Home » » 7 Bangunan Unik dan Spektakuler Sebagai Tanda Cinta

7 Bangunan Unik dan Spektakuler Sebagai Tanda Cinta

Micro Cyber 2 - Hey sob, Cinta memang sangat berarti dalam kehidupan umat manusia. Seperti cara mengungkapkan rasa cinta itu terkadang memang sulit dan entah bingung caranya agar perasaan yang terpendam bisa diungkapkan. Biasanya seseorang mengungkapkan tanda cintanya atau perasaanya dengan berbagai cara seperti memberikan setangkai bunga atau berbagi cokelat, dan masih banyak lagi. Nah, disini saya akan memberikan informasi unik tentang pengungkapan tanda rasa cinta kepada orang yang disayanginya. Langsung saja saya akan berikan beberapa bangunan yang konon dibangun sebagai tanda cinta.
  Inilah bangunan-bangunan unik dan spektakuler sebagai tanda cinta :


1. Taj Mahal, India

Taj Mahal, India

Bangunan itu merupakan sebuah monumen yang terletak di Agra, India. Dibangun atas keinginan Kaisar Mughal Shāh Jahān, putra dari Jahangir. Bangunan ini merupakan salahsatu bangunan megah yang dibangun atas bukti cinta dan kasih sayang. Kaisar Mughal membangun monumen ini sebagai makam istri ketiganya yang sangat ia cintai, Mumtaz Mahal. Rasa kehilangan yang teramat sangat dirasakan Mughal Shah saat sang istri meninggal ketika melahirkan putrinya yang ke-14. Ia pun memerintahkan Ustad Ahmad untuk membangun sebuah bangunan megah sebagai tempat bersemayam sang istri. Dikumpulkanlah 20.000 orang pekerja yang terdiri dari tukang batu, tukang emas, dan pengukir emas termahsyur di India saat itu. Wow banget ya sob ...

Setelah melewati 22 tahun masa pembangunan, sebuah bangunan megah pun dapat memukau setiap mata yang memandangnya. Kubah putihnya terbuat dari bahan marmer putih. Kemudian sebanyak 43 jenis batu permata digunakan untuk memperindah bangunan ini, termasuk berlian, jed, Kristal, topaz, dan nilam. Taj Mahal dibangun sedemikian rupa agar menjadi bangunan yang bentuknya simetris, makam Mumtaz Mahal pun didirikan tepat ditengah bangunan ini. Kemudian bangunan ini masuk ke salah satu dalam 7 keajaiban dunia.


2. Taman Gantung Babilonia, Irak

Taman Gantung Babilonia, Irak

Taman Gantung Babilonia (dikenal pula sebagai Taman Tergantung Semiramis) dan tembok-tembok Babylon merupakan salah satu di antara Tujuh Keajaiban Dunia Kuno yang terletak di Al-Hillah, 50 kilometer selatan Baghdad, Irak di sebelah tebing timur Sungai Euphrates. Bangunan ini dibuat oleh Raja Nebudkadnezar II pada seitar 500 SM lalu. Kemudian bangunan itu dihiasi dengan taman yang memiliki luas sekitar 4 hektar dengan arsitektur yang sangat unik. Bangunan itu selain dihiasi dengan pepohonan yang rindang dan berbagai macam tanaman lainya, taman ini juga bertingkat-tingkat dan dilengkapi dengan system pengairan sampai sekitar 100 m di atas permukaan tanah. Wah sepertinya indah sekali ya sob ...

Pada sejarah bangunan ini diawali dengan hadirnya Raja Nebudkadnazer II yang merupakan salah satu Raja Babilonia Baru yang cukup sukses. Dia memiliki permaisuri yang sangat disayanginya, bernama Amytis. Permaisuri ini berasal dari Persia yang pada saat itu cukup jauh dari Babilonia Baru. Berada jauh dari rumah, membuat sang ratu homesick. Salah satunya yang paling dirindukannya adalah taman indah kampung halamannya. Untuk menghilangkan rasa kangen dan rindu sang ratu, Raja Nebudkadnazerpun membuatkan taman yang mirip (bahkan lebih bagus) dengan taman yang ada di Persia untuk Ratu Amytis. So Sweet .. :v


3. Candi Prambanan, Indonesia

Candi Prambanan, Indonesia

Nah, siapa sih yang tidak tahu dengan yang satu ini. Candi Loro Jonggrang atau yang biasa disebut dengan Candi Prambanan ini adalah kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia yang dibangun pada abad ke-9 masehi. Candi ini juga termasuk dalam warisan dunia UNESCO.

Sejarah candi ini diawali dengan sebuah kisah pilu tentang cinta seorang arjuna kepada putri cantik yang tak terbalas mengiringi pembangunan candi. Dalam legenda yang beredar di masyarakat, tersebutlah seorang raksasa bernama Bandung Bandawasa yang ingin mempersunting Putri Roro Jonggrang.

Roro Jonggrang yang tidak tertarik kepada Bandung Bandawasa pun meminta satu syarat yang mustahil dapat diwujudkan oleh Bandawasa. Roro Jonggrang ingin dibuatkan 1.000 candi dalam satu malam. Permintaan tersebut dipenuhi oleh Bandung Bandawasa, ia menghimpun seluruh kekuatan gaib untuk mewujudkan permintaan Roro Jonggrang. Saat hari yang ditentukan sudah hampir tiba, Bandawasa tinggal membangun satu buah arca untuk tahap akhir. Roro Jonggrang pun mencari akal untuk menggagalkan usaha Bandung Bandawasa. Dia mengajak seluruh pemuda menumbuk padi agar terkesan pagi sudah tiba. Bandawasa marah, lalu ia mengutuk putri Roro Jonggrang menjadi pelengkap arca yang keseribu.


