Home » » Cara memasang Page Navigation Number Pada Blog

Cara memasang Page Navigation Number Pada Blog

       Pengunjung akan suka dengan blog yang banyak artikelnya. Tetapi, ada tetapinya. Jika blog beratikel banyak tersebut tidak menyediakan feature navigation di blognya, kebanyakan pengunjung hanya akan menclose blog tersebut dengan alasan sulit untuk dijelajahi. Untuk itulah kita sebagai blogger atau webmaster perlu menyediakan navigasi yang lengkap di blog kita. 

Fungsi dari page navigation number ini adalah untuk menggantikan link posting lama atau posting baru yang ada pada bawah postingan halaman utama. Dengan page navigation number ini pengunjung bisa bebas memilih halaman postingan yang ingin dibaca. Jadi pengunjung bisa melompat dari page satu ke page empat atau seterusnya hanya dengan satu klik, tanpa harus membuka page dua dan tiga dulu. Page navigation number ini juga bisa dibilang memberikan kesan rapi dan indah pada blog kita. 


Nah Berikut Cara Membuatnya :

1.  Log in ke blogger.
2.  Klik template » edit HTML » centang Expand Template Widget.
3.  Cari kode ]]></b:skin> dan letakkan kode dibawah ini tepat di atasnya.

/* -- NUMBER PAGE NAVIGATION -- */.showpageNum a{font:15px Arial,Verdana;padding:4px 8px;margin:0 4px;text-decoration:none;border:0 solid #333;background:#dfdfdf;color:#686868;}.showpageOf{margin:0 8px 0 0;color:#222;font:15px Arial,Verdana}.showpageNum a:hover{color:#494949;background:#dfdfdf;}.showpageArea{margin:10px 0;font:15px Arial,Verdana;color:#111}.showpagePoint{color:#434343;font:bold 15px Arial,Verdana;padding:4px 8px;margin:2px;;text-decoration:none}


4.  Cari kode </body> dan letakkan kode dibawah ini tepat di atasnya.

 <!-- PAGE NAVIGATION START--><script type='text/javascript'>var pageCount=4;var displayPageNum=4;var upPageWord =&#39;&#171; &#39;;var downPageWord =&#39; &#187;&#39;;</script><script src='http://u-sup.googlecode.com/files/page_num.js' type='text/javascript'/> <!-- PAGE NAVIGATION END-->
  • Jika anda ingin mengganti jumlah postingan yang akan ditampilkan pada setiap halaman silahkan ganti kode yang berwarna biru.
  • var pageCount=4; (Jumlah postingan yang akan ditampilkan)
  • var displayPageNum=4; (Jumlah tombol angka navigasi)

5.  Cari kode 'data:label.url' dan ganti semua kode itu dengan kode dibawah ini. 

'data:label.url + &quot;?&amp;max-results=7&quot;'

Sebenernya tidak dilakukan pun nggak apa apa, tetapi saat pengunjung mengklik label post anda, maka yang akan keluar post tidak teratur. Jadi tujuannya agar jika ada pengunjung mengklik salah satu kategori post blog anda, maka nanti akan tersusun berapa post yang akan muncul tiap pagenya.

6. Save Template Anda

Sumber : ujangyoyo.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Arsip Blog