonan untuk undo pengahpusan link tersebut , tapi akan memakan waktu yang sangat lama , bisa berminggu-minggu .
Cara menggunakan fitur disavow link
1. Pastikan sahabat sudah mendaftarkan website sahabat di google webmaster . Kalau sudah terdaftar langsung saja ke tools disavow link disini . Pada kolom website , pilih website manakah yang akan dibenahi , pilih disavow links.

Tampilan tools disavow link
Tampilan tools disavow link
 2. Pada halaman selanjutnya , pilih disavow link lagi , dan akan muncul menu pop up . Pada menu pop up tersebut , sahabat akan diminta mengupload file yang berformat ekstensi .txt . Pada file tersebut sahabat akan menuliskan backlink dari mana saja yang ingin sahabat hapus .

Memilih file untuk disavow link

3. Untuk melengkapi nomor 2 , sahabat harus membuat file berformat .txt , yang berisi link yang akan sahabat hapus . Untuk membuat file .txt itu juga tidak sembarangan , kita bisa mengisinya seperti formatnya seperti gambar dibawah :

Untuk menghapus semua link pada 1 website
Untuk menghapus semua link pada 1 website
Pada gambar diatas  adalah format yang benar , pada kalimat yang berawalan tanda # , berarti itu adalah berupa komentar dari sahabat, yaitu seperti berbicara dengan admin , jadi itu tidak akan di tindak lanjuti admin . untuk mengahapus link , kalimat harus diawali domain: , seperti pada gambar diatas , dengan contoh "domain:contoh-link-yang-akan-dihapus.com" , tetapi itu akan membuat semua link yang mengarah ke blog anda akan dihapus . Tenang saja , kita bisa meminta google untuk menghapus link secara spesifik dengan format :

Disavow link untuk halaman yang lebih spesifik
Untuk menghapus spsifik page

Berbeda dengan yang sebelumnya , untuk menghapus secara spesifik tidak memerlukan awalan "domain:" , karena awalan domain: itu untuk mengahapus semua link kita yang ada pada web tersebut .

4. Selesain dan kirim .

Proses disavow link akan berlangsung selamai seminggu atau lebih , jadi kita harus sabar dan menunggu . Dengan tools ini kita bisa mengatasi link spam yang menuju blog kita agar blog kita tidak terkena algoritma penguin .

Untuk mengetahui lebih lanju tentang tools disavow link pada google , sahabat bisa melihat langsung penjelasnan dari orang yang ada di belakang disavow link ini , yaitu Matt Cuts :

Kesimpulan 

Dengan fitur dari disavow link ini , kita bisa mengatasi link spam dari orang lain atau kesalahan kita sendiri . Menghapus link berkualitas rendah dapat membuat website kita semakin lebih baik .

Jangan lupa berkomentar , budayakan blogwalking dan jangan lupa share ke media sosial sahabat semua , share sahabat sangat berarti bagi blog ini .

Terima kasih

Gambar  : Dokumentasi pribadi
Referensi :  ( 1 ),

0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Arsip Blog