4. Prasat Hin Phimai, Thailand 

Prasat Hin Phimai, Thailand

Sebuah kompleks candi di Thailand ini konon dibangun atas dasar cinta sejati. Letaknya berada di pusat Kota Phimai, di tepi Sungai Bulan. Prasat Hin Phimai adalah sebuah bangunan mahakarya dengan nuansa Budha yang kental. Bangunan ini memiliki tiga bangunan penting, yaitu Bhramadhat, Prang Tower, dan Prang Hin Daeng. Di pintu masuk utama terdapat sebuah jembatan yang dihiasi naga. Sebuah legenda yang tersebar di rakyat Thailand menceritakan asal muasal pembangunan candi. Legenda ini dimulai ketika seorang raja meminta anaknya mencari calon istri. Pangeran Pajitt pergi ke desa-desa selama berbulan-bulan untuk mencari calon istri yang tepat untuknya.

Hingga akhirnya di sebuah desa dia bertemu seorang perempuan hamil yang dia sukai. Namun sayangnya, karena perempuan tersebut berstatus janda, dia tidak diperbolehkan menikahinya. Pajitt pun meminta izin untuk menikahi anak yang ada di dalam kandungannya. Anak tersebut kemudian diberi nama Orapima. Pada saat Orapima berusia 16 tahun, mereka saling jatuh cinta tapi tampaknya sang Raja tidak setuju dengan pernikahan mereka. Mereka lalu melarikan diri ke hutan. Nahas, sang Pangeran dibunuh seseorang yang menginginkan Orapima. Karena patah hati, dia membangun sebuah tempat suci, Prasat Hin Phimai, yang didalamnya dipahat adegan kehidupan saat ia masih bersama Pajitt.


5. Boldt Castle, New York

Boldt Castle, New York

Kastil ini dibangun oleh seseorang bernama George Boldt. Ia membuat kastil ini sebagai ungkapan rasa cintanya kepada sang istri, Louise. Pada 1905, lahan seluas lima hektare yang berada di atas Heart Island diberikan kepada sang istri tepat pada hari Valentine. Tak hanya itu, Boldt membangun sebuah kastil indah untuk membahagiakan hati sang istri. Satu tahun sebelum Boldt Castle selesai dibangun, Louise meninggal. Boldt yang patah hati tak kuasa melanjutkan pembangunan kastil tersebut. Ia lantas menghentikan pembangunannya, dan tak pernah kembali ke pulau tersebut. Untuk sekian lama, Boldt Castle dibiarkan tak terurus hingga akhirnya pemerintah setempat berinisiatif merenovasi dan menyelesaikan pembangunannya.

Beberapa kamar yang berada di lantai satu dan dua baru selesai direnovasi pada 2011 silam. Oleh karena itu, desain yang digunakan terasa lebih modern. Sementara, ruang bawah tanah kastil sebagian besarnya belum selesai dibangun. Namun begitu, beberapa ruangan di kastil menampilkan gambar rancangan kastil yang dibuat oleh Boldt sehingga pengunjung yang datang dapat berimajinasi bagaimana bentuk kastil ini jika sudah benar-benar selesai.


6. Swallow’s Nest Castle, Ukraina

Swallow’s Nest Castle, Ukraina

Swallow’s Nest Castle terletak di Semenanjung  Crimean, Ukraina selatan. Kastil yang unik ini dibangun sekitar tahun 1911. Kastil  ini awalnya bernama The Castle of Love. Bangunannya  terbuat dari kayu. Menurut Sejarahnya dalam cerita, kastil ini di bangun oleh seorang prajurit asal Rusia yang datang ke Crimean. Ia dihadiahi tanah di tepi laut oleh kerajaan.  Kemudian si prajurit mendirikan bangunan di atas jurang untuk dipersembahkan kepada seorang gadis yang sangat dicintainya. Sekarang kabin kayu tersebut telah diubah menjadi bangunan berdinding batu dan menjadi salah satu objek wisata beken yang melambangkan Crimean.


7. Kellie’s Castle, Malaysia

Kellie’s Castle, Malaysia

Kellie’s Castle  termasuk bangunan yang tertua di Malaysia dalam bentuk benteng dan dibangun oleh William Kellie untuk istrinya Agnes Smith. William merupakan seorang pecinta tanaman dari Skotlandia. Konstruksi pembangunan Kellie's Castle ini dimulai tahun 1915, menggabungkan 3 gaya arsitektur, Yunani-Romawi, Moor, dan India. Sebuah wabah flu Spanyol membunuh sebagian besar dari 70 pekerja bangunan India. Akhirnya Kellie Smith membangun sebuah kuil Hindu di dekat benteng untuk menyenangkan orang India dan untuk memulai kembali konstruksi.


Nah,itulah beberapa bangunan yang unik dan megah yang rata-rata dipersembahkan untuk orang-orang tersayangnya. Semoga artikel ini dapat menambahkan wawasan kepada sobat semua dan semoga bermanfaat. Terimakasih~

sumber:http://www.anehdidunia.com,http://www.gadis.co.id/,http://hermawayne.blogspot.com/,wikipedia.org

0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Arsip Blog